MENU TUTUP

Hadirkan 3 Narasumber, Sekda Rohul Buka Langsung FGD-BPS Kabupaten Rokan Hulu

Rabu, 16 Desember 2020 | 22:22:18 WIB Dibaca : 1385 Kali
Hadirkan 3 Narasumber, Sekda Rohul Buka Langsung FGD-BPS Kabupaten Rokan  Hulu


ROHUL, CATATANRIAU.COM | Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul) H.Abdul Haris, S.Sos.M.Si, membuka langsung Focus Group Discussion ( FGD) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Rohul dengan tiga (3) narasumber. Selasa 15/12/2020 kemaren.

 

Hadir dalam pelaksanaan kegiatan tersebut,
Sekretaris Daerah Rohul H.Abdul Haris, S.Sos.M.Si, Kepala Dinas Kominfo Drs.Yusmar, M.Si, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Saipul Bahri, Serta Perwakilan Dari setiap OPD dan perwakilan dari Polres Rohul.

 

Acara ini di gelar di aula lantai tiga kantor bupati, adapun sebagai narasumbernya dari BPS Rohul, Kepala Dinas Kominfo Rohul Drs.Yusmar, M.Si dan Kepala Dinas Disdukcapil Rohul Saipul Bahri, kegiatan tersebut membahas tentang FGD Rokan Hulu dalam Angka 2020, PDRB Lapangan Usaha dan Data Kependudukan, kemudian Koordinasi Kab.Rokan Hulu dalam angka, Penyampaian indikator strategis daerah dan dilanjutkan dengan koordinasi terkait data kependudukan.

 

Dalam Satu Data Indonesia ini, BPS sebagai Sumber data statistik dasar, dan SKPD Di Daerah sebagai sumber data statistik sektoral, dan dari kolaborasi antara BPS dan SKPD serta instansi vertikal lain akan menghasilkan data untuk perencanaan pembangunan, sehingga tersedianya data yang akurat dan dapat dipertanggung jawabkan sebagai dasar pembangunan kedepan.

 

Yang menjadi pembahasan terkait indikator strategis Rokan Hulu tentang PDRB dan pertumbuhan ekonomi, Indeks pembangunan Indonesia, Kemiskinan dan ketenagakerjaan ( pengangguran).

 

Untuk pertumbuhan ekonomi di tahun 2017  sebesar 5,38%  menjadi  4,93 %  pada tahun 2019. Sedangkan IPM Rokan dari 68,67 di tahun 2017 menjadi 69,93 ditahun 2019 berada pada peringkat 7 di Riau. Sementara tingkat pengangguran di Rokan Hulu  mengalami penurunan dari 6,17% di tahun 2017, menjadi 4,42% di tahun  2020.

 

Pada kesempatan itu juga Kepala BPS, mengumumkan angka kemiskinan di Rokan Hulu dihitung dari tahun 2018 terus mengalami penurunan hingga tahun 2020 dimana di tahun 2018 angka kemiskinan Rohul 10,95 dan ditahun 2019 turun menjadi 10,53 sampai saat ini terus menurun 2020 menjadi 10,31. Dalam artian Kab.Rokan Hulu 3 tahun belakangan ini terus berupaya dalam menekan angka kemiskinan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Rohul.

 

Sekda Rohul juga menyampaikan bahwa saat ini kita dituntut bagaimana supaya melakukan segala sesuatu perencanaan untuk kegiatan diseluruh unsur pemerintah harus berdasarkan data.

 

Dirinya mengakui bahwa kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang positif dan akan menjadi wadah bagi pemerintah daerah nantinya untuk menyampaikan informasi, dan dirinya berharap dengan ini agar seluruh OPD bisa bersama dengan BPS dan instansi vertikal lainnya bisa berkolaborasi demi terwujudnya satu data Indonesia, dan Diskominfo sendiri disini selaku rumah data kabupten dapat di fungsikan sebagai wali data di tingkat kabupaten Rokan Hulu.

 

"Semoga dengan keakuratan data yang diperoleh bisa memberikan daerah perencanaan pembangunan kedepan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kab.Rokan Hulu terutama dalam menekan angka kemiskinan yang dari tahun ke tahun menunjukkan kemajuan yang di tandai dengan menurunnya prosentase kemiskinan dari tahun ke tahun" Ujar Haris.(*)




Berita Terkait +

Kejari Rohul & Ikatan Adhyaksa Dharmakarini Berbagi Berkah Ramadhan Di Panti Asuhan Budi Mulya

Desa Tanjung Punak Binaan PHR Raih Juara I Apresiasi Desa Wisata Riau

Babinsa Koramil 04/Perawang Kopda L Sigalingging Ajak Warga Binaan di Kelurahan Perawang Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan 

Indahnya Berbagi, Kata Iptu Asri S, Sos, Kepada Warga Yang Membutuhkan

Kemenag Kampar Terbitkan Qimat Zakat Fitrah 1441 H

Menyambut Bulan Suci Ramadhan, Polres Dan Pemkab Rohul Gelar Rakor LSS Covid-19

Sulpahrel Terpilih Sebagai Panglima Bungsu DPC Laskar Melayu Riau Kecamatan Minas

Tiket Pesawat Mahal, Syamsuar Wacanakan Perjalanan Dinas Ke-Jakarta Via Negri Jiran

HKGB Ke-68 & Sambut Hari Jadi Polwan Ke-73, Bhayangkari & Polwan Polres Siak Bagikan Ratusan Sembako

PT Musim Mas Raih Predikat Pertama  Wajib Pajak Terpatuh  Pelalawan Tax Award 2023

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

2

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

3

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

4

Pegawai BPN Inhu Diduga Taak Serius Dan Terkesan Memperlambat Proses Pembuatan Sertifikat

5

Kritik Pemerintahan di Era Jokowi, BEM UNRI : Indonesia Over Korupsi, Jokowi Game Over Janji!

6

Badan Pemantau Kebijakan Publik Kepulauan Meranti Adakan Aksi Damai Bersama Aktivis Mahasiswa di Kantor Imigrasi Selatpanjang