MENU TUTUP

Kontroversi Penunjukan PJ Ketum HIMAROHU-RIAU: PMPT Minta MUBES Dilaksanakan

Senin, 22 April 2024 | 13:06:28 WIB Dibaca : 621 Kali
Kontroversi Penunjukan PJ Ketum HIMAROHU-RIAU: PMPT Minta MUBES Dilaksanakan

Rohul, Catatanriau.com | Ikatan Persatuan Pelajar Mahasiswa Tambusai (PMPT) di bawah kepemimpinan Ketua Rifki Albar bersama Sekjen Hamzah Haz Nasution mengeluarkan pernyataan mendukung panggilan untuk segera melaksanakan Musyawarah Besar (MUBES).

Hal ini disampaikan sebagai respons terhadap kontroversi yang muncul akibat penunjukan Penjabat (PJ) Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Rokan Hulu-Riau (HIMAROHU-RIAU).

Pada acara buka bersama HIMAROHU-RIAU yang berlangsung pada 30 Maret 2024 di Ballroom Grand Central Hotel, Pekanbaru, terjadi penunjukan PJ. Ketua Umum yang dinilai tidak sesuai dengan prosedur oleh PMPT.

Sekjen PMPT, Hamzah Haz Nasution, mengungkapkan bahwa penunjukan tersebut dilakukan secara mendadak oleh mantan Ketua Umum, Habza Jusbil Aktro, yang kemudian menunjuk Sa'yan Maskuron sebagai PJ.

"Dalam kegiatan tersebut, terlihat bahwa penunjukan PJ dilakukan tanpa musyawarah terlebih dahulu dengan pengurus HIMAROHU-RIAU dan para ketua paguyuban kecamatan se-Rokan Hulu," ungkap Hamzah Haz Nasution. Senin (24/04/2024).

Menurut Hamzah, penunjukan PJ yang dilakukan tanpa proses musyawarah dan diskusi terlebih dahulu dinilai tidak sah oleh PMPT. Hal ini menimbulkan keprihatinan terhadap keabsahan kepemimpinan di HIMAROHU-RIAU.

"Kami menolak keras penunjukan PJ Ketum HIMAROHU-Riau yang tidak mengikuti prosedur dan mekanisme yang ada. Hal ini menimbulkan keraguan akan keabsahan kepemimpinan di HIMAROHU-RIAU," tegasnya.

Lebih lanjut, PMPT menyampaikan kekhawatiran akan kemampuan dan pemahaman aturan dari pengurus HIMAROHU-RIAU yang saat ini menjabat. Rifki Albar, ketua PMPT, menegaskan perlunya dilaksanakan MUBES agar dapat memastikan kepemimpinan yang sesuai dengan aturan dan mampu memimpin organisasi sebesar HIMAROHU-RIAU.

"Kami meminta agar MUBES segera dilaksanakan untuk memastikan keabsahan kepemimpinan dan memilih pemimpin yang mampu memimpin organisasi dengan baik sesuai dengan aturan yang berlaku," tambah Rifki Albar.

PMPT juga mengajak semua pihak terkait untuk menghormati proses demokratis dalam pemilihan kepemimpinan di HIMAROHU-RIAU serta menjamin keberlangsungan organisasi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai demokrasi dan keadilan.

Sementara itu, belum ada tanggapan resmi dari pihak HIMAROHU-RIAU terkait permintaan MUBES yang diajukan oleh PMPT. Namun, diperkirakan bahwa isu ini akan terus menjadi perhatian publik dan memicu diskusi lebih lanjut terkait tata kelola organisasi mahasiswa di Rokan Hulu-Riau.***

Laporan : E.S Nst 



Berita Terkait +

Komisi V DPRD Riau Kunjungi RSUD Mandau

Sebanyak 585 Sembako Murah Disalurkan Pemkab Siak Dikelurahan Minas Jaya

Dipimpin Langsung Oleh Kompol Sawaluddin Pane SH, Personil Polsek Minas Gelar Kegiatan Pembinaan Rohani dan Mental 

Brigjen TNI Dany Rakca Hadiri Peringati HUT Kemala Bhayangkari ke-44 Polda Riau

Antisipasi Kebakaran Dini, Polsek Bunut Patroli di Lokasi Rawan Terjadi Kebakaran

Sempena Perayaan Dirgahayu RI Ke 75, Upika Kandis Sebarkan Ratusan Masker Hadapi Pandemi Covid-19

Darurat Covid-19, Tim Gabungan Satpol PP & Polsek Mandau Razia Warnet Yang Kedapatan Ada Pelajarnya

Silaturahmi Putra Sulung Presiden RI Ke-6 (SBY) Seorang Tokoh Muda Nasional Di Negeri Istana, Kab. S

Tim Gugus Tugas : PSBB Total Solusi Brantas Covid-19

Desa di Meranti yang Menyalurkan BLT-DD Menggunakan Cara Door To Door

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Abu Kasim Gugat PT SLS Serobot 90 Hektar Lahan Masyarakat Adat

2

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

3

Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu Gelar Upacara Memperingati Hari Pendidikan

4

Merdeka Belajar sebagai Kunci Membangun Generasi Emansipatif dan Kreatif

5

Pastikan Peringatan May Day Aman, Kapolres Pelalawan Hibur Para Buruh

6

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik