MENU TUTUP

SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Gandeng KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Selenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Kamis, 19 Oktober 2023 | 16:28:27 WIB Dibaca : 541 Kali
SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Gandeng KPU Kabupaten Kepulauan Meranti Selenggarakan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)

Selatpanjang, Catatanriau.com | Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) adalah inisiatif untuk meningkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila di kalangan pelajar. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan salah satu bagian yang tak terpisahkan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

Salah satu nilai yang terdapat dalam P5 adalah pemahaman tentang demokrasi. Atas dasar tersebut, SMAN 1 Tebing Tinggi Barat memperkenalkan “Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan tema Suara Demokrasi” kepada Siswa/i kelas X dengan menghadirkan pemateri dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat, diantaranya Abu Hamid, S.Pd.I yang juga merupakan Ketua KPU Kab. Kepulauan Meranti, Wakil Kepala Sekolah SMAN 1 Tebing Tinggi Barat Muhammad Ali, Para guru SMAN 1 Tebing Tinggi Barat selaku fasilitator dan juga Siswa kelas X selaku peserta kegiatan.

Sementara itu Abu Hamid, S.Pd.I mendukung penuh kegiatan ini. “Penguatan profil pelajar Pancasila adalah upaya jangka panjang yang memerlukan komitmen dan kerja sama dari berbagai pihak. Dengan langkah-langkah ini, kita dapat membantu memastikan bahwa generasi muda Indonesia memahami, menghargai, dan menerapkan nilai-nilai demokrasi dalam kehidupan sehari-hari mereka,” ungkapnya.

Rizki Ramdani, S.Si selaku Fasilitator dan Guru di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini. “Terselenggaranya kegiatan ini akan membantu pelajar memahami bagaimana nilai-nilai demokrasi dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pada September 2023 kemarin, kita juga sudah selesai melaksanakan Demokrasi sebagai bentuk implementasi P5, yaitu dengan mengadakan Pemilihan Ketua OSIS dan Wakil Ketua OSIS. Pada projek ini peserta didik diarahkan untuk dapat mengerti setiap tahapan proses pemilihan sesungguhnya. Peserta didik mengambil peran masing-masing baik sebagai pemilih, sebagai penyelenggara pemilihan sampai pada pengawasan pemilihan. Ini salah satu contoh penerapan P5 di SMAN 1 Tebing Tinggi Barat,” tutup Rizki.***

Laporan : Dwiki



Berita Terkait +

2 Anggota DPRD Siak Ini Kunjungi SPBU 40 Minas, Tinjau Kesiapan Hadapi Pandemi Covid-19

Peringati HUT Bhayangkara ke 76, Porbi Riau Gelar Safari Berburu Babi di Desa Bukit Ranah

Skrining Ketat, GP Ansor Vaksinasi Santri Ponpes Daturrahman Ukui

Rutin Ajak Warga Binaan Agar Peduli Kebersihan Lingkungan & Kesehatan, Serma Edy S Lakukan Komsos di Kampung Pinang Sebatang

DPRD Komisi IV Kabupaten Siak Kunjungan Kerja Ke PT AIP Sektor Teluk Siak Estate Perawang.

PT Pelindo Regional 1 Cabang Dumai Turunkan Alat Dan Team Goro

Pj Bupati Kampar Bersama Pengurus AKAPSI RI Diterima Langsung Menko Marves LBP

Lantik 88 Orang Pejabat, Husni: Jangan Anggap Remeh Data, Kami Akan Nilai Kinerja Anda Melalui Data

Iptu D.A Simangunsong Hari Ini Pimpin Giat Ops Supervisi di Wilkum Polsek Minas

Buka MTQ Siak Ke 19, Bupati Alfedri Sampaikan Kemajuan Perolehan Zakat Di Siak

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Diantar Ulama dan Ratusan Massa, Dr.Afni Mendaftar ke PKB Siak

2

Siapkan Doorprize, Kapolres Inhu Ajak Masyarakat Nobar Laga Semifinal Timnas

3

Wabup Rohul Hadiri Penutupan MTQ Ke 42 Provinsi Riau Di Kota Dumai

4

Buka Acara Seminar, Ini Pesan Indra Gunawan Kepada Kader Untuk Pilkada Siak Mendatang

5

Kampar Expo 2024, Ajang Edukasi Industri Migas untuk Masyarakat dan Pelajar Riau

6

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau