MENU TUTUP

Aplikasi Laporan Keuangan Permudah Pengusaha Baru di Siak

Rabu, 08 Agustus 2018 | 22:56:55 WIB Dibaca : 3139 Kali
Aplikasi Laporan Keuangan Permudah Pengusaha Baru di Siak

Salah satu cara untuk meningkatkan jumlah usaha kabupaten Siak adalah dengan meningkatkan sektor kewirausahaan, sehingga banyak muncul pengusaha – pengusaha baru yang handal dan potensial.


Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Kemenkop dan UKM Mohamad Nurul Rahman mengatakan, pelaku usaha di Siak ini sudah cukup baik, tinggal diberi bimbingan dan polesan sedikit saja.


"Dari sejumlah produk yang dipamerkan sudah cukup baik, hanya saja kemasannya yang harus diperbaiki agar lebih menarik," katanya di hotel grand royal, Rabu (8/8/18) pagi.


Ia datang jauh-jauh diundang dari Jakarta untuk memberikan pelatihan aplikasi berupa laporan keuangan untuk memudahkan masyarakat, terutama pelaku usaha kecil dan pengusaha pemula dalam membuat laporan keuangan. 


“Laporan keuangan ini standar laporan keuangan kebanyakan. Di dalam situs program Lamikro ini, masyarakat pun diberikan kesempatan untuk bertanya secara online apa yang jadi kebutuhannya," ujar pria yang memakai tanjak itu.


Aplikasi Lamikro ini, kata Anang sapaan akrabnya, ditujukan bagi pelaku usaha mikro atau wirausaha pemula agar memiliki laporan keuangan secara baik dan tertib administrasi. Menurutnya, selama ini pelaku usaha mikro belum memiliki tata kelola administrasi maupun laporan keuangan yang baik.


“Para pelaku wirausaha itu kebanyakan tidak bisa mengitung rugi dan labanya, pengeluaran, dan arus kasnya. Dengan aplikasi Lamikro semuanya bisa jelas,” sebutnya di hadapan 75 orang pelaku usaha pemula se kabupaten Siak.


Aplikasi lamikro dapat diunduh melalui smartphone dengan sistem operasi Android. Penggunaan aplikasi laporan keuangan ini sangat diperlukan bagi UKM agar memiliki laporan keuangan yang akuntabel dan dapat menunjang pengembangan usahanya. 


Selain itu Dinas Koperasi dan UMKM kabupaten Siak bersama Kemenkop dan UKM berupaya untuk memfasilitasi hak merek dari pelaku UKM di kabupaten Siak. Dan beberapa waktu yang lalu telah memberikan dana hibah bagi pelaku UKM kabupaten Siak sebesar 10 sampai 13 juta rupiah.


Sementara salah seorang pelaku usaha mikro Siomay Azka, bernama Lience Dee Kalalo mengatakan, aplikasi tersebut sangat bermanfaat untuk mengatur pembukuan, efisien, tidak perlu buka laptop, dan cukup lewat handphone.


Aplikasi ini bisa diakses lewat HP, kemudian tinggal isi kolom tanpa harus menghitung sendiri, jadi  saya jadi tidak malas-malasan lagi membuat pembukuan. Sangat mudah mengaksesnya,” tukas ibu 3 anak itu.


Perempuan kelahiran Bogor 9 September 1978 mengisahkan awal usahanya dengan modal kecil tapi bisa diolah setiap hari. Akhirnya dicoba membuat siomay dengan bahan daging ayam yang dirintisnya sejak 2,5 tahun yang lalu.



Berita Terkait +

Banjir Akibat Curah Hujan Tinggi, Petani Sayur Kelurahan Bagan Keladi Kota Dumai Merugi

Harga Sawit Di Pujud Anjlok Rp 700 Per Kilogram

Cendrung Meningkat, Ini Daftar Harga Bahan Olahan Karet Masyarakat Pekan Ini

Hampir Setahun Kasasi Ditolak, Raja Thamris

Akibat Merebaknya Penyebaran Covid-19 Permintaan CPO Jadi Menurun

DKUKMPP: Kebersamaan Jaga Harga Bapokmas Berharap CSR Perusahaan Untuk Operasi Pasar

Pekan Ini Harga TBS Sawit Turun Menjadi Rp1.550,34 per Kg

LIPI nilai Kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah

Selisih Harga TBS, Petani Resah, Hendri Pangaribuan SH M.IP Angkat Bicara

Harga TBS Sawit Wilayah Riau, Pekan Ini Akan Turun Rp 12,64 Per Kg

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Kepada Para Tahanan

4

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Gratis

5

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

6

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam