Perdana! Sejak 17 Tahun Berdiri, SMPN 4 Minas Gelar Peringatan HUT Dengan Ragam Perlombaan Antar Sekolah dan Meriah 

Kamis, 13 Oktober 2022 - 14:36:39 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Keluarga besar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Minas, untuk pertama kalinya sejak sekolah itu diresmikan pada 17 tahun silam, yakni pada tanggal 13 Oktober tahun 2005, hari ini Kamis (13/10/2022), pihak sekolah tersebut merayakan peringatan hari ulangtahun (HUT) yang ke-17.

Perayaan ulangtahun sekolah yang diselenggarakan dilingkungan sekolah itu tampak dibuka dengan tari persembahan adat Melayu dan pembacaan ayat suci Al-Quran, serta menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Kegiatan itu juga tampak dihadiri langsung oleh PLT Camat Minas Muhammad Darwis S Sos, Kepala Bidang (Kabid) SMP Disdikbud Siak Fahrurrozi MPd, Kabid Pustaka Syafrijaldi SPd M.Sn, Kepala Korwilcam Minas Disdikbud Siak Asmuni Samsir MPd, Kapolsek Minas diwakili, Danramil Minas diwakili, beserta seluruh kepala sekolah se-Kecamatan Minas dan sejumlah mantan pengajar dan mantan Kepala sekolah di SMP 4 Minas, para wali murid dan sejumlah tokoh masyarakat di Kampung Minas Timur.

Ayusman selaku ketua panitia penyelenggara menerangkan, dalam giat ini pihaknya juga mengadakan ragam perlombaan untuk peserta didik dari tingkat SD hingga SMP yang ada di Kecamatan Minas.

"Seperti lomba antar SD se-Kecamatan Minas, ada lomba bola polly putra, lomba catur, lomba puisi, lomba Tahfiz Qur'an, kemudian poster dan solo song. Sementara untuk antar guru kita juga mengadakan lomba, seperti catur, lomba mengajar dan solo song," kata Ayusman.

Ia juga menjelaskan, ide perayaan HUT sekolah tersebut digagas oleh Kepala sekolah Noviana SP MPd, sebab sebelumnya kata dia, sekolah tersebut belum pernah merayakan hari ulang tahun sejak berdirinya sekolah itu.

"Jadi, ini perdana dirayakan. Kegiatan ini didukung oleh semua majelis guru, komite sekolah dan para wali murid," bebernya.

Sementara itu Noviana SP MPd dalam sambutannya mengisahkan bahwa, awal mula sekolah itu berdiri dimulai dari sekolah yayasan dan menjadi kelas jauh SMPN 1 Minas, hingga pada tanggal 13 Oktober 2005 silam sekolah tersebut diresmikan menjadi SMPN 4 Minas.

"Dalam hal ini kita tentunya tak lupa menyampaikan terimakasih yang tak terhingga kepada seluruh pendahulu sekolah ini, sebab tanpa jasa mereka SMPN 4 Minas ini tentu tidak akan sebaik saat ini," kata Noviana SP MPd dalam sambutannya.

Ia pun berharap atas apa yang telah dilaksanakan oleh pihaknya dalam perayaan HUT sekolah tersebut kiranya mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Berikut sejumlah sponsor yang ikut berpartisipasi dalam memeriahkan HUT SMPN 4 Minas : 

1. PT. Aneka Mineralindo Sukses - Pekanbaru

2. PT. Aneka Tambang Mineralindo - Pekanbaru.

3. PT. Inti Teknosarana Bangun - Inhu

4. PT. Usul Tambang Mandiri - Inhu

5. Unggul Putra Nusatama - Kampar

6. PT. Diva Laju Sukses Gemilang - Rohul

7. PT. Ikram Putra Mulia - Rohul

8. PT. Energi Surya Prima - Bengkalis

9. CV. Gagas Gemilang - Kuansing

10. CV. Usaha Guna Mandiri - Kampar

11. PT. Bank Riau Syariah 

"Tak lupa kami juga mengucapkan terimakasih kepada beberapa sponsor kami yang telah berpartisipasi dalam membantu memeriahkan acara ini, mudah-mudahan nanti Allah yang akan membalas semua apa yang telah diberikan oleh pihak sponsor kepada kami, seperti pihak Bank Riau mereka memberikan bantuan hadiah berupa barang," katanya.

Adapun PLT Camat Minas Muhammad Darwis S Sos, dalam sambutannya ia mengucapkan Tahniah Hari Jadi SMPN 4 Minas ke-17, "mudah-mudahan dengan usianya yang ke-17 ini, bisa membantu prestasi pendidikan di Kecamatan Minas untuk lebih baik lagi," imbuhnya.

Diakhir Fahrurrozi MPd selaku Kabid SMP Disdikbud Siak dalam sambutannya ia juga mengucapkan selamat hari jadi SMPN 4 Minas. Terlebih menurutnya dengan usia 17 tahun sekolah tersebut sudah dapat dikatakan sebagai sekolah yang telah baligh, oleh karena itu diharapkan agar sekolah tersebut bisa lebih mantap dalam menata pendidikan, sebab telah memiliki usia yang telah matang.

"Semoga SMPN 4 Minas ini bisa lebih matang dengan usianya yang telah 17 tahun," imbuhnya.

Fahrurrozi mengatakan, menurutnya hingga saat ini Bupati Siak Drs H Alfedri MSI melalui Dinas Pendidikan sangat perhatian terhadap pendidikan khususnya di Kecamatan Minas. 

"Kita bisa lihat dari sisi pembangunan untuk pendidikan, beberapa tahun ini sudah banayak sekolah yang direhab bahkan ada di Minas asal yang dibangun baru yang kualitasnya jauh lebih baik dari sekolah di kota, padahal Minas asal itu berada di pedalaman sebab pak Bupati sangat perhatian juga didaerah terpencil," katanya.

Diakhir, kegiatan itu tampak dilanjutkan dengan melihat sejumlah stand bazar yang diadakan oleh pihak SMPN 4 Minas. Terlihat PLT Camat Minas Muhammad Darwis, ia membeli salah satu produk UMKM berupa keripik rengginang dan keripik pisang saat melakukan peninjauan stand bazar tersebut.

Dalam hal ini pihak SMPN 4 Minas juga mengucapkan terimakasih kepada sejumlah pihak yang telah mengirimkan karangan bunga ucapan HUT Sekolah Tersebut, diantaranya : 

1. Bapak Akmal Abbas SH. MH Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau

2. Bapak Ismon, ST Kabid Minerba Dinas ESDM Provinsi Riau

3. Bapak Embiyarman, SHut. MP Kabid Dinas Lingkungan hidup Provinsi Riau

4. Assosiasi Perusahaan Tambang Riau.

5. 10 PT dan CV Perusahaan tambang di Provinsi Riau.

6. PT Bank Riau Syariah

7. SMPN 2 Minas.***


Laporan : Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex