MENU TUTUP

Padamkan Karhutla, Polres Inhu Apel dan Patroli Gabungan, Gandeng Komunitas Off-road

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 09:08:36 WIB Dibaca : 736 Kali
Padamkan Karhutla, Polres Inhu Apel dan Patroli Gabungan, Gandeng Komunitas Off-road

Inhu, Catatanriau.com |  Kepolisian Resor (Polres) Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau menggelar apel dan patroli gabungan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Inhu dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu serta komunitas off-road, Bhayangkara Jeep Comunity (BJC) Inhu dalam rangka penanganan dan pemadaman Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) diwilayah Kabupaten Inhu.

Diawali dengan apel yang dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Inhu, Drs. H. Djunaidi Rachmat, M.Si, Jumat 6 Oktober 2023 pagi di halaman Mapolres Inhu.

Dalam arahannya, pimpinan apel menegaskan, semua pihak agar mempersiapkan diri untuk melaksanakan kegiatan pemadaman Karhutla yang memiliki akses jalan terbatas dan menantang. Apel tersebut diharapkan menjadi bentuk kesiapan dalam upaya penanganan Karhutla di Kabupaten Inhu.

Berdasarkan informasi, tambah Wabup, bahwa pada bulan ini telah terjadi banyak Karhutla di Inhu.
Dampaknya juga sudah dirasakan dimana udara yang cukup berkabut asap. Dalam buan ini sudah terlihat dampak polusi udara akibat Karhutla.

"Hari ini kita akan malaksanakan pemadaman  secara langsung lahan yang terbakar di Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal," ucap Wabup mengakhiri amanat.

Sesuai apel, dilukukan pelepasan pasukan patroli bersama Forkopimda dan instansi terkait dalam rangka penanganan dan penanggulangan Karhutla di Kabupaten Inhu, pasukan menuju lokasi Karhutla di Desa Siambul Kecamatan Batang Gansal.

Kemudian, pada pukul 09.30 WIB, dipasang spanduk imbauan dan larangan membakar hutan dan lahan serta sosialisasi tentang antisipasi Karhutla pada masyarakat di lokasi itu. Pukul 10.15 WIB, dilakukan pemadaman titik api serta pendinginan di Desa Siambul yang dipimpin langsung oleh Kapolres Inhu.

Pemadaman titik api tersebut juga di ikuti Pasi Ops Kodim 0302 Inhu, Lettu Arm. Herdianto, Kabag Ops Polres Inhu, Kompol Dodi Zulkarnain Hasibuan, S.E., M.H, Kabag Ren Polres Inhu, Kompol Hendri, S.Sos., M.H, Kasat Binmas Polres Inhu, AKP Buha Siahaan, S.H, Kasat Narkoba Polres Inhu, AKP Agi Vidata Kataren, S.H.

Kemudian, Kepala KPBD Inhu, Dodi Iskandar, S.E, Kasat Pol PP Inhu, Tukiyat, Kadaops Manggala Agni Sumatera VII, Firza Causar, S.Hut, staf Polhut Inhu, Dodi, Ketua Komunitas BJC Inhu, Hendri Endy, kuat personel Polres Inhu sebanyak 25 orang, personel Polsek Batang Gansal sebanyak 10 orang, personel Yon C Sat Brimobda Polda Riau, sebanyak 11 Personil.

TNI sebanyak 5 personel, KPBD Inhu sebanyak 10 orang, Satpol PP Inhu 8 orang, Manggala Agni Da Ops Sumatera VII, sebanyak 6 orang, anggota komunitas BJC Inhu sebanyak 10 orang, karyawan perusahaan sebanyak 8 orang dan lainnya.

Kebakaran lahan tersebut berada di Desa Siambul, Kecamatan Batang Gansal dengan luas lahan yang terbakar lebih kurang 2 hektar, berupa semak belukar molok masyarakat Desa Siambul dan penyanggah TNBT hingga perbatasan Desa Pejangki, Kecamatan Batang Cenaku.

Pemadaman tersebut mengerahkan 20 unit kendaraan roda empat, 10 unit kendaraan roda dua, 1 unit helikopter water booming BPBD Riau. Pemadaman dilaksanakan hingga pukul 17.30 WIB, kondisi api sudah padam, hanya sisa asap dan pendingin oleh sejumlah personel masih terus dilakukan.***

Laporan : S.A Pasaribu 



Berita Terkait +

Team Opsnal Polsek Pinggir, Ringkus 1 Orang Pengedar Narkoba Jenis Shabu

Polsek Teluk Meranti gencar melakukan patroli rawan terjadinya karhutla di wilayah hukumnya

Kapolsek Kuala Kampar Jumat Curhat, Cari Solusi dan Jalin Keakraban  Program Quick Wins Presisi

PD IWO Siak Salurkan Bantuan Sembako Pada Warga Kurang Mampu

Bersama Tim Rekanan, Kopda Rahmatsyah Tegaskan Penerapan Prokes Pandemi Covid-19

Polres Kampar Gelar Sosialisasi Dipa, Penandatanganan Pakta Integritas dan Penyerahan RKA-KL T.A. 2024

Serda Heppy Setiawan Lakukan Gakplin Antisipasi Penularan COVID-19 di Pasar Tradisional Kecamatan Minas

Cegah C3 Polsek Pangkalan Lesung Giat Patroli Dirumah Masyarakat Yang Mudik Idul Fitri 1443H

Pemkab Rohul Apresiasi Sosialisasi UU No 14 Thn 2018 Tentang KIP Yang Di Taja Oleh KI Riau

Pekan Depan H.sukarmis,Andi Putra Akan Dipanggil Kejari Kuansing Terkait Pembangunan Pasar Modern

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Satu Perwira Polres Inhu Naik Pangkat Pengabdian, Dua Bintara Dipecat

2

Satres Narkoba Polres Inhu Ringkus Pengedar 4,46 gram Sabu di Kecamatan Lirik

3

Serah Terima Konstruksi Tepat Waktu, PT Adhi Jalintim Riau Resmi Memulai Masa Layanan

4

Daftar Pertama, Dr.Afni: Saya Kader Nasdem

5

Founder RiaL: Pekanbaru Cermin Kemajuan Riau, saatnya Dipimpin Pemuda

6

Revolusi Digital: Tantangan dan Peluang Bagi Pekerja di Era Modern