Berikan Pembelajaran Demokrasi Sejak Dini, SMPN 4 Minas Gelar Pemilihan OSIS Secara Demokrasi 

Jumat, 23 September 2022 - 13:37:08 WIB
Share Tweet Google +

SIAK, CATATANRIAU.com | Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 4 Minas menggelar kegiatan pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS untuk masa bakti 2022 - 2023, Jumat pagi (23/09/2022).

Kegiatan pemilihan yang dibuka langsung oleh Kepala Korwilcam Minas Disdikbud Siak Asmuni Samsir MPd didampingi Kepala SMPN 4 Noviana SP MPd, dan Ketua Komite Sekolah Chairul,  diselenggarakan secara demokrasi menyerupai pemilu pada umumnya yakni dengan menggunakan tim Komisi Pemilihan Osis (KPO), KPPS, dan Pemantau Pemilu. 

Kegiatan itu sendiri menggandeng tema "dengan pemilihan Osis kita terapkan hidup berdemokrasi dilingkungan sekolah" pemilih cerdas pemilih jujur.

Ada tiga pasangan calon OSIS yang dipilih dalam pemilu osis kali ini diantaranya : 

1. Suci Indah Sari dan Ivania Graysela 

2. Chairul Amri dan Devli 

3. Atika Meysa dan Finza Al Hafiz.

"Memang dalam prosesnya seperti inilah sebenarnya, dilakukan secara demokrasi. Jadi disini kita mendidik dan melatih anak-anak kita cara berdemokrasi dalam memilih pemimpin. Jadi, OSIS ini ditunjuk secara langsung oleh seluruh siswa-siswi di sekolah ini, sistemnya tidak menggunakan pemilihan perawakilan dari masing-masing kelas seperti dahulu, sekarang sudah berbeda kita betul-betul mengarahkan anak-anak kita kepada sistem demokrasi yang dilakukan secara terbuka," kata Asmuni Samsir, MPd ketika diwawancarai wartawan.

Asmuni pun berharap, agar kiranya sistem pemilihan Osis secara demokrasi yang dilakukan tersebut kedepan akan terus dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar lebih baik lagi, "itu harapan kita," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 4 Minas Noviana SP MPd, ia menjelaskan sistem demokrasi dalam pemilu osis tersebut sengaja dilakukan guna memberikan pembelajaran sejak dini mengenai sistem demokrasi kepada siswa siswi di sekolah itu.

"Disini kita mempersiapkan siswa agar mereka nanti ketika telah bisa menjadi pemilih maka mereka pun sudah tahu tata cara melakukan Pemilu itu sendiri," kata Noviana SP MPd.

Noviana juga menjelaskan bahwa, kegiatan ini dilakukan sebab merupakan salah satu Projects Profil Pancasila di sekolah itu, yakni berupa Demokrasi Pancasila pemilihan ketua OSIS.

"Sebeb dalam kurikulum merdeka belajar ada beberapa projects, nah inilah salah satunya. Jadi kemungkinan untuk semester depan kita adalagi projects yang tentunya berbeda dengan ini, yaitu kearifan lokal. Nah, kearifan lokal ini kita nanti bisa memilih apa potensi yang ada di kampung Minas Timur ini yang akan kita angkat. Bisa berupa seni, produksi, pangan dan lain sebagainya," kata Novi.

Dalam hal ini terang dia, pihaknya sengaja melibatkan peran orangtua dengan selalu menghadirkan wali murid disetiap kegiatan yang mereka taja.

"Sebelum kegiatan digelar, kami sudah mengadakan sosialisasi dengan seluruh orang tua siswa, tujuannya agar mereka juga tahu di sekolah ada beberapa program yang akan dilaksanakan. Dan tentu ini membutuhkan kerjasama keterlibatan orang tua murid," ujarnya.

Noviana juga menjelaskan bahwa didalam suara demokrasi yang mana terkait didalamnya lintas disiplin ilmu 5 mata pelajaran yaitu PKN, Matematika, Senibudaya, IPS dan Bahasa Indonesia.

"Dari kelima mata pelajaran ini kita memberikan materinya terlebih dahulu sejak bulan Juli hingga saat ini. Jadi anak-anak sudah dibekali dengan ilmunya sebelum mereka melaksanakan ini, sehingga inilah aksi nyata dari lima orang guru mata pelajaran yang terlibat langsung," urainya.

Sementara itu ketua Komite Sekolah Chairul, dalam kesempatan serupa ia pun ikut menyampaikan bahwa pihaknya selaku perwakilan orangtua murid sangat menyambut baik adanya kegiatan tersebut, yang mana menurutnya hal itu bisa menjadikan anak-anak lebih dewasa.

"Sebab lima tahun kedepan, anak-anak ini mereka sudah bisa mengikuti pemilihan kepala daerah maupun pemilihan secara nasional. Jadi kami selaku tokoh masyarakat juga tentunya sangat mengapresiasi adanya hal ini, mudah-mudahan kedepannya anak-anak ketika melakukan pemilu mereka tidak canggung lagi melakukannya sebab telah mengetahui tata caranya." Pungkasnya.

Sementara itu dapat kami informasikan, berdasarkan pantauan di lokasi pemilu osis, terjadi persaingan suara antara pasangan calon (Paslon) OSIS nomor urut 2 dan 3 dengan selisih 12 suara, dan akhirnya dimenangkan oleh Paslon OSIS nomor urut 3 dengan perolehan 83 suara. Berikut perolehan suaranya dari masing-masing Paslon OSIS.

Nomor urut 1  mendapatkan 45 suara

Nomor urut 2 mendapatkan 71 suara

Nomor urut 3 mendapatkan 83 suara

Dari total pemilih berjumlah 199 terdiri dari 167 siswa siswi 28 Guru dan Tenaga Pendidik SMP Negeri 4 Minas serta orangtua 3 dan Korwil 1.***


Penulis: Idris Harahap 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex