Jalanan di kampung Rantau Bertuah yang terlihat di hiasi aksesoris merah putih terlihat indah dan rapi

Meriahkan HUT RI 74, Pemkam Rantau Bertuah Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan & Hias Gapura

Kamis, 15 Agustus 2019 - 18:46:39 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM-  Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 74 Tahun 2019. Pemerintah kampung (pemkam) Rantau Bertuah, kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, menggelar lomba kebersihan lingkungan dan menghias Gapura di Setiap lingkungan RK Kamis (15/08/2019).

 

 

Dalam kegiatan itu, tema dari kebersihan lingkungan dan menghias gapura ini untuk melambangkan semangat yang memancarkan semangat Bhineka Tunggal Ika dalam diri masyarakat Indonesia. Kegiatan tersebut juga bertujuan meningkatkan semangat persatuan dan sikap Nasionalis masyarakat.

 

Sementara itu, Kepala Kampung Rantau Bertuah Darbi SAg menjelaskan, bahwa lomba gapura hias ini selain untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan rapi sekaligus juga untuk menumbuhkan kembali kebiasaan yang sebelumnya pernah ada yakni semangat gotong royong masyarakat Khususnya di Kampung Rantau Bertuah.

 

 

“Lomba Gapura Hias ini tujuan kita untuk kebersihan lingkungan agar terlihat indah dan rapi dengan hias-hiasan bertema kemerdekaan RI, dan juga untuk menghidupkan semangat gotong royong yang sifatnya inklusif, akan menampilkan ciri khas dari masing-masing lingkungan RK dan Kreativitas mereka bisa dikembangkan,” ujarnya.

 

 

Dikatakan dia, dalam hal ini pihaknya sangat mengapresiasi terutama kepada kaum ibu-ibu di kampung itu maupun masyarakat beserta para ketua RT yang sudah berpartisipasi bekerja siang dan malam dengan mengeluarkan materi maupun tenaga mereka sehingga semua apa yang diharapkan dan direncanakan dalam perayaan HUT RI nantinya dapat terwujud.

 

 

"Selain itu kita juga mengadakan perlombaan lainnya seperti Voli Ball, Futsal, permainan Anak-anak, panjat Pinang. Kemudian upacara pengibaran bendera pusaka merah putih pada hari H 17 Agustus yang nantinya akan kita gelar di kampung ini kita mengunakan paskibraka dari Siswa-siswi SMPN 06 Minas  yang semua telah terkoordinir dan sudah kita siapkan untuk pelaksanaan nantinya. 

 

 

Adapun hadiah utama dari perlombaan kebersihan lingkungan dan hias gapura tersebut dikatakannya, "nantinya berbentuk tropi dan uang pembinaan," Pungkas-nya.(*)


Laporan : Idris Harahap

Editor.    : Redaksi



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex