MENU TUTUP

FLEKSIBEL BUDGETING MENJADI ALAT UNTUK MEMINIMALISIR KECURANGAN OPERASIONAL TOKO RUMAH SPORT

Jumat, 27 Januari 2023 | 22:41:53 WIB Dibaca : 1025 Kali
FLEKSIBEL BUDGETING MENJADI ALAT UNTUK MEMINIMALISIR KECURANGAN OPERASIONAL TOKO RUMAH SPORT

FLEKSIBEL BUDGETING MENJADI ALAT UNTUK MEMINIMALISIR KECURANGAN OPERASIONAL TOKO RUMAH SPORT

 

 

David Febrian1, Ibnu Azzam2, Muhammaad Rafi3, Fadrin Armen                          4.

Program Studi Manajemen, Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau

 

ABSTRACT

Fleksibel budget adalah laporan yang menunjukkan estimasi besarnya revenue dan cost yang seharusnya pada tingkat actual aktivitas tertentu selama periode. Pembahasan fleksibel budgeting ini didasarkan sering terjadinya beberapa kecurangan di perusahaan yang berdampak kepada turunnya profit margin suatu perusahaan, yang umumnya hal tersebut bisa diketahui setelah beberapa periode akuntasi yang akan datang, penulis ingin memberikan pengendalian atas biaya operasional yang umumnya tidak terkontrol diakibatkan kurangnya penrencanaan budgeting dan apa yang harus dilakukan jika laporan budgeting tersebut dibuat. Dengan menggunakan merode budgeting maka setiap aktivitas dan biaya yang terjadi telah dianggarkan sehingga tidak menimbulkan varian anggaran negatif yang sangat besar, bahkan akan menghasilkan perbadingan antara anggaran dan budget yang positif.

 

Keywords: Flexibel budgeting, Kecurangan Operasional

 

PENDAHULUAN

Anggaran sangat bermanfaat dalam proses perencanaan dan pengendalian karena anggaran digunakan sebagai tolak ukur evaluasi kinerja. Menentukan bagaimana cara membandingkan jumlah yang dianggarkan dengan hasil akrual merupakan pertimbangan utama yang harus dilakukan. Perusahaan menyusun anggaran induk berdasarkan perkiraan terbaik perusahaan atas tingkat aktivitas penjualan dan produksi untuk tahun yang akan datang serta pelaporan kinerjanya. Dimana bergantung pada biaya overhead, biaya overhead harus dialokasikan ke setiap bisnis untuk menyusun anggaran yang akurat, yang disertai dengan analisis varian saat biaya overhead aktual berbeda secara signifikan dari biaya overhead yang dianggarkan.

Pembahasan fleksibel budgeting ini didasarkan sering terjadinya beberapa kecurangan di Rumah Sport yang berdampak kepada turunnya profit margin, yang umumnya hal tersebut bisa diketahui setelah beberapa periode akuntasi yang akan datang, penulis ingin memberikan pengendalian atas biaya operasional yang umumnya tidak terkontrol diakibatkan kurangnya penrencanaan budgeting dan apa yang harus dilakukan jika laporan budgeting tersebut dibuat. Menciptakan manajemen yang cermat dalam membandingkan angka yang dianggarkan dengan statistik kinerja aktual untuk melihat di mana perusahaan meningkat dan di mana Rumah Sport membutuhkan lebih banyak perbaikan.


 

PERUMUSANMASALAH

Berdasarkan uraian di atas,makaperumusan masalah dalam penelitian iniadalah: 1)Bagaimana fleksibel budgeting berguna untuk Rumah Sport.

2)Bagaimana perhitungan menggunakan metode budgeting dalam Rumah Sport.

 

 

TUJUANPENELITIAN

Adapun tujuan penelitianiniadalah:

1) Untuk menganalisis perhitungan budgeting di Rumah Sport

2) Untukmenganalisis perhitungan budgeting dengan menggunakan metode budgeting

 

METODE PENELITIAN

Jenis Penelitian

Penelitian ini ialah penelitian studi literatur yang akan menemukan kajian teori yang relevan dan kemudian mengalisisnya yakni fleksibel budgeting menjadi alat untuk meminimalisir kecurangan operasional.

 

Waktu danTempat Penelitian

Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Q2 2022 dan tempat penelitian dilakukan pada Rumah Sport yang beralamat di Jl.Ahmad Yani Kecamatan Sukajadi Kabupaten Kota Pekanbaru.

SumberData

Sumberdatayangdigunakan padapenelitian iniadalah :

1) Data primer yaitu data yang diperoleh melalui wawancara langsung dengan pemilik Rumah Sport.

2) Data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku-buku dan internet.

TeknikAnalisisData

Studi literatur diungkapkan Ashori & Iswati penelitian dengan menemukan bermacam kajian yang mempunyai hubungan dengan yang akan dibahas, mencari metode dan teknik penelitiannya, metode dan teknik pengumpulan datanya serta kemudian menganilisnya kemudian. Nazir dan Lisnawati (2015), mengungkapkan bahwasanya studi pustaka ialah teknik pengumpulan dengan pemanfaatan bermacam sumber buku dan literatur terkait yang terdapat hubungannya dengan peneliti yang dipecahkan. Maka studi literaturyang sehubungan dengan ini ialah menghimpun semua data dari berbagai yakni berkaitan dengan Flexibel Budgeting. Guna penelitian ini adalah untuk melihat dan mendeskripsikan bagaimana flexibel budgeting menjadi alat meminimalisir kecurangan operasional.

HASILDAN PEMBAHASAN


 

Flexibel budget adalah laporan yang menunjukkan estimasi besarnya revenue dan cost yang seharusnya pada tingkat actual aktivitas tertentu selama periode. Sebelum menetapkan satuan dasar kegiatan yang akan dipergunakan pada suatu bagian, sebaiknya dipertimbangkan beberapa faktor berikut ini: 1) semua kegiatan yang dipilih harus betul- betul mencerminkan dan menjadi ukuran kegiatan bagian yang bersangkutan, 2) satuan dasar kegiatan yang dipilih harus mampu mengukur perubahan-perubahan tingkat output yang mengakibatkan perubahan biaya, 3) satuan dasar sedapat mungkin hanya dipengaruhi oleh tingkat output sebagai faktor variabel, 4) satuan dasar harus mudah dipahami, mudah dihitung dan dapat diaplikasikan dengan mudah dalam penganggaran. Satuan dasar kegiatan tidak mendatangkan biaya tambahan dalam perhitungan dan penggunaannya. Akibat kesalahan dalam pemilihan satuan dasar akan menyebabkan kesulitan dalam menganalisis variabilitas biaya. Oleh karena itu terjadi hubungan yang tidak jelas antara biaya dan perubahan tingkat aktivitas atau kegiatan. Langkah-langkah dasar dalam rangka menyusun anggaran fleksibel adalah sebagai berikut : 1) menentukan relevan range yang dapat diharapkan pada range ini adalah aktivitas akan fluktuasi selama period yang akan datang, 2) menganalisa biaya pada range relevan ini dengan menentiukan pola perilaku biaya (fixed, variabel dan mix), 3) memisahkan biaya berdasarkan pola perilakunya, dengan menentukan rumus biaya variabel dan biaya campuran, 4) dengan menggunakan rumus biaya variabel, anggaran flexibel disusun dengan dasar pada biaya yang akan dikeluarkan pada berbagai tingkat aktivitas sepanjang range relevan.

 

Peran Fleksibel Budgeting Di Rumah Sport

Flexible budget juga dapat digunakan setelah periode akuntansi untuk mengevaluasi area yang berhasil dan area yang tidak berhasil pada kinerja periode terakhir. Anggaran fleksibel juga menghitung, misalnya, berbagai tingkat pengeluaran untuk biaya variabel. Tingkat ini bervariasi tergantung pada perubahan pendapatan. Selanjutnya, anggaran bervariasi, tergantung pada tingkat aktivitas yang dialami perusahaan.

 

 

Tabel 1 Rincian Budgeting di Rumah Sport Q2 2022

 

 Biaya Aktual Q2 2022Biaya yang dianggarkan (Q2 2022)Variasi Anggaran
Pembelian2.900.0003.500.000600.000
Pemeliharaan4.650.0005.000.000350.000
Bahan Pembantu12.500.00013.000.000450.000
Total20.100.00021.500.0001.400.000

Sumber:data diolah (2022)

Pembahasan

 

Dari simulasi diatas penulis menggunakan perhitungan anggaran dari data aktual Q1 2022 dengan ketentuan rata-rata penjualan yang sama, dilihat dari data diatas mendapatkan varian anggaran yang positif yang artinya penggunaan anggaran dengan maksimal dan baik. Bayangkan jika kita tidak mempunyai data anggaran maka peluang kecurangan sangat besar yang mungkin saja terjadi penambahan biaya di pemeliharaan, bahan pembantu dan lainnya yang tidak sesuai dengan profit margin yang telah disepakati manajemen. Cara Kontrol Budget Yang Sudah Dibuat ; 1) merumuskan perencanaan : dalam mengontrol budget yang telah dibuat perusahaan perlu merumuskan rencana yang akan dilakukan kedepannya terutama yang berkaitan dengan budget yang akan dikeluarkan. Dengan ini perusahan dapat mengetahui dana yang akan dikeluarkan sesuai dengan budget yang ada sehingga kegiatan usaha dapat berjalan dengan baik dan lancar.


 

2) melakukan pengewasan atau pengendalian: setelah kita merumuskan rencana, berikutnya kita melakukan pengawasan atau pengendalian terhadap rencana yang telah dirumuskan. Selain agar usaha kita berhasil sesuai dengan rencana telah dirumuskan, juga berguna untuk memonitoring biaya-biaya yang dikeluarkan selama kegiatan usaha agar tidak menyimpang, yang membuat perusahaan mengeluarkan budget dana yang lebih. 3) membuat laporan keuangan Rumah Sport: dalam mengontrol budget, Rumah Sport perlu membuat suatu laporan keuangan untuk melihat apakah perusahaan mengapat keuntungan (laba) atau rugi dalam kegiatan usahaanya. Dan ini dapat menjadi tolak ukur dalam budgetting dana yang perlu dipersiapkan agar Rumah Sport tidak mengalami kerugian dan dapat melihat biaya mana sajakan yang dapat diminimalisir sehingga dana yang dikeluarkan efektif dan efesien.

 

KESIMPULAN

Pembuatan laporan pengukuran perencanaan budgeting sangat berguna di dunia usaha, terutama perusahaan yang sudah besar dan mempunyai banyak divisi operasional, yang memungkinkan timbulnya tidak kecurangan yang memanfaatkan lemahnya pengawasan terhadap anggaran biaya. Beberapa faktor yang kemungkinan terjadi karena kurangnya kontrol operasional adalah pembelian bahan baku yang berlebihan, pemeliharaan alat yang tidak terkontrol sehingga menimbulkan biaya yang tidak seharusnya yang membuat umur alat tersebut berkurang, pembelihan bahan-bahan pembantu yang berlebihan sehingga terjadi biaya yang akan mengurangakn profit margin. Dengan menggunakan merode budgeting maka setiap aktivitas dan biaya yang terjadi telah dianggarkan sehingga tidak menimbulkan varian anggaran negatif yang sangat besar, bahkan akan menghasilkan perbadingan antara anggaran dan budget yang positif.

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Ahmad Dunia Firdaus dan Wasila, 2009, Akuntansi Biaya, edisi kedua, Penerbit: Salemba Empat, Jakarta

Ambarwati Titiek dan M. Jihadi, 2003, Anggaran Perusahaan, edisi pertama, cetakan pertama, Penerbit : UNM, Press, Malang

Bustami Bastian dan Nurlela, 2010, Akuntansi Biaya, edisi kedua, Penerbit : Mitra Wacana Media, Jakarta

Bustami Bastian, dan Nurlela, 2009, Akuntansi Biaya, Melalui Pendekatan Manajerial, edisi pertama, Penerbit: MitraWacana Media, Jakarta

Charles T. Horngren dan George Foster, 1994, Akuntansi Biaya Suatu Pendekatan Manajerial, edisi keenam, jilid satu, Penerbit : Erlangga, Jakarta

Garrison, H. Ray; Eric W. Noreen; dan Peter C. Brewer. 2006, Akuntansi Manajerial, Buku I Edisi kesebelas, Penerbit : Salemba Empat, Jakarta

Halim, Abdul, 1999, Dasar-dasar Akuntansi Biaya, edisi keempat, cetakan ketiga, Penerbit                        :              BPFE,             Gadjah               Mada,       Yogyakarta


 

 

Darihasilperhitunganbiayabahanbaku,biayatenaga kerja langsung,danbiaya overheadpabrik,makadapatdilakukanperhitungan harga pokokproduksiperpotong tahu,yaitu denganmenggunakan metodeperusahaan, metodefullcostingdan metode variable costing.

1) Metode Perusahaan

Hasil perhitungan harga pokok produksi tahu dengan menggunakan metode perusahaan dapat dilihat padatabel 2 berikut ini:

Tabel 2 Harga PokokProduksi denganmenggunakanmetode perusahaan PerJuni 2022

NoKeteranganTotal Biaya(Rp)
1Biayabahan baku30.000.000
2Biayatenagakerjalangsung2.000.000
3Biayaover head pabrik2.275.000 
  
  


HargaPokok Produksi      34.275.000

Jumlah Produksi           180.000 potong

 

HargaPokok Produksitahu per potong 190,42 Sumber: datadiolah (2022)

Dari tabel 2 di atas dengan menggunakan metode perusahaan harga pokok

produksitahu per potong adalah Rp. 190,42,-

2) Metode Full Costing

Hasilperhitunganhargapokokproduksitahudenganmenggunakanmetodefull costing

dapat dilihat padatabel 3 berikutini:

Tabel3 Harga PokokProduksi denganmenggunakanmetodeFullCosting PerJuni 2022

NoKeteranganTotal Biaya(Rp)
1Biayabahan baku30.000.000
2Biayatenagakerjalangsung2.000.000
3Biayaover head pabrik2.311.000


 

 

Sumber: datadiolah (2022)

Dari tabel 3 di atas dengan menggunakan metode full costing harga pokok produksi tahu per potong adalah Rp. 190,78,-

3) Metode VariableCosting

Hasil perhitungan harga pokok produksi tahu dengan menggunakan metode variable costingdapat dilihat padatabel4 berikut ini:

Tabel4 Harga PokokProduksi denganmenggunakanmetodeVariable CostingPerJuni 2022

NoKeteranganTotal Biaya(Rp)
1Biayabahan baku30.000.000
2Biayatenagakerjalangsung2.000.000
3Biayaover head pabrik2.311.000

HargaPokok Produksi      34.311.000

Jumlah Produksi           180.000 potong

 

HargaPokok Produksi per potong tahu190,62 Sumber: datadiolah (2022)

Daritabel4diatasdenganmenggunakanmetode variablecostinghargapokok produksi

tahu per potong adalah Rp. 190,62,-

Dengandemikiandarihasilperhitunganantara ketigametodetersebutdiketahui perhitunganyang                    diterapkanMamaKokomlebihrendahdibandingkandenganmetode fullcostingdanvariable                                                              costing.Halini dikarenakanpemilikusaha                    tidakmengetahui caraperhitunganharga                                        pokokproduksiyang tepat,yaitutidakmemasukkanbiaya-biaya secara              secara                                        tepatkedalamperhitunganhargapokokproduksinyamisalnyabiaya penyusutandanbiayaoverheadpabrikuntukbiayabahanpenolongpadakainsaring tahu tidak dimasukkanke dalamperhitunganhargapokok                    produksi.Sehinggadengan memasukkanseluruhunsurbiayayangdikeluarkan,makahargapokokproduksinya akanlebihtepatdantentunya               harga jualakanlebihtepatpulaserta dapatmeningkatkan labaperusahaan.


 

KESIMPULANDAN SARAN

Kesimpulan

Berdasarkanhasilperhitunganyang dilakukanMamaKokomdengan menggunakanperhitungansendiri (metode perusahaan), maka harga pokokproduksi tahuperpotongnyaadalahRp.190,42,-.Denganmenggunakanmetode fullcosting harga pokokproduksitahuper potongnyaadalahRp.190,78,-.sedangkanmenggunakan metodevariable costinghargapokok produksi tahu per potongnya adalahRp. 190,62,-

Hasilperhitunganantara ketigametode tersebutdiketahuiperhitunganyang diterapkanMama Kokomlebihrendahdibandingkandenganmetodefullcostingdan variablecosting.Halini dikarenakanpemilikusaha tidakmengetahuicaraperhitungan hargapokokproduksiyangtepat,yaitutidakmemasukkanbiaya-biayasecara              secara tepatkedalamperhitunganharga pokokproduksinya misalnyabiayapenyusutandan biayaoverhead pabrikuntukbiayabahanpenolong padakainsaringtahutidak dimasukkan kedalam perhitungan hargapokok produksi.

Saran-Saran

TahuMama Kokomsebaiknyamenggunakanmetodefullcostingdalam menentukanharga pokokproduksinyakarena lebihrincidalammemasukkansemua unsurbiayayang digunakandalamproduksi,sehinggaakanlebihtepat dalam menentukan hargajualnya dan  akan  meningkatkan labaperusahaan.

DAFTARPUSTAKA

AbasKartadinata.2008.TeoriAkuntansi.Jilid1.Edisi2.Jakarta.PT.GeloraAksara Pratama

M. Nafarin.2009.Penganggaran Perusahaan. Jakarta. SalembaEmpat Mulyadi.2015.AkuntansiBiayaEdisi5.Yogyakarta.UPPSTIMYKPNUniversitas

Gadjah Mada

 

Mulyadi.2001.AkuntansiManajemenKonsep,ManfaatdanRekayasa. Jakarta.Salemba Empat

 

Mulyadi.2005.AkuntansiBiayaEdisi5.Yogyakarta.UPPSTIMYKPNUniversitas Gadjah Mada

 

Sugiyono. 2003.MetodePenelitian Bisnis. Bandung.Alfabeta.



Berita Terkait +

Buka Operasi Pasar, Husni Merza Berharap Bisa Membantu Masyarakat

Kapolres Rohul Salurkan Bantuan Buat Masyarakat & Jurnalis Korban Banjir

Gerakan Bersama Untuk Warga di Riau Sediakan Web Ini, Bisa Cek Info Lengkap RS & Keperluan Kesehatan

Demi Menjaga Keamanan OVN di PHR Minas, Serma M. Nasir & Sertu Ardhi Syam Kembali Patroli Pada Lima Lokasi Drilling

Babinsa Koramil 04/Perwang Sambangi Kediaman Warga Binaan di Kuala Gasib Untuk Lakukan Pengecekan Anak Stunting

Sertu J Pasaribu Imbau Penumpang Kapal Tetap Memakai Masker

BINDA Riau Sukses Gelar Vaksinasi Massal Bersama Abujapi

Perkuat Program TJSL, PHR Jalin Kerja Sama dengan Mitra Pelaksana Riau

Panglima Besar LMR Ismail Amir.SH, Hadiri Acara Nuzulul Qur'an Musholla Al-Ikhlas Di Kec.Minas

Bersama Tim Serta Warga Binaannya, Serda Mayus M Lakukan Patroli Karlahut Rutin Di Minas Timur

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Plt Bupati Kepulauan Meranti H.Asmar Cepat Tanggap Pasca Ambruknya Jembatan Panglima Sampul Sungai Perumbi

2

Pemkab Rohul Terima Dana APBN Rp 4,6 Miliar Untuk Revitalisasi Danau Purieh

3

Desak Pj Bupati, GMNI 'Seruduk' Kantor Bupati Inhil

4

Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik, RSUD Kabupaten Rohul Adakan FKP

5

Miliki Sabu, Mencret Diringkus Polsek Pasir Penyu, Barang Bukti Capai 3,55 Gram

6

Puskesmas Minas Gandeng Dinsos Dan Disdukcapil Siak Sosialisasikan Program UHC & ILP Serta Teken Komitmen Kesepakatan Bersama