Pertama Tampil Jalur Pena Kuansing Ukir Sejarah Baru Pacu Jalur Tepian Narosa

Rabu, 23 Agustus 2023 - 13:22:08 WIB
Share Tweet Google +

Kuansing, Catatanriau.com | Dengan berakhinya acara pencabutan undian pada selasa siang di gedung Narosa Teluk Kuantan yang diikuti peserta Jalur sebanyak 193  Jalur,dari sebanyak 193 jalur tersebut semua sudah memiliki lawan atau aduan disekian banyaknya jumlah Jalur yang mendaftar di berbagai kecamatan termasuk Kabupaten tetangga ( INHU) yang mengutus 30  Jalur yang akan berlaga ditepian Narosa Teluk kuantan nantinya.
 

Ada sebuah Jalur yang dinamakan "Pena Kuansing" yang di cetus oleh insan pers kabupaten Kuantan Singingi dan ikut serta meramaikan event pacu jalur yang akan berlangsung hari ini ditepian Narosa Teluk kuantan.


Dengan adanya sebuah jalur dari Insan pers Kuansing , ini menandakan bahwa insan pers bukan hanya bisa menulis bahkan juga bisa untuk berdayung dan ikut serta dalam satu perlombaan,ini menandakan kecintaan terhadap budaya leluhur dahulu yang perlu dijaga ,disamping menyebarluaskan informasi diberbagai media cetak maupun elektronik ,insan pers Kuansing juga mampu untuk ikut berlaga di gelanggang event Nasional Teluk Kuantan.

Adapun para atlit pemacu dari jalur " Pena Kuansing"adalah dari sejumlah organisasi yang ada di Kuansing,PWI,IWO,FPII,PPWI,PSI ,jadi masing2 organisasi mengutus beberapa wartawan yang biasa berpacu dalam artian sudah biasa ikut dikampungnya,karena berpacu juga harus pandai berenang dan berenang modal utama karena malang tak dapat ditolak mujur tak dapat diraih jika seandainya jalur karam atau tebalik,ini akan sangat membantu.


Dan perlu diketahui biaya yang dihabiskan untuk sebuah gelanggang pacu jalur bisa mengabiskan puluhan juta rupiah ,tentu jelas biaya yang tidak sedikit belum lagi dan lainnya.

Jalur "Pena Kuansing" yang di cetus insan pers Kuansing dibantu oleh sejumlah donatur yang ada di kabupaten Kuantan Singingi dan sejumlah Donatur yang ada diluar Daerah , dengan bantuan para Donatur tersebutlah Jalur Pena Kuansing bisa ikut berpartisipasi di Narosa ini, mudah2han dengan keihklasan para Donatur yang memberi bantuan kepada insan pers Jalur yang bernama " Pena Kuansing" bisa menang hendaknya menuju hari kedua.


Ketua Jalur Pena Kuansing Hendri Chaniago yang juga merupakan kesehariannya penulis dari media Riauin.Com.mengucapkan ribuan terimakasih banyak atas para donatur yang telah membantu kami para media untuk ikut berpacu di Narosa pada tahun ini.

"Sebuah kebanggan bagi kami kalangan jurnalis yang bertugas di Kuansing bisa ikut serta dalam festival pacu jalur yang merupakan tradisi masyarakat rantau Kuantan. Kami sangat menjunjung tinggi nilai nilai tradisi itu. Kami juga ikut bangga dengan budaya tradisi oacu jalur. Dan ini bukti ikekompakan kami para insan pers di Kuansing," ucap Hendri Chaniago.***

Laporan : Ayub 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex