Pokdarwis Minas Garden Tour & KKSI Dalam Waktu Dekat Akan Gelar Perlombaan Festival Budaya

Rabu, 15 Juni 2022 - 19:52:21 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke-77 di tahun 2022 ini, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Minas Garden Tour, dalam waktu dekat nanti akan melakukan festival budaya bertujuan untuk meningkatkan minat wisata khususnya di Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau.

Hal ini sebagaimana disampaikan oleh Ramli SH selaku ketua Pokdarwis Minas, dengan didampingi oleh Tengku Darbi SAg Selaku Wali Raja Kekerabatan Kesultanan Siak Sri Indrapura (KKSI) wilayah Minas, Ramli mengatakan bahwa dalam kegiatan ini nantinya, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan KKSI.

"Hal ini kita canangkan dalam rengka meningkatkan minat wisata di Kecamatan Minas, Insya Allah dalam waktu dekat kita dari Pokdarwis Minas Garden Tour bekerjasama dengan KKSI akan melaksanakan Festival Budaya," kata Ramli SH kepada Wartawan media ini, Rabu (15/06/2022).

Ramli menjelaskan, dalam kegiatan festival budaya ini nantinya pihaknya akan memperlombakan pembuatan miniature rumah adat masing-masing seluruh suku yang ada di Kecamatan Minas.

"Tak hanya itu, kita juga akan memperlombakan kesenian masing-masing seluruh suku. Selain untuk meningktkan minat wisata acara ini juga dalam rangka untuk mempererat hubungan seluruh suku yang ada di Kecamatan Minas," katanya.

Lebih jauh dipaparkannya, untuk suksesnya acara festival budaya ini nantinya, pihaknya juga akan menjalin kerjasama dengan seluruh pihak yang ada, baik itu terhadap pemerintah setempat maupun tokoh masyarakat dari masing-masing kesukuan dan seluruh orams yang ada di Kecamatan Minas.

"Sehingga dengan keberagaman suku yang ada merupakan rahmat dan berkah bagi kemajuan pembangunan Kecamatan Minas kedepan," imbuhnya.

Kegiatan ini sendiri kata Ramli, masih dalam perencanaan dan dalam waktu dekat akan dilakukan rapat pembentukan panitia hingga tata cara bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan tersebut.

"Waktu dan tanggal belum ditentukan, masih menunggu rapat panitia," katanya.

Diakhir dijelaskannya, "hanya saja ada sedikit kendala, jalan menuju areal acara yakni di Danau Telago Batin Bungsu perlu closing pipa PT PHR. Rencana dengan adanya halangan tersebut kita akan mohon audiensi dengan pihak PT PHR guna untuk bicarakan hal tersebut." Pungkasnya.***


Reporter : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex