MENU TUTUP

Kondisi Banjir, Bawaslu Rokan Hilir Jemput Bola Upayakan Proses Rekrutmen Pengawas TPS tetap Berjalan

Selasa, 16 Januari 2024 | 19:31:39 WIB Dibaca : 547 Kali
Kondisi Banjir, Bawaslu Rokan Hilir Jemput Bola Upayakan Proses Rekrutmen Pengawas TPS tetap Berjalan

Rohil, Catatanriau.com | Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Rokan Hilir melakukan proses rekrutmen pengawas tempat pemungutan suara di 1.868 TPS . Proses perekrutan pengawas TPS dilakukan oleh Panwaslu setiap Kecamatan.

Proses seleksi PTPS sendiri terdiri dari tahap utama, yaitu seleksi administrasi dan wawancara. Tercatat jumlah pendaftar pada 2 hingga 6 Januari 2024 sebanyak 1976 di 18 Kecamatan. Pasca tahap perpanjangan pendaftaran pada 7 hingga 8 Januari 2024 dan semua slot terpenuhi dan bertambah sebanyak 71 pelamar dengan total pendaftar sebanyak 2047 pelamar.

Dengan data pelamar di setiap Kecamatan antara lain, Kec. Batu Hampar: 34 pelamar 17 (L) 17 (P), Kec. Balai Jaya: 173 pelamar 119(L), 54 (P), Kec. Rimba Melintang: 99 pelamar, 61(L), 38(P), Kec. Kuba: 86 pelamar 51(L), 35(P), Kec. Simp. Kanan: 87 pelamar, 62(L), 24(P), Kec. Pasir Limau Kapas: 153 pelamar 90(L), 63(P), Kec. Bagan Sinembah Raya: 60 pelamar, 37(L), 23(P), Kec. Pujud: 99 pelamar, 73(L), 26(P), Kec. Tanah Putih: 217 pelamar, 137(L), 80(P), Kec. Bangko Pusako: 204 pelamar, 146(L), 58(P), Kec. Tanah Putih Tanjung Melawan: 44 pelamar, 22(L), 22(P), Kec. Pekaitan: 59 pelamar, 41(L), 18(P), Kec. Kubu: 102 pelamar, 57(L), 45(P), Kec. Tanjung Medan, 127 pelamar, 75(L), 52(P), Kec. Sinaboi, 64 pelamar, 36(L), 26(P), Kec. Bangko, 342 pelamar, 208(L), 134(P), Kec. Bagan Sinembah, 191 pelamar, 114(L), 77(P), dan Kec. Rantau Kopar, 23 pelamar, 10(L), 13(P).

Komisioner Bawaslu Bidang SDMO, Pelatihan dan pendidikan Dedi Sibuea, S.Pdi menjelaskan adapun kendala yang dihadapi dalam proses seleksi saat ini berhubungan dengan kondisi masyarakat yang sedang tertimpa musibah banjir di beberapa Kecamatan di Kabupaten Rokan Hilir. Dimana peserta yang dinyatakan lulus administrasi tidak dapat hadir dikarenakan tertimpa musibah banjir dalam waktu yang bertepatan dengan proses tahapan wawancara.

“Di Kecamatan Tanah Putih terkendala masyarakat yang tertimpa musibah banjir, di dua desa, dan ada kemudahan yang diberikan Bawaslu Dimana Panwas Kecamatan merekomendasikan PKD di setiap kecamatan untuk mewawancarai dimanapun baik itu di tempat pengungsian,” jelasnya.

Bawaslu melalui Panwascam dan Pkd melakukan jemput bola dalam melakukan tahapan seleksi wawancara kepada peserta di desa-seda terdampak banjir seperti Rantau Bais, teluk Berembun, Sekeladi, Sekeladi hilir, dan Putat di Kecamatan Tanah Putih.

Dikatakan Dedi, kriteria pleno kelulusan berada ditangan Panwascam menjelang pengumuman penetapan kelulusan pada tanggal 20 Januari dan selanjutnya  pelantikan anggota terpilih pada 22 Januari 2024.

Selain itu, dijelaskan menurunnya antusias pelamar dikarenakan telah dibukanya pendaftaran KPPS terlebih dahulu serta adanya batas minimal usia pendaftar 21 tahun  sementara peminat datang dari pelamar berusia 17-20 tahun.

Bawaslu juga mengupayakan kemudahan bagi masyarakat Pulau Halang, Kec. Kubu Babussalam dan mendatangi lokasi untuk melakukan tahapan wawancara terhadap peserta, dikarenakan biaya operasional yang cukup tinggi menuju lokasi sekretariat Panwascam dari Pulau Halang.

Dalam rangka monitoring tahapan perekrutan petugas TPS, pihaknya  berencana akan turun kelapangan dengan agenda menuju Kec. Pasir Limau Kapas sekaligus membawa perlengkapan logistik.

“Kita ingin memastikan keseriusan Panwascam, betul atau tidak kondisi dan kendala yang disampaikan dengan keadaan dilapangan” katanya.****

Laporan : Tiyna



Berita Terkait +

Babinsa Koramil 04/Perawang Rutin Ingatkan Warga Binaan di Kelurahan Perawang Untuk Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan

Zoom Meeting Terkait NPHD dengan Mendagri, Sekda Kampar : Alhamdulilah Kampar Sudah Lakukan Penandatangan MoU dengan KPU dan Bawaslu Kampar

Sekda Siak Arfan Usman Buka Bazar Pojok Ekonomi Kreatif dan Jajanan Siak Bermadah

Alamk! Dipicu Heboh Virus Corona Stok Masker Di Pekanbaru Habis, Harganyapun Melambung Tinggi

Sinergitas Polres, Kejari & PN Pelalawan Bulan Suci Ramadhan 1444 H, Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri

Cegah Kejahatan,  Polsek Kuala Kampar Giat Rutin Patroli KRYD

Personil Polres Kuansing Laksanakan PAM Kampanye Tatap Muka Pemilu 2024 di Desa Pulau Kopung

Polres Kuansing Adakan FGD Dalam Rangka Gelorakan Pelaksanaan Vaksinasi Ditengah Masyarakat

Melalui Komsos, Serka Wahyudi Ajak Masyarakat Lubuk Jering Cegah Karhutla

Serda Parjuni Babinsa Koramil 03/Minas Senantiasa Sosialisasi Prokes Covid-19 di Pasar

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Polsek Seberida Ringkus Pasutri Pengedar Narkoba, 10 Gram Sabu Diamankan

2

Rusak Parah! Warga Minta Pemprov Riau Perbaiki Jalan Lintas Minas - Perawang

3

Lapas Pasir Pengaraian Terus Tetap Serius Wujudkan Zona Integritas

4

Danrem 031/Wira Bima Sambut Tim Pokja Kajian Strategis Brigjen TNI Junaidi

5

Harlades Pertama Desa Pemandang: Momentum Bersejarah Untuk Kemajuan Desa

6

Kecewa, Janji Humas PT. GWDC Tak Kunjung Ditepati, Pemuda Bangko Pusako Stop Operasi PT GWDC