MENU TUTUP

Tak Kunjung Dapat Listrik PLN, Sekelompok Warga Desa Belimbing Inhu Ancam Golput Pada Pemilu 2024

Selasa, 13 Juni 2023 | 16:01:08 WIB Dibaca : 2457 Kali
Tak Kunjung Dapat Listrik PLN, Sekelompok Warga Desa Belimbing Inhu Ancam Golput Pada Pemilu 2024 Sejumlah Warga di wilayah Perbatuan, RT 12 RW 010 Desa Belimbing mengeluhkan jaringan listrik PLN

Inhu, Catatanriau.com | Sekelompok warga yang berjumlah puluhan kepala keluarga (KK) di wilayah Perbatuan, RT 12 RW 010 Desa Belimbing, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, mengancam tidak akan menggunakan hak pilih mereka pada pemilu 2024 mendatang. Penyebabnya, dikarenakan sejak dahulu hingga kini permukiman mereka belum teraliri jaringan listrik PLN.

Menurut warga sekitar, ada sebanyak 35 KK yang rumahnya belum mendapat aliran listrik di wilayah tersebut. Padahal menurut warga, pada pemilu sebelum-sebelumnya, mereka sudah sangat sering dijanjikan pemasangan aliran listrik PLN dari sejumlah partai yang datang berkampanye kepermukiman mereka.

"Setiap pemilu sejak tahun 2009 lalu banyak caleg maupun calon Kades yang menjanjikan aliran listrik PLN, tapi buktinya semua hanya janji, walaupun ada sebagian caleg dan calon Kades itu yang sudah duduk jadi anggota DPRD dan Kepala Desa. Setelah duduk menengok kami kemari pun mereka gak mau lagi," ungkap salah seorang warga sekitar kepada Wartawan media ini, Selasa (13/06/2023).

Bahkan kata warga, mereka juga sudah sering mengusulkan pemasangan jaringan listrik kepada pihak PLN Rayon Rengat, mengingat jarak pemukiman mereka hanya berjarak kurang lebih 3 kilometer dari wilayah yang memiliki jaringan PLN, baik dari Desa Belimbing ataupun Desa Danau Rambai. 

"Sejak 2009 lalu kami sudah membuat permohonan kepada pihak PLN maupun pihak Desa, namun sampai saat ini tidak ditanggapi. Malahan kami semuanya disarankan berkumpul oleh pihak PLN untuk demo kekantor PLN Rengat terkait hal ini, kan lucu," ungkapnya.

Saat ini lanjut warga yang enggan namanya dituliskan itu, warga sekitar hanya menggunakan mesin disel untuk penerangan, yang pada pukul 23.00 WIB sudah dimatikan.

"Kadang-kadang kalau pas rusak mesin diselnya, ya mati lampu, bisa sampai dua sampai tiga hari. Yang kasihan anak-anak kita yang masih sekolah kalau pas belajar malam," ungkapnya.

Terkait hal ini Wartawan mencoba melakukan konfirmasi kepada Kepala Desa Belimbing Jeri Yando SE, Jeri mengatakan, hal yang dikeluhkan warga itu bukan janjinya, akan tetapi merupakan janji dari Caleg.

"Itu janji caleg bukan janji saya. Kalau Kades sebelum saya yang berjanji bukan wewenang saya," ungkap Jeri menjawab konfirmasi Wartawan.

Menurut Jeri, saat ini pihaknya telah berupaya untuk mengajukan pemasangan jaringan listrik PLN kepada pihak Rayon Rengat untuk wilayah Dusun Tualang dan kepada PLN Rayon Kuala Enok untuk wilayah Dusun Holan.

"Sudah saya ajukan ke Rayon Rengat untuk dusun Tualang dan Rayon Kuala Enok untuk Dusun Holan 1 hari yang lalu. Ini salah satu geberakan dari masa jabatan saya yang baru terhitung masuk tiga bulan. Saya hanya mengusahakan yang terbaik untuk warga," pungkasnya.***

Laporan : S.A Pasaribu

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Konser LIDA di Pulau Kosiok Kampar Dibatalkan

Babinsa Koramil 03/Minas Rutin Sosialisasikan Prokes di Pasar Tradisional, Cegah Penularan Covid-19

Vaksin Booster Yang di Laksanakan Satpol PP Inhil

Cegah Terjadinya Pungutan Liar, Polsek Pangkalan Kerinci Sosialisasikan Saber Pungli

Babinsa Koramil 03/Minas Hadiri Muskam RPJM Kampung Tasik Betung Tahun Anggaran 2024-2030

Personil Polsek Minas Giat Patroli C3, Antisipasi Kejahatan & Kriminalitas Ditempat Umum

Patroli Antisipasi Kejahatan C3, Polsek Pangkalan Lesung Sasar Pusat Keramaian

Peringati Isra' Mi'raj, Ustadz KH. Abdurahman Al-Banjari Sampaikan Tausiah Di Lapas Pasir Pengaraian

Dewan Sunarto Gelar Gerak Jalan Santai Bersama Ibu-ibu PKK Kampung Berumbung Baru Siak

Babinsa Koramil 03/Minas Kopda AKP Hutagalung Ajak Warga Binaan Lakukan Penanggulangan Karhutla Dan Berpatroli di Kampung Minas Barat

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Kapolsek Kelayang Ringkus Pengedar dan Bandar Sabu-sabu, Ini Jumlah Barang Buktinya

2

Residivis Pencurian Dibekuk Unit Reskrim Polsek Cerenti

3

Pelantikan Pengurus LPAI Rohul: Dedikasi Baru untuk Perlindungan Anak

4

Afni Resmi Daftar Calon Bupati ke PDIP, Senin ke PKB

5

Jhonny Charles Harapkan Gernas BBI dan BBWI Bisa Tingkatkan Perekonomian Riau

6

Tunggu Pelanggan di Kedai Kopi, Bandar Togel Online Diringkus Satreskrim Polres Inhu