Masa Tanggapan DCS Berakhir, KPU Rohil Belum Terima Respons Masyarakat

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:20:26 WIB
Share Tweet Google +

Rohil, Catatanriau.com | Kotak masukan dan tanggapan yang disiapkan KPU Kab. Rohil untuk menampung komplain daftar calon sementara (DCS) bacaleg kosong. Meski sudah mencapai batas hari terakhir tahapan kemarin (28/8), nihil masukan yang disampaikan ke KPU setempat.

“Hingga kemarin merupakan hari terakhir masa sanggah dari masyarakat untuk DCS yang telah ditetapkan. Selama prosesnya, tidak ada masyarakat yang menyampaikan ketidaklayakan bacaleg DPRD Kab. Rohil yang akan menjadi peserta Pemilu 2024 mendatang, artinya semua caleg yang masuk dalam DCS sudah tidak ada masalah untuk kelayakannya.’’ ujar Kordiv Teknis KPU Rohil Eka Murlan SE.

Eka mengatakan uji publik DCS digelar 19-28 Agustus. Selama periode tersebut, tak ada satupun partai politik (parpol) maupun masyarakat yang menyampaikan masukan terhadap DCS yang memuat bacaleg DPRD Kab. Rohil. Hanya bersifat diskusi terkait siapa saja calon yang masuk dalam DCS tersebut.

“Calon sudah melalui proses verifikasi dan tahapan yang cukup panjang  mulai dari bulan Mei hingga Agustus 2023 untuk mempersiapkan segala persyaratan” pungkas nya

Diterangkan terkait penyebab nihil nya masukan temuan kesalahan administrasi dikarenakan segala dokumen dan persyaratan calon yang diajukan partai politik  sudah dianggap lengkap dan memenuhi kriteria sesuai dengan regulasi yang berlaku.

“Dengan adanya waktu yang cukup panjang dalam tahapan ini, masyarakat di imbau untuk lebih mengenal bakal calon yang dipilih” sambungnya.

Kendati nihil masukan, Eka menjelaskan KPU Kab. Rohil telah berupaya memberikan kesempatan yang adil dan transparan bagi masyarakat untuk ikut serta dalam memastikan bahwa calon yang terdaftar dalam DCS memenuhi persyaratan dan memiliki kapasitas yang diperlukan untuk menjadi wakil rakyat dengan terus memberikan sosialisasi dan membuka ruang kepada masyarakat untuk terus mengawal tahapan jelang Pemilu 2024.***

Laporan : Tiyna



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex