Peringati Isra'Mi'raj 1444 Hijriah, SDN 06 Rantau Bertuah Gelar Lomba Sholat Berjamaah & Lomba Lainnya 

Rabu, 08 Maret 2023 - 09:29:32 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.COM | Dalam rangka memperingati Isra' Mi'raj 1444 Hijriyah atau 2023 Masehi, keluarga besar Sekolah Dasar Negeri (SDN) 06 Rantau Bertuah, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, pada Sabtu (04/03/2023) kemarin menggelar kegiatan ragam lomba. Yakni berupa lomba melaksanakan ibadah sehari-hari yang diwajibkan khususnya bagi ummat Islam.

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Elyarozi, SPd,SD, selaku kepala SDN 06 Rantau Bertuah, dijelaskan dia bahwa biasanya kegiatan Isra'Mi'raj ini hanya dilakukan dengan kegiatan ceramah. Namun, untuk kali ini pihaknya sengaja melakukannya dengan menggelar ragam perlombaan.

"Kali ini kita buat berbeda, seperti lomba Sholat lima waktu, lomba azan dan cara mengambil air wudhu serta membaca ayat pendek," kata Elyarozi, SPd,SD, kepada Wartawan media ini, Rabu (08/03/2023) pagi.

Dijelaskannya, adapun untuk anak kelas 1 sampai kelas 3, jenis perlombaan yang dibuat berupa lomba mengambil air wudhu dan membaca ayat-ayat pendek. Sementara untuk anak kelas 4 samapi kelas 6 pihaknya mengadakan lomba adzan dan lomba sholat berjamaah.

"Dalam hal ini seluruh anak khususnya yang beragama Islam wajib mengikuti kegiatan lomba ini, jadi tidak dipilih-pilih anaknya," katanya.

Elyarozi, SPd,SD, juga menjelaskan adapun tujuan dari perlombaan ini digelar bahwa pihaknya ingin memperhatikan konsentrasi anak saat melakukan sholat, sebab menurutnya terkadang anak-anak suka bermain-main saat melakukan sholat, seperti garuk-garuk dan lain sebagainya.

"Jadi penilaiannya untuk lomba sholat berjamaah ini adalah konsentrasi anak saat melakukan sholat berjamaah. Kemudian agar anak-anak lebih disiplin dan tidak membiasakan meninggalkan sholat lima waktu," imbuhnya.

Disinggung apakah ada ditemui anak-anak yang merasa kesulitan untuk melakukan lomba, ia mengatakan bahwa perlombaan yang digelar itu semua sudah diajarkan dalam materi pelajaran khususnya pendidikan agama Islam, sehingga tidak ada anak-anak yang kesulitan melakukannya.

"Namun dalam hal ini kita ingin anak itu lebih disiplin lagi dalam melakukan kewajiban beribadah sebagai seorang muslim, agar tepat waktu dan tidak bermain-main saat melaksanakannya. Jadi kita berharap, dengan adanya lomba ini anak-anak juga bisa lebih banyak menghafal ayat-ayat pendek, agar ketika sholat tidak fokus kepada satu atau dua ayat saja. Kemudian dengan lomba ini kedepannya anak-anak ini bisa lebih berani menjadi Imam sholat, sebabkan, lumrahnya sifat anak-anak ini mereka kan ada malu-malunya, jadi dengan lomba ini kita berharap anak-anak jadi timbul rasa percaya diri untuk menjadi imam dalam sholat. itu harapan dan tujuan kita khususnya dalam lomba sholat berjamaah ini," terangnya.

Lanjutnya,"kedepan kegiatan ini akan kita lakukan berkesinambungan, dan kegiatannya akan kita buat lebih bervariasi lagi, rencananya seperti itu. Dan akan kita jadikan program agenda tahunan." Tutupnya.****

 

Penulis : Idris Harahap 
 

 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex