Warga Keluhkan Ketiadaan Guru Agama Keristen di SDN 015 & SMPN 4 Penyaguhan Saat Reses II Martimbang Simbolon

Rabu, 23 Agustus 2023 - 20:33:32 WIB
Share Tweet Google +

Inhu, Catatanriau.com | Sejumlah warga ataupun wali murid mengeluhkan ketiadaan guru pendidikan agama keristen di Sekolah Dasar (SD) Negeri 015 Penyaguhan dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Penyaguhan. Keluhan ini disampaikan warga saat Martimbang Simbolon Anggota DPRD Kabupaten Inhu melakukan reses II tahun 2023 di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Rabu (23/08/2023) siang.

Dimana menurut warga, mereka sebelumnya telah mengusulkan pengadaan guru agama kristen kepada Kepala Sekolah dikedua sekolah tersebut, namun amat disayangkan Kepala Sekolah hanya menjawab apabila murid yang beragama kristen tidak mencapai jumlah 50% dari total keseluruhan siswa maka guru agama kristen ditiadakan.

"Kemarin  hal ini sudah kami bahas di SD tapi jawaban pihak sekolah peserta didik belum memadai 50% yang kristiani, sementara setiap anak-anak ujian ada ujian agama, namun tidak ada mata pelajarannya di sekolah, jadinya seperti ujian main-main lah anak-anak kita di sekolah itu, sebab selama ini anak-anak hanya memintai nilai dari gereja masing-masing," keluh Irawati Sitinjak disela-sela reses Martimbang Simbolon.

Terkait hal ini, Martimbang Simbolon yang merupakan politisi Partai Perindo Dapil II Inhu itu, ia sangat menyayangkan ketidak hadiran para guru ataupun Kepala Sekolah dari kedua sekolah tersebut saat dirinya mengadakan Reses di Desa Penyaguhan, padahal menurutnya sebelumnya pihaknya telah menyampaikan undangan kepada para pihak sekolah yang ada di Desa Penyaguhan tersebut.

"Tentunya hal ini menjadi catatan juga buat kami, dan kebetulan saya ada di Komisi IV yang membidangi dan bermitra dengan Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial, jadi hal ini memang tugas saya untuk menindaklanjutinya," ungkap Martimbang Simbolon menjawab keluhan warga tersebut.

Lebih lanjut Martimbang menerangkan bahwa, dulunya guru agama di Sekolah-sekolah disalurkan melalui Kementerian Agama. Namun saat ini pengadaan guru pendidikan agama sudah boleh disalurkan oleh Dinas Pendidikan.

"Maka saya akan berkoordinasi nanti dengan Dinas Pendidikan untuk SD dan SMP Negeri yang ada di Desa Penyaguhan ini. Besok saya akan bertemu langsung dengan Kepala Dinas Pendidikan Inhu untuk mempertanyakan hal ini. Nanti apa solusinya kita akan berdiskusi bersama," tukasnya.***

Laporan : S.A Pasaribu 


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex