Bupati Rohul Secara Resmi Launching Aplikasi E-Bangkit  

Sabtu, 26 November 2022 - 10:45:52 WIB
Share Tweet Google +

ROHUL, CATATANRIAU.com | Untuk mempermudah mengakses data kemiskinan secara terdigitalisi, Bappeda Rohul membuat terobosan membuat Aplikasi E-Bangkit (Pengembangan Penanganan Kemiskinan Terpadu).

Aplikasi E-Bangkit ini secara resmi di Launching oleh Bupati Rokan Hulu H. Sukiman di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Komplek Pemda Pasir Pengaraian, Jumat (25/11/2022)

Aplikasi E-Bangkit ini nantinya menjadi solusi dalam menyelesaikan permasalahan akurasi data kemiskinan yang saat ini kita hadapi. Aplikasi ini mampu menyediakan data kemiskinan dan kemiskinan ekstrim secara lengkap, akurat, mudah diakses serta dapat diperbarui secara berkala.

Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengapresiasi Bappeda Kabupaten Rokan Hulu yang berinisiatif dan inovatif yang telah membuat aplikasi dalam usaha menciptakan inovasi dan kegiatan dalam hal penanggulangan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim di Negeri Seribu Suluk.

"Dengan membangun Aplikasi E-Bangkit, kita dapat mengendalikan dan mengupdate data kemiskinan terpadu di Rohul," jelasnya.

"Aplikasi ini juga mampu mengidentifikasi apakah masyarakat miskin sudah terlayani dan sudah dapat akses pendidikan, kesehatan, air bersih, rumah yang layak huni dan semua kebutuhan dasar lainnya," tambah Bupati.

Setelah data-data kemiskinan dan kemiskinan ekstrim berhasil di validasi, Lanjut Bupati, Pemerintah bisa menentukan langkah selanjutnya untuk penanganan terhadap penduduk miskin yang benar-benar tepat sasaran.

Salah satunya seperti penyerahan bantuan yang berasal dari zakat produktif yang telah dikumpulkan baznas Rokan Hulu dan penyerahan bantuan bahan makanan bagi masyarakat terdampak inflasi.

"Kita berharap apa yang kita laksanakan pada hari ini berjalan sesuai harapan dan menjadi solusi yang terbaik bagi upaya percepatan penanggulangan kemiskinan dan kemiskinan ekstrim di Kabupaten Rokan Hulu," harap Bupati Sukiman

Sementara itu, Kepala Bappeda Rohul, Drs Yusmar M.Si mengatakan, tingkat kemiskinan di Negeri Seribu Suluk mengalami penurunan dari tahun-tahun sebelumnya yakni hingga 10,40 persen pada tahun 2021.

"Adapun Output dari aplikasi E-Bangkit ini yakni, tepat data, tepat orang dan tepat pada hasilnya," jelasnya

Diakui Yusmar, aplikasi ini nantinya dapat dipergunakan oleh Dinas-dinas terkait seperti Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsos P3A) Rohul maupun Baznas guna menanggulangi kemiskinan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu.

Turut hadir dalam launching Aplikasi E-Bangkit, Wakil Bupati Rokan Hulu, H Indra Gunawan, Kepala Bapedda Rohul, Yusmar M.Si, Kepala Diskominfo Rohul, H Syofwan S.Sos, Ketua Baznas Rohul Baihaqi Adhduha, Kadis Sosial P3A Rohul H. Damri Poti S.Sos M.AP dan beberapa kepala OPD di Lingkungan Pemkab Rohul***(E.S.Nst)


(MCDiskominforohul/Hen)



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex