PLT Kapolsek Minas Lakukan Pengecekan Dua Unit Rumah Warga Yang Diserang Kawanan Gajah Liar 

Rabu, 08 Maret 2023 - 18:25:17 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Pelaksana Tugas (PLT) Kapolsek Minas AKP RE Sitorus beserta sejumlah personilnya dan pihak satpol PP Kecamatan Minas serta Kasi Trantib Kecamatan Minas Ramli, mereka melakukan pengecekan tempat kejadian peristiwa (TKP) penyerangan Gajah liar terhadap dua unit rumah milik warga masyarakat diseputaran Jalan Yos Sudarso Gang Alam Indah Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas Kabupaten Siak, Riau, Rabu (08/03/2023) sekira pukul 11.00 WIB.


Dijelaskan AKP RE Sitorus, kejadian penyerangan dua unit rumah warga ini terjadi pada hari Rabu (08/03/2023) sekira pukul 02.00 WIB dinihari.


"Saat itu korban sedang istrahat tidur bersama keluarga, tiba-tiba mendengar ada guncangan atau getaran yang kuat mendekati rumah korban dan tidak lama kemudian korban mendengar dinding dapur rumah korban yang terbuat dari papan tiba-tiba didorong dan dihancurkan," kata PLT Kapolsek Minas mengisahkan.

Kemudian lanjut dia, mendengar hal itu korban terbangun dari tempat tidur dan melihat bahwa ada sekumpulan gajah liar yang berjumlah kurang lebih sebanyak 12 ekor dengan membawa anak sedang menghancurkan dinding dapur rumah korban dan setelah dinding dapur hancur, kumpulan gajah tersebut mengambil makanan berupa nasi yang ada didapur.

"Tak hanya itu, kawan Gajah liar juga melahap Garam, minyak goreng dan barang sembako lainnya serta menyerakkan barang-barang yang ada didapur korban," ulasnya.


Melihat kejadian itu terang AKP RE Sitorus, korban lansung lari kedalam kamar dan memeluk anaknya yang sedang tidur dan diam didalam kamar, dan setelah setengah jam kemudian kumpulan gajah itu pun pergi dan meninggalkan rumah korban yang bernama ARMAYANTI dan datang ke arah rumah korban kedua atas nama RATMI, dan juga mendorong serta menumbangkan tiang dapur rumah Ratmi sehingga tiang dan dinding dapur rumah Ratmi hancur dan miring.

"Dan setelah 10 menit kemudian kumpulan gajah liar tersebut pergi dan meninggalkan pemukiman rumah masyarakat kearah kebun sawit yang terletak dibelakang rumah korban," katanya.

Kemudian terang PLT Kapolsek, atas kejadian tersebut masyarakat sekitar langsung menghubungi Bhabinkamtibmas Kelurahan Minas Jaya selanjutnya Bhabinkamtibmas langsung melaporkan kejadian tersebut kepada PLT Kapolsek Minas.

"Mendapatkan informasi ini kita langsung melakukan pengecekan terhadap tempat lokasi penyerangan gajah tersebut, dan melihat bahwa dinding dapur rumah Korban telah pecah, tumbang serta barang-barang sembako berserakan didapur yang dihancurkan kawanan Gajah tersebut," ungkapnya.

Dengan adanya peristiwa itu terang PLT Kapolsek, saat ini kondisi korban masih dalam ketakutan dan trauma, dan untuk dapur masak korban saat ini tidak ada dan membuat dapur darurat didepan rumah korban.

"Kami juga telah melakukan kordinasi dengan pihak BBKSDA dan Tahura Minas yaitu kepada Bapak Bebas Subakti, mengenai kejadian serangan gajah liar terhadap warga masyarakat kita ini, dan menerangkan bahwa kejadian tersebut telah kami sampaikan kepada pihak BBKSDA bagian PLG (Pusat Pelatihan Gajah) Minas yakni bapak Widodo untuk menindak lanjuti kejadian yg telah terjadi ini," kata Kapolsek.


Menurut PLT Kapolsek saat ini pihak BBKSDA telah memerintahkan Pihak PLG Minas turun untuk penanganan dan menindak lanjuti terhadap kejadian gajah liar tersebut, "dan akan melakukan penghalauan atau penggiringan terhadap gajah liar tersebut untuk masuk kedalam areal hutan Tahura dan menjahui pemukiman masyarakat." Tutupnya.***


Laporan : Idris Harahap

Editor : Redaksi 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex