Polri Peduli Budaya Literasi, Kapolres Rohul Bagikan Buku Di SMA 01 Rambah

Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:07:38 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Gemar membaca adalah salah satu program Polri sebagai bentuk kepedulian Polri terhadap ilmu pengetahuan bagi masyarakat, dengan tema "Polri Peduli Budaya Literasi" Polres Rohul jajaran Polda Riau melakukan pembagian buku di SMA N 01 Rambah. Kamis (31/08/ 2023) sekitar pukul 09.00 Wib.

Pembagian buku ini di pimpin langsung oleh Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, S.I.K,.M.H, kedatangan Kapolres beserta rombongan di sambut oleh Kepala SMA N 01 Rambah Ali Pulaila, M.Pd dan para Guru serta ratusan Murid pelajar Siswa/i SMA N 01 Rambah.

Ikut mendampingi Kapolres Rohul, Kabag SDM Polres Rohul AKP S Sinaga, S.H, Kasat Narkoba AKP Riza Effyandi, S.H,.M.H, Kapolsek Rambah Iptu Suheri Sitorus, S.H, Kasi Propam Iptu H Panjaitan.

Terlihat Kapolres Rohul berdialog dengan penuh keakraban dan senda gurau dengan Kepsek SMA N 01 Rambah beserta para Pelajar dan para Guru pendidik. Pembagian buku ini langsung di serahkan oleh Kapolres secara simbolis kepada Kepsek dan Para Siswa/i SMA N 01 Rambah.

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di Polres Rohul ini mengatakan bahwa pada hari ini, Polri hadir dalam rangka untuk mendistribusikan buku yang di lakukan secara serentak se Indonesia , demi untuk meningkatkan minat membaca di tengah masyarakat terutama bagi para pelajar.

"Hari ini kita dari  Polres Rohul hadir di sini untuk membagikan beberapa jenis buku yang nantinya bisa di baca oleh para guru dan anak-anak kita yang masih menuntut ilmu pendidikan di SMA ini," katanya.

Lanjutnya, program ini salah satu upaya Polri untuk menggalakkan kembali budaya minat gemar membaca bagi masyarakat. Dan juga bisa mendorong semangat belajar bagi anak-anak dari usia dini.

"Kita berharap dengan adanya program Polri ini minat masyarakat untuk membaca bisa semakin meningkat terutama bagi anak-anak kita yang masih menempuh pendidikan, karena buku juga termasuk salah satu gudang ilmu," ujar Budi.

Di akhir penyampaiannya. Kapolres juga mengatakan, program ini juga sekaligus dalam momentum memperingati HUT RI yang ke 78 tahun 2023.

Dengan penuh kewibawaan sebagai orang nomor satu di Polres Rohul, beliau juga memberikan himbauan atau kata nasehat kepada para peserta yang hadir terutama kepada para murid SMA 01 Rambah agar selalu menjauhi yang namanya narkoba.

"Anak-anak ku semuanya dan para peserta lainnya, saya berharap kepada kita semua, agar jangan sekali kali ikut dalam tindak pidana narkoba, narkoba adalah salah satu penyakit yang akan merusak diri kita sendiri, merusak mental kita, dan juga merusak nama baik keluarga kita, untuk itu hindari yang namanya narkoba,"ucap Kapolres mengakhiri.

Sementara itu, Kepsek SMA N 01 Rambah mengucapkan terimakasih kepada Polres Rohul yang selama ini sudah terjalin silaturahmi dan kerja sama yang baik.

"Dengan adanya pembagian buku oleh bapak Kapolres Rohul bisa nantinya membantu kami dalam mendidik anak-anak kita, begitu juga sangat  banyak mampaatnya bagi kami di sekolah ini, dengan harapan juga bisa meningkatkan minat membaca buat anak-anak dan masyarakat," ujarnya.

Adapun jenis buku yang di bagikan ini berupa materi umum, agama, hukum serta tugas para Polri sebagai pengayom dan pelindung bagi masyarakat.

"Buku yang di distribusikan berupa. Buku Polri seperti mengenal Polri 67 eksemplar, Polisi Pelindung masyarakat 50 eksemplar, Majalah Tribrata News dan Kema Bhayangkari 50 eksemplar, modul Pelatihan atau Icitap 11 eksemplar, buku undang-undang atau umum dengan berbagai judul 50 Eksemplar," kata Kasi Humas Polres Rohul Aipda Mardiono P, S.H.

Lanjutnya, ada juga buku Agama dengan berbagai Judul 75 eksemplar, buku Cerita, Novel berbagi judul 100 eksemplar, Buku Bisnis/Kewirausahaan berbagai judul 50 eksemplar, buku mata Pelajaran PJOK, PPKN, Matematika, Bahasa Inggris 250 eksemplar dengan jumlah total keseluruhan 800 eksemplar.

"Dengan harapan bisa meningkatkan minat baca bagi anak-anak, yang nantinya bisa terhindar dari kenakalan remaja dan permainan Gadget sehingga ke depannya anak-anak kita bisa lebih cerdas dan mendapatkan ilmu yang bermanfaat bagi masyarakat, nusa dan bangsa," pungkas Mardiono.***


Laporan : E.S.Nst/Humas Polres Rohul



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex