Ilustrasi

Jelang Idul Adha, Petugas Mulai Periksa Kesehatan Hewan Qurban di Riau

Sabtu, 27 Mei 2023 - 20:17:54 WIB
Share Tweet Google +

Pekanbaru, Catatanriau.com | Jelang Idul Adha petugas kesehatan hewan dari Dinas Peternakan Kabupaten/Kota se-Riau mulai melakukan pemeriksaan kesehatan ternak kurban di penampungan atau penjual hewan ternak. 

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman melalui Kepala Bidang Kesehatan Hewan, drh Faralinda Sari mengatakan, hewan ternak yang dipemeriksa juga dilakukan pengecekan dokumen lalu lintas hewan ternak.

"Setelah diperiksa dan ternak  dinyatakannya sehat, akan diberikan sertifikat kesehatan hewan," kata Faralinda Sari, Sabtu (27/05/2023).

Karena itu, pihaknya menyarankan kepada masyarakat ketika membeli ternak kurban, hendaknya pilih ternak yang sudah memiliki sertifikat kesehatan hewan yang dikeluarkan dinas setempat, sehingga kesehatan ternak yang dikurbankan dapat terjamin.

Selain itu, lanjut Faralinda, pihaknya juga akan melakukan pengawasan saat pelaksanaan pemotongan hewan kurban saat hari raya Idul Adha. 

"Sebelum dan ketika hari raya Idul Adha, petugas juga akan turun untuk pengawasan pelaksanaan pemotongan kurban sesuai dengan teknis kesehatan dan kesejahteraan hewan, serta pemeriksaan post mortem (sesudah kematian), yaitu pengecekan daging dan jeroan yang dihasilkan," tukasnya.(mc)

Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex