MENU TUTUP

Asyiknya Camp fun with Sekolah Alam Tahfiz Quran Tembilahan. ( 4-5 Februari 2022. )

Jumat, 04 Februari 2022 | 17:08:19 WIB Dibaca : 2956 Kali
Asyiknya Camp fun with Sekolah Alam Tahfiz Quran Tembilahan. ( 4-5 Februari 2022. )

INHIL, CATATANRIAU.com | Sekolah alam tahfiz quran tembilahan memiliki berbagai program dalam semester genap tahun 2022  ini. Salah satunya adalah camp fun dengan Tema"  Melatih soft Skill dan Jelajah Kampung " Yakni dua program yg dipadukan dalam satu kegiatan.  Selain kegiatan berkemah juga melatih skill kemandirian anak dalam memenuhi kebutuhan mereka saat camping. Jika dirumah anak biasa hidup dengan bantuan orang tua mereka,.. Nah... Saat camping ini anak dilatih masak,  tidur, dan berkegiatan tanpa bantuan orang tua mereka. 
Sekolah ???????? Alam Tahfiz Quran tembilahan
Dalam dalam tujuannya utamanya menselaras dengan tujuan Allah menciptakan manusia, yaitu melahirkan khalifatullah fil ardh. Seperti yang kita tahu, untuk menjadi khalifatullah fil ardh, maka seseorang harus tahu bagaimana cara dia tunduk kepada Allah, bagaimana dia mengelola alam semesta yang sama-sama tunduk kepada Allah. Berkemah adalah salah satu bagian bagaimana kita bisa mengenal dan meng edukasi alam semesta kepada siswa- siswi sekolah alam. 

 

Ada satu hal yg penting bagi sekolah alam, acara berkemah kita konsep dengan islami dengan tautan sholat malam atau quyamulai,  tilawah bersama, taujih dan malam muhasabah bersama ayah bunda orang tua wali muridnya. Ini selain menjalin kedekatan dengan anak anak dan ort juga agar ada sinergitas antara pihak sekolah atau guru di sekolah. Walaupun berkemah, Kita berharap walaupun mereka sibuk dalam kegiatannya, kotor kotoran ( becek) dalam aktivitas berkemah, dan asyik dengan permainan serta games autbondnya namun sholat dan ibadah lainnya harus tetap mereka prioritaskan. Ini adalah wujud latihan dan open mind kepada anak-anak agar mereka lebih, Mengutamakan Allah SWT diatas segalanya.  Jangan sampai anak2 kita lalai akibat aktivitas dunianya sehingga ibadah wajib mereka lupakan. 

 

Ka yayasan, Juanda, MT menyampaikan kepada catatanriau.com bahwa kegiatan ini dapat: 
1.bisa melatih ketahanan fisik anak

 

Peserta didik yang masih anak-anak memiliki ketahanan fisik yang tidak sebaik orang dewasa. Bisa dibilang, anak kecil lebih rentan dengan udara luar. Namun menurut penelitian mengungkapkan bahwa udara dingin/panas tidak akan membuat anak sakit atau terkena flu.

 

Malahan, anak yang sering diajak untuk camping dan bertemu dengan udara luar akan membuat fisik mereka bekerja dengan maksimal. Sehingga jika anak dibiasakan camping maka ketahanan fisik mereka akan semakin baik.

 

2. Selain itu, kegiatan outdoor ini bisa membuat anak menjadi lebih percaya diri

 

Setiap anak memiliki sifat yang berbeda-beda, ada yang pendiam dan juga ada yang pemberani. Jika ada yang pendiam, cobalah bawa untuk camping.

 

Saat camping, otomatis mengenalkan lingkungan baru kepada anak, dengan begini anak pasti merasa ingin tahu akan lingkungan baru ini. Jika sudah begini, mereka pasti akan bertanya ini dan itu, mungkin juga malah mengajak berkeliling karena ingin mengenal lingkungan yang menurutnya baru. Secara tidak langsung, anak belajar menjadi lebih percaya diri dengan camping.

 

3. Mengajak anak berkegiatan di luar ruangan akan membuat anak terbiasa jauh dari gadget dan teknologi

 

Zaman sekarang, setiap orang di bumi ini tak pernah bisa lepas dengan teknologi, mulai dari TV, smartphone, dan tablet! Bahkan anak umur 3 tahun pun sudah dikenalkan gadget oleh orang tuanya.

 

Jika membiasakan diri untuk mengajak anak untuk camping dan tinggal jauh dari teknologi, mereka pasti bisa terbiasa hidup tanpa gadget (tidak ketergantungan dengan gadget).

 

4. Yang tak kalah penting, kegiatan ini mengajak anak untuk belajar bersosialisasi dengan orang lain

 

Kehidupan anak pasti nggak jauh dari bangun tidur, sekolah, les, makan malam, dan tidur, semua kegiatan harian selalu runtut seperti itu. Kadang, hal ini membuat anak berpikir kalau hidup mereka hanyalah untuk melakukan hal-hal itu saja.

 

Coba deh sesekali ajak anak untuk camping dan bertemu dengan orang-orang baru di luar sana. Dengan bertemu dengan orang baru saat berkemah, mereka akan otomatis belajar mengenal hal baru dan mau nggak mau pasti membuat mereka bersosialisasi dengan orang baru (camper lainnya).

 

5. camping akan membiasakan anak bermain dengan alam

 

Memutuskan untuk camping berarti mengajak anak-anak untuk bertemu langsung dengan alam. Jika sudah begini, anak akan otomatis berkenalan dengan alam. Jika sudah terbiasa, mereka pasti akan interest dengan berbagai hal tentang alam.

 

Kebanyakan anak yang sering beremu alam biasanya menjadi anak yang sensitif terhadap sesuatu yang berhubungan dengan isu lingkungan. Orang tua pasti akan merasa bangga jika melihat anak berubah menjadi anak yang peduli dan cinta dengan lingkungan, bukan?

 

6. Ciptakan kenangan yang tak terlupakan dengan melakukan hal-hal seru saat camping.

 

Bicara tentang camping berarti bicara tentang kenangan indah. Itu yang saya rasakan ketika camping. Jika masih bingung bagaimana cara membuat kenangan indah ketika camping, caranya hanya perlu bawa peralatan memasak, alat musik, dan senyum yang lebar.

 

Ajak anak memasak makanan kesukaan mereka ketika camping, mereka pasti akan sangat antusias dan bahagia. Lalu ajak mereka menyanyi dan menari lagu ‘bintang kecil’ atau lagu kesukaan mereka. Cukup mudah membuat kenangan indah bersama anak ketika camping. 

 

7. Camping bisa membuat si anak menjadi lebih aktif 

 

Berada di luar ruangan akan membuat anak bebas melakukan sesuatu. Hal ini tentu akan membuat anak lebih aktif dan bersemangat.

 

Ditambah lagi jika membawa anak untuk camping di tempat baru, mereka pasti akan senang dan ogah bermalas-malasan atau tidur di tenda karena ada spot menarik yang harus dijelajahi yang tidak pernah ia lihat di rumah.

 

8. Yang paling menyenangkan, camping bisa menghilangkan tekanan pada anak akan dunia sekolah (Refresing)

 

Dunia anak kadang nggak seindah yang dibayangkan orang tua. Kadang, mereka mengeluh akan suatu hal, entah PR yang bikin pusing atau bully-an teman-teman mereka.

 

Beri mereka waktu untuk berbagi cerita dan lakukan hal-hal yang menyenangkan seperti bernyanyi bersama atau melihat pemandangan alam agar anak menjadi lebih tenang dan fresh kembali. 

 

Juanda, S. Pd., ST., MT
Founder Sekolah Alam Tahfiz Quran Tembilahan. 

 

Informasi lengkap. 

 

 •??••••???????••••??•

 

???? Kunjungi kami di ????????
Email : [email protected]
Ig : @sekolahalamtbh
Fb : SD-Alamtbh
YT : Sekolah Alam tbh
WA|Telpon :??
?0811759002/081227168885

 

https://youtube.com/watch?v=zBD2k8LEn2Y&feature=share

 

#sahabatqurantbh #cintaquran #yayasansahabatqurantbh #Sd alam sqs #pendaftaran murid baru #2022  #infotbh #inforiau #sekolahtahfizh.***


Muhji


 



Berita Terkait +

Lomba PBB Peringati Hari Bhakti Adhyaksa ke-62, SMP N 1 Minas Raih Juara 1 Tingkat Kecamatan

Sejumlah Guru Ditingkat SD dan SMP se-Kecamatan Minas Lakukan Pelatihan Akun Belajar.id di SMP N 4 Minas

Pangkalan SD Negeri 02 Minas Barat Sukses Gelar Mugus, Begini Harapan Jarwati SPd

Prilaku Seronok Siswa Siswi Saat Merayakan Kelulusan Sekolah di Rohul

Persiapkan Penilaian Akreditas, Pengawas Sekolah Lakukan Penyuluhan Peningkatan Mutu DI SDN 04 Minas

Menuju Adiwiyata Mandiri, SDN 04 Minas Jaya Terima Kunjungan Tim Penilai Dari DLH Siak

Pangkalan SDN 12 Minas Barat Raih 3 Juara Dalam Perhelatan Pesta Siaga VI Kwarran 03 Minas

Ipda Hendra Budiman Sosialisasikan Bahaya Narkoba Kepada Siswa siswi SMPN 4 Minas

Peringati Isra' Mi'raj, SMP N 6 Minas Gelar Lomba Sholat Berjamaah Antar Kelas 

Pramuka SMPN 5 Minas Lolos Seleksi Untuk Mengikuti DIANPIMRU di Tingkat Kwarcab Siak

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kabag Umum Kemenhukham Riau Kunjungi Lapas Pasir Pengaraian

2

DPC Partai Demokrat Inhu Adakan Halal Bihalal

3

Operasi TR dan Ketupat LK 2024 Sukses, Kapolres Inhu Terima Penghargaan Kapolda

4

Silaturahmi Dengan Insan Pers, Kelmi Nyatakan Siap Maju Sebagai Calon Bupati Rohul

5

Hari Kartini: Menggugah Inspirasi dan Kemandirian Perempuan Indonesia

6

Kontroversi Penunjukan PJ Ketum HIMAROHU-RIAU: PMPT Minta MUBES Dilaksanakan