Hadapi Tahun Ajaran Baru, SD N 04 Minas Gelar Pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka

Sabtu, 25 Juni 2022 - 15:29:24 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dalam rangka menghadapi tahun ajaran baru yang tinggal beberapa pekan lagi, pihak Sekolah Dasar (SD) Negeri 04 Minas, Kabupaten Siak, Riau. Mereka tampak melaksanakan kegiatan pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) terhadap 30 orang guru dan tenaga administrasi yang ada di Sekolah tersebut, Sabtu (25/06/2022).

Hal ini diungkapkan oleh Kepala SDN 04 Minas, Rosniwati Syamsimar.Mpd saat disambangi Wartawan media ini disela-sela kegiatan pelatihan IKM tersebut. Dijelaskannya, dalam kegiatan itu ada tiga orang dari pihaknya yang menjadi narasumber, yakni Yulius Firmansyah, Dedi Nurdiansyah dan Merry Honest.

"Kegiatan ini dilakukan minimal selama dua hari dan maksimal tiga hari kedepan, pesertanya sendiri adalah guru-guru kita yang ada di Sekolah ini, khususnya guru kelas I, II, IV dan V sebanyak 30 orang guru, ini sudah termasuk tenaga administrasinya," ujar Rosniwati Syamsimar.Mpd.

Dipaparkannya, adapun inti dari pelatihan itu dilakukan untuk mengenal lebih awal tentang Implementasi Kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Republik Indonesia (RI).

"Selanjutnya juga, dikarenakan kita merupakan salah satu sekolah penggerak yang ada di Kecamatan Minas, jadi tahun 2022 ini kita menerapkan implementasi kurikulum merdeka ini sudah samapi kelas I dan kelas IV serta kelas II dan kelas V, kalau disekolah lain masih untuk kelas I dan IV," paparnya.

Lanjutnya, "untuk buku pelajarannya juga kita sudah pesan, Alhamdulillah sudah sampai disini, mudah-mudahan nanti bisa disosialisasikan untuk program kurikulum yang baru ini, oleh karena itu guru-guru ditingkat SD kita ini dilatih untuk kegiatan itu, jadi yang dilatih disini adalah isi dari implementasi kurikulum merdeka itu sendiri selama dua hari kedepan," sambungnya.

Kegiatan ini sendiri kata dia, nantinya juga akan ditularkan terhadap sekolah-sekolah terdekat, khususnya sekolah tingkat SD yang ada di Kecamatan Minas, baik negeri maupun swasta.

"Jadi tidak menutup kemungkinan juga nanti akan ada kunjungan sekolah lain dikarenakan kita yang baru dan salah satunya di Kecamatan Minas, Insya Allah mungkin sekolah lain akan berkunjung kekita, seperti kita tahu di Minas ini ada 12 sekolah SD negeri dan 1 sekolah SD swasta, nanti sekolah lain itu akan berkunjung kepada kita untuk melakukan supervisi bagaimana peroses bentuk kegiatan belajar mengajar," imbuhnya.

Tak hanya samapi disitu, Rosniwati Syamsimar.Mpd juga menyebut, dalam beberapa waktu dekat ini pihaknya juga akan mendapatkan kesempatan dari pelatih ahli kurikulum merdeka untuk ikut serta sebagai narasumber ditingkat Kabupaten Siak, yang juga menyampaikan tentang isi kurikulum merdeka terhadap sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Siak. 

"Jadi, nanti dari Minas ini akan melakukan kunjungan, misal ke Sungai Mandau, Koto Gasib dan lain sebagainya, untuk menyampaikan informasi yang didapat selama satu tahun pembelajaran kurikulum merdeka, jadi sifatnya menularkan apa yang kita dapatkan, berupa praktek baik yang bisa diterapkan di sekolah lain," katanya.

Dalam hal ini pihaknya pun berharap, agar nantinya program dari Pemerintah tersebut bisa dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, walaupun mungkin kata dia, ada kendala-kendala yang sifatnya perlu konsultasi dalam menghadapinya.

"Kegiatan ini sendiri kalau dulu LPMP (Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan) namanya, sekarang BPMP (Balai Penjamin Mutu Pendidikan) namanya, dan pada waktu-waktu tertentu mereka juga turun ke-sekolah kami ini, dalam arti kata kami tidak dilepas begitu saja, namun tetap diawasi. Seperti setiap bulannya kami selalu mengikuti kegiatan loka karya di Siak khusus untuk seluruh sekolah penggerak ditingkat SD dan SMP bahkan SMA," tukasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex