Yayasan Ponpes Aufia Untuk Kali Kedua Laksanakan Khitan Gratis Bagi 100 Anak di Kecamatan Minas

Senin, 27 Juni 2022 - 11:18:57 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Yayasan Pondok pesantren (Ponpes) Aufia yang telah berdiri selama dua tahun belakangan ini di Kecamatan Minas khususnya, yakni sejak April 2020 lalu, beralamat di Jalan bypass Kelurahan Minas Jaya, melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan tahunan untuk kali kedua di Tahun 2022 ini, berupa Khitan Bahagia gratis untuk 100 orang anak laki-laki pulus diberikan uang saku, Senin pagi (27/06/2022) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tipe D Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

"Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama Pondok Pesantren Aufia bersama para donatur, serta kerjasama dengan pihak RSUD Tipe D dan Pemerintah Kecamatan Minas," ujar Muhammad Nofrianda selaku sekertaris yayasan Ponpes Aufia ketika diwawancarai wartawan media ini disela-sela kegiatan itu.

Muhammad Nofrianda juga menjelaskan bahwa, program Khitan Bahagia gratis yang ditaja tersebut hanya diperuntukkan bagi kalangan keluarga kurang mampu.

"Oleh karena itu dalam hal ini kita libatkan Pemerintahan, baik Kecamatan hingga tingkat RT, sebab mereka yang bisa menentukan siapa warga yang layak menjadi peserta dalam program khitan ini," ujarnya.

Diakhir dijelaskannya, dengan adanya program tersebut pihaknya dari yayasan ponpes Aufia pun berharap kiranya warga yang telah mengikutinya dapat merasa terbantu dalam hal suatu hajatan melaksanakan khitan.

"Karena khitan ini merupakan Sunnah untuk anak laki-laki, maka kita memfasilitasi agar tidak ada anak-anak kita khususnya di Kecamatan Minas yang terkendala untuk berkhitan, insya Allah program ini akan terus berlanjut setiap tahunnya," tukasnya.

Dalam kesempatan itu pula Pelaksana Harian (PLH) Camat Minas Muhammad Darwis S.Sos yang tampak hadir mengikuti kegiatan itu, saat diwawancarai wartawan media ini Darwis mengatakan bahwa pihaknya dari Pemerintah Kecamatan Minas mengucapkan banyak terimakasih khususnya terhadap pimpinan beserta jajaran pengurus Ponpes Aufia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

"Tentu kita mengucapkan banyak terimakasih sebab ini merupakan program sosial yang tentunya dapat membantu meringankan beban masyarakat kita khususnya yang kurang mampu, terlebih yang disunat ini bukan hanya anak-anak dari wilayah Kabupaten Siak, akan tetapi juga ada yang dari Kecamatan Rumbai dan Kampar sebagai tetangga kita, untuk yang terdata saat ini sudah sekitar 60 anak, insya Allah besok akan berlanjut hingga 100 orang anak," ujar Muhammad Darwis, S.Sos.

Dalam hal ini Muhammad Darwis juga mendoakan agar kiranya para donatur maupun para pengurus Ponpes Aufia yang telah menyelenggarakan kegiatan itu diberikan keberkahan dan kesehatan oleh Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

"Semoga apa yang dibantu ini dapat bermanfaat bagi orang yang telah menerimanya, dan diberikan keberkahan bagi yang memberikan bantuan," pungkasnya.

Sementara itu Afis (37) salah seorang warga Kampung Minas Barat yang berprofesi sebagai seorang buruh harian lepas (mocok-mocok) dalam kesempatan itu ia terlihat tengah mengikut sertakan anak laki-lakinya untuk berkhitan, dengan penuh rasa haru ia pun mengungkapkan terimakasih yang tak terhingga kepada pihak Ponpes Aufia.

"Alhamdulillah, kita sangat merasa terbantu dengan adanya khitan massal gratis dari Ponpes Aufia ini, terlebih saya merupakan buruh lepas yang hanya berpenghasilan pas-pasan, jadi Alhamdulillah kami sangat merasa terbantu dan berterimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada pihak Ponpes Aufia," pungkasnya dengan nada haru.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex