Serma Muhammad Nasir Lakukan Sosialisasi Penerimaan Komcad Bagi Masyarakat Kecamatan Minas 

Ahad, 29 Januari 2023 - 10:34:58 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Bati Tuud Koramil 03/Minas, Kodim 0322 /Siak Serma Muhammad Nasir melaksanakan kegiatan sosialisasi pendaftaran komponen cadangan (Komcad) terhadap masyarakat yang berminat ingin mendaftar di pasar Minas, Kelurahan Minas Jaya, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Ahad (29/01/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

"Sasaran dalam sosialisasi ini antar lain yakni OM Security PT. ABB Bapak Afrizal, agar beliau bisa menyampaikan pembukaan Komcad kepada Anggota Security PT. ABB," kata Serma Muhammad Nasir.

Selain itu lanjut dia, ia juga mensosialisasikan hal ini terhadap Ketua Pemuda Pancasila (PP) Kecamatan Minas Elton Siregar.

"Hal ini kita sampaikan kepada ketua pemuda, agar masyarakat dan Pemuda Pancasila serta masyarakat Minas dapat mengetahui ada pembukaan Komcad dari kementerian pertahanan," imbuhnya.

Selain menosialisasi pendaftaran, ia juga melakukan penempelan Brosur Komcad di warung-warung yang kerap ditongkrongi masyarakat.
 

"Dalam hal ini kita mendorong para Pemuda agar lebih termotivasi untuk ikut serta dalam seleksi penerimaan Komcad. Sebab memberikan wawasan bahwa mengikuti Komcad merupakan salah satu bentuk pengabdian bela Negara," pungkasnya.

Apa itu Komcad?

Dikutip dari laman resmi Kemenhan, berdasarkan UU Nomor 23 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sumber Daya Nasional Untuk Pertahanan Negara, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan komponen utama, yaitu TNI.

Komcad terbagi menjadi empat, yaitu Komcad sumber daya manusia (SDM), Komcad sumber daya alam, Komcad sumber daya buatan dan Komcad sarana dan prasarana.

Semuanya dipersiapkan untuk bisa dimanfaatkan ketika negara dalam kondisi darurat militer atau bencana alam.

Mobilisasi Komcad hanya bisa dilakukan oleh Presiden atas persetujuan DPR RI untuk kepentingan pertahanan negara.***


Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex