MENU TUTUP

Gandeng Sejumlah Dosen Dari Unilak, SMPN 4 Minas Lakukan Pelatihan Kompetensi Untuk Para Guru

Selasa, 21 September 2021 | 13:42:41 WIB Dibaca : 1318 Kali
Gandeng Sejumlah Dosen Dari Unilak, SMPN 4 Minas Lakukan Pelatihan Kompetensi Untuk Para Guru Dengan menggandeng 4 Orang Dosen Dari Unilak, SMPN 4 Minas Lakukan Pelatihan Kompetensi Untuk Para Guru, Selalsa (21/09/2021).

Penulis : Idris Harahap


SIAK, CATATANRIAU.com • Guna meningkatkan kemampuan dan kompetensi maupun mutu bagi para tenaga pendidik dalam kegiatan pembelajaran dimasa Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini masih merebak di Tanah Air, pihak Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 4 Minas, bekerjasama dengan Universitas Lancang Kuning (Unilak) menggelar kegiatan pelatihan pembelajaran berbasis online selama masa pandemi serta pelatihan dan pendampingan karya tulis ilmiah berbasis open journal system serta pembuatan media pembelajaran online, di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negri 4 Minas, Kabupaten Siak, Riau, Selasa (21/09/2021) pagi.

Pelatihan yang diperuntukkan kepada seluruh Guru Pendidik yang ada disekolah tersebut, tampak dibimbing secara langsung oleh 4 orang yang merupakan tim pengabdian SMPN 4 Minas, mereka merupakan Dosen dari Unilak, diantaranya, Al Khudri Sembiring, M.Pd, Herdi, M.Pd, Marta Dinata, M.Si dan  Rahmat Ramadansur, M.Pd.

 

"Kegiatan ini merupakan bagian dari peningkatan kompetensi SMPN 4 Minas. Kegiatan ini juga merupakan bagian dari tridharma kami sebagai Dosen di FKIP Universitas Lancang Kuning. Harapannya dengan dilangsungkannya kegiatan ini. Yang pertama seluruh Guru yang ada di sekolah ini kompetensinya terhadap mutu pada peroses penelitian tindakan kelasnya bisa meningkat, sehingga bisa terbit kejurnal untuk kenaikan pangkat. Karena memang fenomena yang terlihat dilapangan banyak sekali guru-guru yang belum mampu melakukan PTK sehingga kenaikan pangkatnya itu tertunda," kata Al Khudri Sembiring, M.Pd, ketika diwawancarai oleh wartawan media ini disela-sela kegiatan tersebut.

 

Al Khudri juga menjelaskan, adapun untuk kegiatan yang kedua dalam pelatihan yang digelar tersebut, menurutnya, dimasa sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online saat ini, tentu para guru dituntut untuk lebih kreatif dalam membuat pembelajaran secara online. 

 

"Jadi salah satu pembelajaran daring yang kami tawarkan ini adalah Microsoft Team. Microsoft Team ini cukup mudah untuk guru memakainya, begitu juga kepada siswa, karena memang pada umumnya siswa maupun guru itu sudah mempunyai email, dan untuk penyerapan kuotanya juga lebih minimalisir, makanya kita menawarkan Microsoft Team ini, salah-satunya memang didaerah ini juga signal belum setabil, oleh karena itu kita tawarkan yang lebih mudah saja," paparnya.

 

Lebih jauh disebutkan Al Khudri, dengan diselenggarakannya pelatihan tersebut, pihaknya pun berharap agar kiranya kedepan, para guru maupun para peserta didik di Sekolah itu, tidak lagi merasa kesulitan ketika melakukan peroses pembelajaran secara online.

 

"Jadi siswa itu tidak perlu lagi mengantarkan tugasnya kesekolah, jadi cukup kita pantau saja dari aplikasi Microsoft team ini. Walaupun secara grup di WA itu udah sangat umum ya, di WA ini tidak nampak peroses pembelajarannya, tapi kalau Microsoft team ini, itu jelas, nanti ada guru mengupload materi, siswa mengumpulkan tugas, disitu ada, tapi memang dia menggunakan internet, tapi internetnya tidak seperti aplikasi-aplikasi pembelajaran yang lain," jelasnya.

 

Diakhir dijelaskannya, pelatihan ini sendiri dilakukan atas dasar kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan Universitas Lancang Kuning yang telah lama terjalin, pelatihan yang dilakukan tersebut kata dia, merupakan implementasi dilapangan dari hasil kerjasama itu. 

 

"Pelatihan ini sendiri dilakukan berdasarkan kerjasama yang telah kita jalin antara Unilak dengan Pemkab Siak, dan untuk turunannya tentu kepada kami sebagai Dosen. Nah, inilah dia untuk implementasi dilapangan," tukasnya.

 

Sementara itu, Noviana Sp,M,Pd, Selaku Kepala SMPN 4 Minas, ia mengatakan kegiatan ini dilakukan oleh pihaknya, bermula dari keinginannya untuk melakukan pelatihan itu sendiri.

 

"Awalmula ada keinginan untuk melakukan pelatihan ini, tentu saya melihat dulu kebutuhan dari guru-guru di sekolah kita, terlebih dimasa Pandemi ini, seperti kita disini masih terkendala dengan jaringan internet, oleh karenanya kami mengundang para bapak dosen dari Unilak untuk bekerjasama meningkatkan mutu dari guru-guru kita di sekolah ini, khususnya dibidang IT, terlebih di zaman sekarang ini rasanya tanpa IT kita enggak bisa maju. Jadi untuk menambah ilmu maka kita laksanakan kegiatan pelatihan ini dalam bidang berbasis online, untuk pembelajaran," paparnya.

 

Terakhir kata Noviana, inti dari kegiatan ini sendiri dilakukan ialah untuk mempermudah para guru di sekolah tersebut dalam melaksanakan tugas pembelajaran berbasis online.

 

"Jadi tujuannya untuk mempermudah para guru untuk melakukan tugas daring, sebab kita selama ini ada dua metode, ada Luring dan Daring, untuk daring inilah kita perkuat dengan menambah ilmu dengan mengundang Dosen dari Unilak." Pungkasnya.***


 



Berita Terkait +

Kadisbud Siak: BOS Harus Tepat Sasaran Dan Sesuai Prosedur

SDN 03 Minas Barat Raih Juara 3 Tingkat Kecamatan Lomba Berbalas Pantun Dalam Rangka Hari Bhakti Adhyaksa Ke-63

Dukung Program Disdikbud Siak, SDN 02 Minas Barat Lakukan Pendataan Buta Aksara dan Anak Putus Sekolah

Gelar Perayaan Ulang Tahun SMA N 2 Minas Ke-8, Begini Pesan Burhanuddin SPd Kepada Para Anak Didiknya

Peserta Didik SMPN 1 Minas Kembali Ikuti Olimpiade Tingkat Provinsi Riau Dengan Tema Menguji Kompetensi Mengejar Prestasi

SDN 04 Minas Terapkan Ujian Semester Dengan Menggunakan Komputer Bagi Anak Kelas IV hingga Kelas VI

Rayakan HUT PGRI dan Hari Guru Nasional 2019, SMPN 3 Minas Gelar Ragam Perlombaan

Disdikbud Riau: Pendidikan Geratis SMA/SMK Mulai Dilaksanakan Tahun 2020

Finsen Afriando Siswa SMPN 5 Minas Meraih Tingkatan Pramuka Garuda Pada HUT Pramuka Ke 59

Ratusan Siswa di SD N 01 Minas Ikut Divaksin Dalam Program Bulan Imunisasi Anak

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

4

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam

5

Perpisahan Pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Inisiasi Simposium Pelajar : Mendorong Orang Muda Muncul ke Permukaan

6

Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil