MENU TUTUP

Warga Bantan Sambut Cawabup No. Urut 3, Bagus : Pencegahan Abrasi Pantai Akan Jadi Prioritas KBS

Ahad, 11 Oktober 2020 | 13:35:32 WIB Dibaca : 1578 Kali
Warga Bantan Sambut Cawabup No. Urut 3, Bagus : Pencegahan Abrasi Pantai Akan Jadi Prioritas KBS


BENGKALIS, CATATANRIAU.COM | Tak sebatas berjalan tanpa arah dan tujuan, pasangan calon (Paslon) Bupati dan Wakil Bupati Bengkalis nomor urut 03, Kasmarni-Bagus Santoso (KBS) terus bergerilya dalam menyampaikan program kerjanya ke tengah masyarakat.

 

Beberapa saat lalu, Bagus Santoso, pasangan perpolitikan Kasmarni tampak mendatangi warga di Desa Bantan Air, Kabupaten Bengkalis. Di lokasi itu, sekumpulan warga menyambut hangat kedatangannya.

 

Terkesan blak-blakan, warga langsung bersuara. Bani, seorang diantara warga tersebut mengatakan, bila nantinya KBS terpilih menjadi pemimpin di negeri junjungan, pihaknya berharap agar wilayah pesisir pantai lebih diperhatikan.

 

"Jangan sampai kampung kita tenggelam karena abrasi yang terus terjadi, kami harap KBS menang dan semaksimal mungkin menangani polemik lingkungan hidup yang ada di sini," kata Bani di hadapan Cak Bagus kala itu.

 

Merasa penting, Bagus pun mengapresiasi saran tersebut. Spontan ia mengatakan bahwa pencegahan abrasi pantai di seluruh teritorial Kabupaten Bengkalis, terkhusus di sekitar Pulau Bengkalis merupakan salah satu dari beberapa program prioritasnya bersama Kasmarni.

 

"Terima kasih atas dukungan Bapak-Ibu dan saudaraku sekalian. Untuk masalah ini (abrasi, red) sudah kami bahas dan menjadi prioritas kerja kami, bila dipercaya memimpin negeri ini," kata Bagus, Sabtu (10/10/2020) lalu.

 

Bani menjelaskan, beberapa titik di wilayah Bengkalis yang berpapasan langsung dengan ekosistem perairan (pantai, red) sudah dilengkapi dengan turap alias gugus beton pencegah abrasi.

 

Pembangunan turap tersebut dilakukan 2006 silam dan dinilai efektif menahan laju abrasi permukaan tanah di lokasi tersebut. Namun lagi-lagi, Bani menyebut keberadaannya belum merata di seluruh lokasi rawan abrasi.

 

"Karena itu, bila nanti Bapak dan Ibu menang dalam pemilihan (Pemilukada, red), jangan lupakan pembahasan kita saat ini. Kami tak minta macam-macam, demi kebaikan lingkungan kita juga. Tolong jangan buat kami kecewa, semoga menang dan segera lah buatkan turap di lokasi rawan abrasi," tegas Bani.

 

Tersentuh dan berkaca-kaca atas pemaparan dari warga tersebut, Bagus pun menyatakan siap melanjutkan pembuatan turap bila nantinya direstui menjadi pemimpin di Kabupaten Bengkalis.

 

"InsyaAllah mas Bani, penanganan abrasi pantai akan dan selalu menjadi prioritas kerja pasangan KBS. Sekarang ini, kami perlu dukungan dari masyarakat untuk memenangkan kontestasi politik. Kalau kita direstui, pasti persoalan ini akan kita tuntaskan bersama," papar Bagus.

 

"Pokoknya, kemenangan nantinya adalah kemenangan kita bersama. Sesuai penyampaian mas Bani, pembuatan turap alan kita prioritaskan ya mas," imbuhnya.

 

Mendengar pemaparan dari sang sahabat, Bani pun terenyuh dan siap mendukung, serta memenangkan KBS dalam kontestasi Pemilukada serentak, Rabu (9/12/2020) mendatang.

 

“Ini baru bagus!! Kita menangkan beliau-beliau ini, supaya kampung kita tidak tenggelam digerus air laut,” seru Bani berbareng gelak tawanya.

 

Sebagaimana diketahui, Bani dan Bagus merupakan pasangan sahabat yang meniti kehidupan dari awal yang getir. Sejak tahun 1990-an keduanya telah akrab dan paham akan pahit-manisnya kehidupan.

 

"Bahkan di tahun 2000-an kami sempat satu kapal untuk menyeberangkan hasil pertanian ke Malaysia lewat rute lintas batas antar negara yang bertetangga (Indonesia-Malaysia, red)," tutur Bagus bernostalgia.

 

Dengan pengalamannya di masa lalu, Bagus pun bertekat menyenangkan sang sahabat dengan memprioritaskan pencegahan abrasi pantai demi menyelamatkan stabilitas ekosistem dan lingkungan masyarakat pesisir.

 

Selain turap, Bagus juga menyebut akan berupaya untuk memperjuangkan agar jalur lintas batas bisa kembali dibuka, guna meningkatkan perekonomian warga.

 

"InsyaAllah, akan kita prioritaskan," tuturnya.

 

Terpisah, Kasmarni, S.Sos., MMP, calon Bupati Bengkalis usai berkampanye dialogis di Desa Pematang Obo, Bathin Solapan, Sabtu lalu juga menegaskan bahwa polemik abrasi pantai memang masuk dalam bucket-list program kerjanya bersama Bagus Santoso guna mencapai Kabupaten Bengkalis Sejahtera (KBS).

 

"InsyaAllah, bila nantinya direstui memimpin di negeri junjungan ini, persoalan itu akan kita tuntaskan bersama. Kestabilan lingkungan hidup menjadi tanggung jawab kita bersama, karena itu mari dukung dan pilih KBS, nomor urut 03. Sama-sama kita bangun Kabupaten Bengkalis yang lebih Sejahtera," pungkasnya. (Tim)




Berita Terkait +

KPP KRIS Gelar Yasinan, Berharap Terciptanya Politik Santun Di Kabupaten Bengkalis

Alfedri Daftar Cabup di Gerindra, Syamsurizal Cawabup

Perkara Pilkada Pelalawan Oknum Kepsek Berkampanye Dijanji SK dan Jabatan

Pengukuhan Tim Pemenangan Zukri - Nasar Di Pinggir Sungai Jembatan Tambak Langgam

Sukseskan Pileg dan Pilpres, Polsek Minas Gelar Deklarasi Damai

Kampamye Dialogis Cagubri No.1 Pemangku Adat Sakai Mandi Angin Optimis Syam-Edy Menang

Menang Pilkada Bengkalis, Kasmarni - Bagus Santoso Dijadwalkan Bakal Dilantik 17 Februari Mendatang

PPP Pelalawan Tidak Mau Komentari  Muhammad Mardiono  Plt Ketua Umum PPP

Hari Ini Kapolsek Minas Pantau Langsung Jalannya Sidang Dugaan pelanggaran Pemilu 2019

Adanya Info Izin Lokasi Acara Anies Di Riau Dicabut, Ini Penjelasan Dari Wagubri

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Kepada Para Tahanan

4

Polsek Tambang Bersama Bhayangkari Berbagi Takjil Gratis

5

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

6

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam