Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI

Camat Hendra Sebut Jambu Biji Merah & Madu Merupakan Produk Unggulan UMKM di Kecamatan Minas

Jumat, 24 Juni 2022 - 08:09:43 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSI menyebutkan bahwa Kecamatan Minas memiliki prodak unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang cukup terkenal, yakni buah jambu biji merah yang perkebunannya berada di wilayah Kampung Minas Timur dan Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

"Untuk Kecamatan Minas, terkenal dengan jambu biji merah yang berada didua wilayah, yakni Minas Timur dan Minas Jaya, ini dari sisi pertaniannya," ujar Camat Hendra kepada Wartawan media ini, Jumat pagi (24/06/2022).

Untuk pemasarannya sendiri kata Camat Hendra sudah cukup banyak, jambu biji merah ini sudah dipasarkan disejumlah swalayan di Kota Pekanbaru, kemudian ada juga club-club hiking yang datang ke Minas dan mereka ini sering membawa oleh-oleh jambu biji merah tersebut keluar Kota. 

"Disamping itu, kita juga memiliki produk-produk industri rumah tangga seperti keripik-keripik yang diproduksi di Kelurahan Minas Jaya, jadi banyak musafir yang mampir di Kecamatan Minas mereka membeli keripik ubi ini," katanya.

Tak hanya sampai distu terang Camat Hendra, di Kampung Mandiangin, Kecamatan Minas juga memiliki produk UMKM berupa madu dan keripik tempe.

"Untuk madu ini sendiri pemasarannya sudah sampai kepulau Jawa, tertuma anak-anak santri dari pondok pesantren Gontor yang ada di Sungai Mandau, kan banyak yang dari luar daerah, jadi sambil pulang mudik mereka terkadang juga membeli prodak madu asli dari Kampung Mandiangin. Jadi Madu ini yang cukup banyak peminat dan pemasarannya. Dilokasi-lokasi lain mungkin ada juga namun belum sehits produk yang tiga tadi," urainya.

Adapun untuk dari sisi Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak papar Camat Hendra, Pemda Siak saat ini sedang mencoba melakukan pengembangan khususnya untuk produk jambu biji merah tersebut, misal turunannya seperti olahan selai jambu biji merah, manisan dan lain sebagainya.

"Hal itu sedang dicoba dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Siak melalui Disperindag dan UMKM," paparnya lagi.

Dalam hal ini pihaknya pun menghimbau khususnya terhadap masyarakat Kecamatan Minas agar lebih giat lagi dalam mengembangkan UMKM, hal ini sejalan dengan program Bupati Siak Alfedri menciptakan 1000 UMKM baru disetiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Siak.

"Dengan hal ini diharapkan, sehingga perputaran ekonomi untuk Kecamatan Minas dan Kabupaten Siak ini jadi betul-betul nyata. Karena kita harus banyak belajar terlebih dimasa pandemi ini, sebab pada masa moneter dulu yang bisa bertahan itu adalah warga yang menggeluti UMKM, mereka ini bisa bertahan dengan guncangan ekonomi skala nasional. Jadi UMKM ini sudah terbukti dari dahulu, dan ini memang selalu dikembangkan Pak Bupati dan kami pun ikut mensuport," imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan Camat Hendra, sewaktu pelaksanaan MTQ ke-21 ditingkat Kecamatan Minas beberapa waktu lalu, pihaknya juga melihat ada produk-produk baru di Kelurahan Minas Jaya, yakni pengembangan lobster air tawar.

"Memang belum sampai ditingkat pemasaran, akan tetapi baru mencoba memulai melakukan pengembangan. Lobster air tawar ini menurut saya cukup potensial, karena penggemar atau penghobi lobster ini cukup banyak, kedepan akan kita cari linknya, mudah-mudahan ini bisa menjadi salah satu produk unggulan kita, khususnya lobster air tawar yang mana biasanya kita tahu lobster ini ada di laut ataupun di air asin," katanya.

Diakhir Camat Hendra pun kembali mengajak seluruh lapisan masyarakat Kecamatan Minas khususnya, untuk lebih kreatif dan inovatif lagi agar pengembangan ekonomi UMKM di Kecamatan Minas kedepan bisa lebih maksimal lagi. 

"Sama-sama kita berdoa dan berusaha, mudah-mudahan Allah subhanahu Wa ta'ala membantu perekonomian dan memberikan kekuatan kepada kita semua, Aamiin ya robbal alamin," pungkasnya.(Infotorial). 


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex