MENU TUTUP

Areal Konservasi PT ARARA ABADI Terbakar, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK Ikut Padamkan

Ahad, 22 Oktober 2023 | 00:50:43 WIB Dibaca : 1397 Kali
Areal Konservasi PT ARARA ABADI Terbakar, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK Ikut Padamkan Areal Konservasi PT ARARA ABADI Terbakar, Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK Ikut Padamkan

PELALAWAN,CATATANRIAU.COM | Areal Konservasi yang masuk didalam Konsesi PT Arara Abadi Distrik Nilo Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan mengalami kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Rabu (18/10/2023). Data luasan kebakaran masih simpang siur, masih di ukur dan di selidiki Reskrim Polres Pelalawan. Pihak perusahaan ngaku lebih kurang 3 hektar padahal dugaan puluhan hektar.

Lambatnya penanganan karhurla di areal konservasi PT Arara Abadi group Sinar Mas ini sampai Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK turun kelapangan dalam upaya melakukan pemadaman dan pendinginan. Padahal jarak tempuh dari kantor Polres Pelalawan ke lokasi lebih kurang 100 km dan perjalanan lebih kurang 2 jam naik kendaraan.

Sangat disayangkan minimnya antisipasi sehingga kebakaran meluas di areal konservasi yang harus di jaga dan dilindungi. Ketika hal ini di konfirmasi ke pihak PT Arara Abadi melalui humasnya mengatakan
kebakaran cuma lebih kurang 3 hektar.

"Data kebakaran cuma lebih kurang 3 ha. Sistem kita berjalan untuk melakukan pemadaman dan penyekatan dari awal kejadian. Mengerahkan 2 alat berat dan tim pemadaman.  Areal itu tidak jauh dari jalan utama. PT Arara Abadi   selalu patroli dan  sudah laporkan kronologis kejadiannya," kata Alfian humas PT Arara Abadi.

Pernyataan pihak perusahaan, lambatnya pemadaman, karena jalan kelokasi juga sulit akses dan tertutup untuk umum. Kapolres Pelalawan AKBP Suwinto SH SIK turun kelapangan dalam upaya melakukan pemadaman dan pendinginan.  

Kapolres AKBP Suwinto SH SIK membenarkan terjadi karhutla di areal konservasi Konsesi PT Arara Abadi Distrik Nilo Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan, berjarak lebih kurang 100 km dari Mapolres Pelalawan menempuh perjalan 2 jam.

Awal mula kebakaran terdeteksi dan diketahui pada hari Selasa tanggal 17-10-2023 Pukul 00:49:00 Wib. Telah terjadi kebakaran lahan di Areal Konservasi yang masuk didalam Konsesi PT.Arara Abadi Distrik Nilo Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan.

Areal Konservasi yang masuk konsesi PT Arara Abadi yang terbakar jenis tanah semi gambut . Adapun personil yang melakukan pemadaman dan pendinginan , Polri : 14 orang, TNI : 3 Orang, BPBD : 4 Orang, MPA : 2 Orang, PT. Arara Abadi : 25 Orang.

Peralatan yang digunakan untuk pemadaman dan pendinginan yaitu 4 Unit alat berat Excavator milik PT Arara Abadi Distrik Nilo , 3 Unit mesin mini Tohatsu milik PT.Arara Abadi Distrik Nilo lengkap dengan peralatannya. 1 Unit mesin Tohatsu V 82 milik PT Arara Abadi Distrik Nilo  4 Unit mesin ministriker milik PT Arara Abadi Distrik Nilo.
- 1 Unit Mak3 milik PT.Arara Abadi Distrik Nilo.

Adapun kendala saat melakukan upaya pemadaman dan pendinginan.
Cuaca panas dan akses menuju lokasi Karhutla yang jauh dan tidak bisa dilalui dengan kendaraan bermotor dan harus berjalan kaki.
Kegiatan Pendinginan berakhir Pukul 17.30 Wib, pada Rabu 18 Oktiber 2023 dan dilokasi tidak lagi ada ditemukan titik api ataupun adanya asap.

Kegiatan pemadaman dan pendinginan yang dilakukan yaitu,
Melakukan Penyisiran dilokasi Karlahut untuk dilakukan upaya Pendinginan. Melakukan Penyekatan Api dengan Menggunakan Alat Berat.
Melakukan Pembukaan jalan menggunakan Alat berat untuk menuju Lokasi HS agar mempermudah jalur Selang Pemadam Api.

Penyebab kebakaran Areal Konservasi yang masuk didalam Konsesi PT.Arara Abadi Distrik Nilo Desa Kesuma Kecamatan Pangkalan Kuras Kabupaten Pelalawan 
di duga sengaja di bakar sama orang yang tidak bertanggung jawab untuk di tanami tanaman kelapa sawit. Pelaku pembakaran masih dalam penyelidikan Polsek Pangkalan Kuras....  ****

Laporan :  E Pangaribuan 



Berita Terkait +

Kondisi Sampah di Jalan Batang Tuaka Menutupi Selokan Air Dan Menimbulkan Bauk Tak Sedap

DR. Aidil Fitcent: PS Dasar Pertimbangan Untuk Menjelaskan Gugatan Tim LPPHI Bahwa Memang Ada Limbah di Wilayah Blok Rokan

Heboh Pemberitaan Galian C di Beberapa Media, Ini Tanggapan Gementararaya & GWI-Riau

Kandis Terpapar Polusi Udara Karena Proyek Jalan Tol, PT HKI Memilih Bungkam

PKS PT PCR Terkesan Abaikan Persoalan Limbah Yang Mencemari Fasilitas Warga

Perda Siak Tentang Penangkaran Walet Dinilail Mandul, ini Faktanya!

Wiston Sebut Jika Limbah Bersumber Dari Chipping, Dinas Pertanian Inhu Perlu Kaji SOP PT GH

Polda Riau Berangkatkan 11 Relawan Ikuti Pelatihan Ke Lokasi Karhutla Rupat-Bengkalis

HKAN 2020 di Kampung Kayu Ara Permai, Kelompok Konservasi Laskar Mandiri Tanam Pohon Hijau

Peringati Hari Pohon Sedunia, Stop Penebangan Liar Guna Selamatkan Lingkungan

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Buntut Bnyak Sekolah Pungut Duit Siswa, Pj Gubri Diminta Copot Kadisdik Riau

2

Arwin Pindah Hati Dari Alfedri ke Afni di Pilkada Siak 2024

3

Kopi Boi Tawarkan Nobar Seru Indonesia vs Uzbekistan

4

Dua Pelaku Narkoba Diciduk: Barang Bukti Berupa Sabu 5,60 Gram Berhasil Disita

5

Dihadiri Arwin AS, LLMB Deklarasi Dukung Afni di Pilkada Siak

6

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya