MENU TUTUP

Asisten Perdata & Tata Usaha Negara Kejati Riau Hadiri Penyerahan Sertifikasi ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT PHR

Rabu, 15 Februari 2023 | 14:55:17 WIB Dibaca : 555 Kali
Asisten Perdata & Tata Usaha Negara Kejati Riau Hadiri Penyerahan Sertifikasi ISO Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT PHR

PEKANBARU, CATATANRIAU.COM | bertempat di Rumbai Country Club (RCC) Komplek Pertamina Hulu Rokan (PHR) Kota Pekanbaru, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau dalam hal ini diwakili oleh Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Meilinda, S.H., M.H menghadiri Kegiatan Penyerahan Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT. Pertamina Hulu Rokan, Rabu (15/02/2023) sekira pukul 10.00 WIB.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut VP System Certification Tuv Nord Indonesia Donny Moehardono Donatianus, Direktur Utama PT. PHR Jafee A. Suardin, Corporate Secretary PT. PHR Rudi Ariffianto, Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Koordinator pada Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Djaka Bagus Wibisana, S.E., S.H, Kepala Seksi Pertimbangan Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Rully Affandi, S.H., M.H.

Dalam penyampaiannya VP System Certification Tuv Nord Indonesia Donny Moehardono Donatianus menyampaikan ucapan selamat kepada PT. Pertamina Hulu Rokan telah meraih Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT.Pertamina Hulu Rokan (PHR). 

"Semoga dengan diraihnya Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT.Pertamina Hulu Rokan menjadikan PT. PHR menuju perusahaan yang mengglobal," kata VP System Certification Tuv Nord Indonesia Donny Moehardono Donatianus.

Selanjutnya Direktur Utama PT. PHR Jafee A. Suardin menyampaikan Sertifikasi ini merupakan wujud komitmen manajemen PT. PHR dalam menjunjung tinggi prinsip transparansi dalam tata kelola perusahaan yang baik.

Kemudian Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, dalam penyampaiannya meapresiasi atas capaian yang telah diraih oleh PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) yang telah meraih Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan. 

"Semoga dengan diraihnya Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan tersebut PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) dapat lebih berkonstribusi lebih baik bagi negara," imbuhnya.

Selanjutnya Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Meilinda, S.H., M.H memberikan sambutan dan arahannya. Dalam penyambutan dan arahannya, Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Meilinda, S.H., M.H menyampaikan ucapan selamat kepada PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) atas diraihnya Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT.Pertamina Hulu Rokan (PHR).

Kemudian Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara Kejaksaan Tinggi Riau Meilinda, S.H., M.H dalam penyampaian sambutan dan arahannya juga menyampaikan bahwa kerjasama yang telah terjalin antara Kejaksaan Tinggi Riau dan PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) agar dapat di pertahankan dan dapat ditingkatkan.

"Tentunya, Kejaksaan Tinggi Riau percaya, komitmen PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) untuk menjalankan amanah perusahaan yang terlibat secara aktif dalam gerakan anti penyuapan ini," imbuhnya.

Tentunya lanjut dia Kejaksaan Tinggi Riau akan terus mendukung dalam meningkatkan implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) di lingkungan PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) terutama dalam kegiatan yang melibatkan interaksi kepada seluruh Kejaksaan Negeri Se- Wilayah Riau serta bekerjasama dengan semua stakeholder unsur penegak hukum lainnya.

"Kejaksaan Tinggi Riau siap membantu PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) dalam rangka penyelesaian permasalahan hukum dan litigasi resiko hukum guna mencegah timbulnya permasalahan hukum baik dalam bidang perdata maupun pidana sesuai tugas pokok dan fungsi khususnya di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara melalui peran Jaksa Pengacara Negara (JPN)." Tukasnya.

Untuk diketahui bahwa Implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP) PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) dimulai melalui Kick Off Event, pada 5 Agustus 2022. Dilanjutkan dengan serangkaian persiapan dokumen/STK, pelatihan tim Implementer dan Tim Internal Audit, sosialisasi kepada stakeholders, pelaksanaan audit internal, Rapat Komite Kepatuhan Anti Penyuapan serta Rapat Tinjauan Manajemen hingga November 2022.

Audit eksternal Tahap 1 terlaksana pada 23-25 November 2022, dimana PT Tuv Nord Indonesia menyatakan PT. Pertamina Hulu Rokan (PHR) memenuhi persyaratan administrasi dan dokumentasi untuk melanjutkan ke audit eksternal Tahap 2. Dalam rapat penutupan audit Tahap 2, PT Tuv Nord Indonesia menyatakan implementasi SMAP pada seluruh proses bisnis PHR telah memenuhi klausul-klausul yang disyaratkan dan memberikan apresiasi atas Good Practice PHR yaitu mengenai peran dan keterlibatan Dewan Pengarah, Manajemen Puncak, Fungsi Kepatuhan Anti Penyuapan (FKAP) dan 16 fungsi PHR yang secara kolaboratif telah berkomitmen dalam penerapan SMAP.

Berdasarkan SNI ISO 37001:2016, risiko penyuapan tidak dapat dihilangkan secara total namun Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)  membantu dalam penerapan tata kelola yang wajar dan proporsional untuk mencegah, mendeteksi dan menanggapi penyuapan. 

Kegiatan Penyerahan Sertifikasi ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan PT.Pertamina Hulu Rokan (PHR) berjalan aman, tertib dan lancar serta menerapkan secara ketat protokol kesehatan.(rls)

Laporan : S.A Pasaribu

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Antisipasi Gangguan Yang Tak di Inginkan, Polsek Teluk Meranti Gelar Kesiapsiagaan Mako

Giat Komsos, Babinsa Koramil 04/Perawang Tanpa Lelah Sosialisasikan Nilai-nilai Pancasila Kepada Warga Binaan

Berikan Bantuan Sosial, Kapolsek dan Camat Minas Sambangi Keluarga Anak Penderita Stunting di Minas Barat

Pemdes Bangun Purba Barat Bagikan BLT-DD Tahap I Tahun 2022

Tambahan 2 Positif COVID -19 Pelalawan Tenaga Medis dan Pelajar

PDP Covid 19 Asal Rohil Wafat di RSUD Mandau

Percepat Pembentukan Kampung Adat, Pemkam Minas Barat Ajak Lintas Kampung & Kecamatan Tentukan Tapal

Operasi Zebra Lancang Kuning 2020 Berakhir, Satlantas Polres Siak & Jajaran Giat Baksos Serentak

Kejari Rohul Melakukan Penyitaan Terkait Tindak Pidana Korupsi

Syamsuar; Mahasiswa jangan alergi politik

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dihadiri Ratusan Anak Kemenakan, Halal Bihalal Suku Melayu Berjalan Sukses

2

Jumat Curhat, Kapolsek Cerenti Jalin Silaturahmi Dengan Purnawirawan Polri

3

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

4

Petugas Lapas Pasir Pengaraian Donorkan Darah Jelang Peringatan HBK Ke-60

5

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

6

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri