Syukuran Pemberian Gelar Adat, Bupati Rohul Minta Jaga Amanah & Marwah Negeri

Selasa, 28 Juni 2022 - 19:48:37 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com |  Bentuk Rasa Syukur yang tak terhingga bagi masyarakat Kecamatan Ujung Batu atas suatu keberhasilan dari anak kemenakan, Lembaga Kerapatan Adat (LKA) Ujung Batu memberikan amanah Gelar Adat kepada Anak Kemenakan diantaranya Wakil Bupati(Wabup) Rokan Hulu (Rohul), Wakil Ketua DPRD Rohul serta Anggota DPRD Rohul yang berasal dari Kecamatan Ujung Batu, Selasa (28/6/2022) di Gedung LKA Kecamatan Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu.

Hadir dalam kegiatan syukuran ini, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman, Ketua DPRD Rohul Novli Wanda Ade Putra,ST, M.Si, Ketua MKA LAMR Rohul, Ketua LKA Ujung Batu serta Anak Kemenakan yang akan diberikan Gelar dan Tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya Datuk Bendaharo Kerapatan Adat Ujung Batu, Tuan Dahnil Malik menyampaikan adapun gelar yang diberikan kepada Wakil Bupati Rokan Hulu H.Indra Gunawan adalah Sebelumnya oleh LAMR Rohul diberikan Gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Maka Oleh LKA Ujung Batu Diberikan Gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Guno Nogoi, kemudian Gelar Adat Bagi Wakil Ketua DPRD Nono Patria Pratama Dengan Gelar Adat Datuk Timbalan Setia Mufakat Paduko Amanah dan Bagi Wakil Ketua DPRD Hardi Candra diberi gelar adat Datuk Timbalan Setia Mufakat Sindaro Mudo Julang Amanah.

Selanjutnya juga diberikan gelar adat bagi anggota DPRD Rohul dari Ujung Batu, H.Mahmud dengan gelar adat Datuk Paduko Alim, Adam Safaat dengan Gelar Datuk Tuah Mufakat Yang Mudo, H. Muhammad Hilir dengan Gelar Datuk Panglimo Bosa, Arisman dengan gelar Datuk Saudagar Kayo, H.Darwin dengan Gelar Datuk Yang Kuaso Mudo dan Budi Darman dengan gelar Datuk Penghulu Mudo.

Dirinya berharap semoga atas amanah gelar adat yang berikan bisa di jalankan dengan baik dengan penuh tanggung jawab, sebab gelar ini bukan hanya sekedar gelar melainkan juga merupakan sebuah doa bagi setiap anggota DPRD Rohul yang diberikan amanah.

Selanjutnya, Bupati Rokan Hulu H.Sukiman Gelar Datuk Setia Amanah Panglimo Pukaso dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Wakil Bupati gelar datuk Seri Timbalan Setia Amanah Guno Nogoi  dan Wakil Ketua DPRD dan anggota dprd serta kepada cucu kemenakan ujung batu yang telah menerima gelar kehormatan adat. Dimana dalam hal ini dirinya menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, sebab dengan kegiatan syukuran ini kita dapat berdiskusi bersama untuk rokan hulu lebih maju. 

Disampaikan Datuk Seri Setia Amanah Panglimo Pukaso juga bahwa diketahui bersama Rokan Hulu juga memiliki keragaman suku bangsa dengan tradisi dan budayanya yang khas dan unik, harus di jadikan sebagai pilar-pilar keunggulan dalam menghadapi persaingan global, nilai-nilai keunggulan dan budaya positif warisan nenek moyang.

"Ini merupakan kearifan lokal yang harus kita apresiasi, kita pelihara, sampai kelak ke anak cucu kita, untuk itu pada syukuran yang kita gelar hari ini hendaknya kita maknai bersama dengan menumbuhkan rasa bijak dalam melaksanakan semua tindakan karena gelar yang diberikan oleh adat merupakan suatu kehormatan yang wajib kita pelihara terutama dalam tatanan hidup bermasyarakat" ujar H.Sukiman Dartuk Seri Setia Amanah Panglimo Pukaso.

"meskipun berulang ucap dan harap, adat dan budaya melayu mesti berdiri kokoh, oleh karena nya melalui  LAM Riau Rokan Hulu,  ksususnya  LKA Ujung Batu ini kita bertumpu  untuk bersama-sama merawat adat dan perangkatnya, agar menjadi payung bagi kemaslahatan masyarakat" tambahnya.

Orang No.1 Di Rohul ini juga tidak lupa mengingatkan bahwa syukuran ini hendaknya menjadi barometer bagi kita semua bahwa adat sangat penting untuk dijaga dan dilestarikan agar tidak lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan. 

Terakhir dirinya berharap kepada anak kemenakan di LKA Ujung Batu yang telah diberi gelar semoga selalu menjaga amanah dan senantiasa menjaga marwah negeri yang sama-sama kita cintai ini.***


(Kominfo/E.S.Nst)

Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex