MENU TUTUP

Sebanyak 54 Orang Balon Penghulu Hari Ini Ikuti Tes Penjaringan Untuk Pilkam Serentak Se-Kab Siak

Selasa, 10 September 2019 | 14:57:10 WIB Dibaca : 2717 Kali
Sebanyak 54 Orang Balon Penghulu Hari Ini Ikuti Tes Penjaringan Untuk Pilkam Serentak Se-Kab Siak Tes Penjaringan Balon Penghulu sekabupaten Siak

 


SIAK, CATATANRIAU.COM-  Sebanyak 54 bakal calon Penghulu mengikuti seleksi tes tulis dan wawancara di aula Raja Indra Pahlawan  kantor Bupati Siak, Selasa (10/9/2019). Para kandidat ini harus mengikuti serangkaian ujian tes tulis dan wawancara, karena hanya 5 bakal calon saja yang boleh mengikuti pemilihan di setiap Kampung.

 

 

Setiap peserta ujian diwajibkan menjawab setiap pertanyaan yang disajikan sebagai pertimbangan penjaringan bakal calon penghulu (kepala desa). Untuk meningkatkan kapasitas pemimpin yang cerdas dalam mewujudkan pemerintahan yang bersih dan mendukung tercapainya visi dan misi Kabupaten Siak. 

 

 

Bupati Siak yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Budi Yuwono menyampaikan, hasil dari seleksi ini menggambarkan keberhasilan dari peserta dalam memimpin wilayahnya. Ia mengharapkan peserta  yang sudah terpilih menjadi Penghulu bisa memajukan dan mengembangkan wilayahnya. Selain itu bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah dalam melayani masyarakat. 

 

 

"Penghulu diharapakan menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah untuk melayani masyarakat" kata Budi Yuwono di aula kantor Bupati. 

 

 

Maka dari itu, Budi juga meminta kepada Penghulu yang terpilih nanti punya kesungguhan menyempurnakan program smart kampung dan memiliki inovasi untuk memajukan wilayahnya, dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya serta bisa mengurangi penggunaan plastik.

 

 

Selain itu mantan Kabag Tata Pemerintahan itu juga mengingatkan kepada bakal calon penghulu untuk tidak melakukan permainan politik uang. Seperti melakukan 'kontrak politik' dengan kelompok masyarakat. 

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung Yurnalis Basri mengatakan, pelaksanaan seleksi di lakukan, mengingat telah berhakirnya masa jabatan Penghulu di 45 Kampung yang terdapat di11 (sebelas) Kecamatan di kabupaten Siak.

 

 

"Kita harapkan, para bakal calon penghulu mampu menyampaikan gagasan dan inovasi yang berkaitan dengan pemerintah kampung, serta mampu melaksanakan tugas pokok apabila terpilih menjadi penghulu"ucap Yurnalis.

 

 

Yunalis menuturkan, tes tertulis dan wawancara ini terdiri dari Kecamatan Sungai Apit di ikuti 4 kampung yaitu 29 balon penghulu, kecamatan Koto Gasib diikuti satu kampung yaitu 6 balon penghulu, kecamatan Lubuk Dalam diikuti 1 kampung yaitu 6 balon penghulu dan Kecamatan mempura diikuti 2 Kampung yaitu 13 balon penghulu.

 

 

Salah seorang peserta yang berasal dari Kampung Sungai Rawa Mainar, menyampaikan motivasinya untuk maju sebagai penghulu di kampungnya. Ia ingin memajukan kampungnya.  

 

 

"Saya ingin memajukan dan mengangkat martabat kampung Sungai Rawa menjadi lebih baik lagi" kata wanita yang sebelumnya berprofesi sebagai presenter Tv di Pekanbaru.(*)


Laporan : Idris Harahap

 

Editor.     : Redaksi



Berita Terkait +

Kapolres Kampar Sambut Kunjungan Tim Verifikasi Pelayanan Publik Dari Kemenpan RB

Babinsa Koramil 04/Perawang Rutin Imbau Warga Binaan di Kelurahan Perawang  Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan 

Lakukan Kegiatan Rutin Yang Di Tingkatkan (KRYD) Polsek Kampar Kiri Hilir Temukan Minuman Keras Diwarung Milik Warga

Hadir Pada Rakernas JKPI ke Sembilan Siak Matangkan Persiapan

Bupati Dan Wabup Rohul Mengikuti Panen Budi Daya Ikan Di Embung Cinta Desa

Afrizal Sintong Ajak Masyarakat Bangun Daerah Bersama, Saat Prosesi Sertijab Bupati Dan Wabup Rohil

Penguatan Binter SKK Migas Serda Mayus Maruli dan Kopda Salomo Sembiring Anggota Koramil 03/Minas Giat Patroli di Area 1 PT PHR 

Pj Bupati Kampar dan DPRD Kampar Tandatangani Nota Kesepakatan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024

6 Hari Oprasi Ketupat Satlantas Polres Siak Imbau Masyarakat Tunda Mudik di Minas Terpantau Lancar

Sertu Nuril Zapri & Serda Sugiarto Lakukan Patroli Binter SKK Migas di Area 4 Minas

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Tersangka Dugaan Korupsi Pengelolaan Keuangan Desa Ditangkap di Jawa Barat dan Dibawa ke Polres Kuansing

2

Guru SD Ditemukan Membusuk, Korban Meninggal Diduga Sakit

3

Safari Ramadhan di Desa BPTJ, Wabup Rohul Komitmen Pembangunan Masjid

4

Diduga Pungli! Besok Disdikbud Siak Akan Lakukan Pemanggilan Terhadap Kepsek Dan Oknum Guru di SDN 008 Sam-sam

5

Perpisahan Pelajar SMA Negeri 1 Lubuk Dalam Inisiasi Simposium Pelajar : Mendorong Orang Muda Muncul ke Permukaan

6

Konservasi Gajah PHR Mendunia, Raih Green World Environment Awards 2024 di Brasil