Peringati HarLah Pancasila Tahun 2023, Kapolres Rohul: Aktualisasikan Nilai Pancasila Dalam Kehidupan

Kamis, 01 Juni 2023 - 15:22:20 WIB
Share Tweet Google +

Rohul, Catatanriau.com | Kapolres Rokan Hulu (Rohul) AKBP Budi Setiyono, SIK.MH ikuti Upacara Peringati Hari Lahir (HarLah) Pancasila Tahun 2023, secara live streaming yang di laksanakan di Lapangan Monas Jakarta Pusat. Dengan mengusung tema "Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global".

Untuk Polres Rohul pelaksanaan Upacara ini bertempat di Rupatama Polres Rohul, Kamis (01/06/2023) pukul 08.00 Wib yang juga di ikuti Wakapolres Rohul Kompol Erol Ronny Risambessy, SIK.MM, Kasat Lantas AKP Akhmad Rivandi, SIK.MH, Kabag Log AKP Awaluddin, KBO Sat Binmas IPDA Sahminan  Siregar serta sejumlah Personil lainnya.

Upacara ini berjalan dengan khidmat, terpantau seluruh peserta Upacara mendengarkan amanat dan arahan dari pembina Upacara Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo.

Upacara Peringatan HarLah Pancasila Tahun 2023 Secara Live Streaming selesai pada pukul 08.45 Wib, selama kegiatan tersebut berlangsung situasi terdapat dalam Keadaan aman dan kondusif.

Usai mengikuti Upacara, Kapolres Rohul AKBP Budi Setiyono, SIK.MH menyampaikan amanat dari Presiden RI bahwa keberadaan Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan Falsafah Dasar, Pandangan Hidup Bangsa, Dasar Negara, Ideologi, Kekuatan Pemersatu Bangsa dan Sumber Segala Sumber Hukum Negara.

"Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada," sebut Kapolres di dampingi Plh. Kasi Humas AIPDA Mardiono Pasda, SH.

"Sekaligus sebagai bintang penuntun (Leitstar) dinamis yang memandu kehidupan bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendirian Negara, mewujudkan masyarakat Indonesia yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur," tambah Kapolres.

Lanjutnya, HarLah Pancasila setiap 1 Juni, memiliki makna bagi Rakyat dan Bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung Tinggi Pancasila sebagai Dasar Negara ataupun tujuan berbangsa. Namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari.

Pada kesempatan itu beliau juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan keseharian.

"Semoga melalui peringatan HarLah Pancasila 1 Juni 2023 ini dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang," pungkasnya mengakhiri.***

Laporan : E.S.Nasution

Editor : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex