MENU TUTUP

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DI KEBAB GOCHENK CIPTA KARYA  

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:56:44 WIB Dibaca : 3564 Kali
PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DI KEBAB GOCHENK CIPTA KARYA   

PERHITUNGAN HARGA POKOK PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FULL COSTING DI KEBAB GOCHENK CIPTA KARYA

 

Rahmi Afrita*1, Nadya Gusti Ayu2, Rivaldi Pratama S.3

Fakultas Ekonomi Bisnis, Universitas Muhammadiyah Riau, Program Studi Manajemen

E-mail: 

[email protected], [email protected],

[email protected]

 

Abstract

 

The cost of production helps business owners to determine the selling price of the product and determine the profit to be achieved. The purpose of the research conducted by the author at the Republic of Kebab Premium UMKM is to analyze and compare the calculation of the cost of goods manufactured using the full costing method in accordance with the cost allocation of the UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya. The method of data collection by the author for field research was carried out by means of interviews and documentation to obtain primary data of the UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya Branch. The author took three kebab variants, namely small kebab, medium kebab and large kebab which were the best-selling variants in the study period. The author converts the cost of production to per unit variant with the results of calculating the cost of production according to UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya using the full costing method. For the small kebab variant, Rp. This difference is due to differences in the charging of costs in factory overhead. Based on the calculations in determining the cost of production per unit, the calculation of the full costing method is higher for the UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya.

 

Keywords: Cost of production, full costing

 

Abstrak

 

Harga pokok produksi membantu pemilik usaha untuk menentukan harga jual produk dan menentukan laba yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian yang dilakukan oleh penulis di UMKM Republik Kebab Premium adalah untuk menganalisis dan membandingkan perhitungan harga pokok produksi yang menggunakan metode full costing sesuai dengan alokasi biaya UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya. Metode pengumpulan data oleh penulis untuk penelitian lapangan dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi untuk memperoleh data primer UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya. Penulis mengambil tiga varian kebab yaitu Kebab Kecil, Kebab Sedang dan Kebab besar merupakan varian terlaris pada periode penelitian. Penulis mengkonversi harga pokok produksi ke per unit varian best sellernya dengan hasil perhitungan harga pokok produksi menurut UMKM Kebab Gochenk Cipta Karya dengan metode full costing. Untuk varian kebab daging berturut-turut sebesar Rp 5.000,- dan kebab daging telur Rp 7.000,- serta kebab spesial daging + telur + keju Rp 10.000,-. Perbedaan ini dikarenakan perbedaan pembebanan biaya di overhead pabrik. Berdasarkan dari perhitungan dalam penentuan harga pokok produksi per unit perhitungan metode full costing lebih tinggi perhitungan UMKM Kebab Gochenk Cabang Cipta Karya.

 

Kata Kunci: Harga pokok produksi, full costing

 

 

BAB I

PENDAHULUAN

 

1.              LATAR BELAKANG

 

Dengan perkembangan zaman dan teknologi maka orang sekarang mulai berhati-hati dalam memilih dan membeli makanan, karena pada masa kini banyak makanan yang dibuat dengan menggunakan bahan kimia yang berbahaya. Sebagian masyarakat, memilih makanan hanya berpedoman pada rasanya yang enak dan murah. Dua hal inilah yang menjadi prioritas utama mereka dalam membeli makanan. Mereka tidak begitu memikirkan kandungan yang terdapat dalam makanan tersebut. Untuk itu kami bermaksud untuk untuk membuat makanan yang memiliki rasa enak dengan harga yang cukup murah dan aman untuk dikonsumsi karna tidak menggunakan bahan kimia yang berbahaya, serta memiliki kandungan gizi yang cukup.

Maka kami memilih usaha kebab ini, karena sebagian dari masyarakat sangat menyukai kebab rasanya enak, nikmat. Kebab memiki rasa yang gurih karena berisi daging dan telur. Selain itu kebab dapat dinimati oleh semua umur. Jadi, siapapun bisa untuk mengkonsumsi kebab baik orang yang sudah tua maupun orang muda. Kebab dapat dinikmati dalam kondisi apapun, baik malam hari mupun pagi hari.

Dalam penentuan harga pokok produksi yaitu ada metode Full costing. Full costing adalah metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam harga pokok produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang berperilaku variable maupun tetap. Dengan alasan dan landasan tersebut kami berencana untuk meneliti usaha KEBAB GOCHENK yang berlokasi di Jl. Cipta Karya.

 

2.            RUMUSAN MASALAH

 

Berdasarkan latar belakang masalah sebagaimana diuraikan diatas, maka masalah penelitian ini adalah :

1. BagaimanaPerhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing di kebab gochenk cipta karya ?

 

3.            TUJUAN PENELITIAN

 

Dalam setiap kegiatan yang dilakukan pasti suatu tujuan, demikian juga penelitian ini memiliki beberapa tujuan dalam hubungannya dengan obyek penelitian, yaitu: Untuk mengetahui bagaimana perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing di Kebab Gochenk cipta karya ?

 

 

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

 

A.            AKUNTASI

Akuntansi Surwadjono (2015:10) menyatakan bahwa “Akuntansi dapat didefinisikan sebagai seperangkat yang mempelajari perekayasaan penyediaan jasa berupa informasi keuangan kuantitatif unit-unit organisasi dalam suatu lingkungan negara tertentu dan cara penyampaian (pelaporan) informasi tersebut kepada pihak yang berkepentingan untuk dijadikan dasar dalam pengambilan keputusan ekonomik”.

 

B.             Biaya Produksi

Menurut Mulyadi (2015:14), “Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang terjadi untuk mengolah bahan baku menjadi produk jadi yang siap untuk dijual. Secara garis besar biaya produksi ini dibagi menjadi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead”.

 

C.            Harga Pokok Produksi

Menurut Siregar (2014:28), “Harga pokok produksi adalah biaya yang terjadi untuk mengubah bahan baku menjadi barang jadi”.

 

D.            Metode Penentuan Harga Pokok Produksi

Menurut Mulyadi (2016:122) dua pendekatan tersebut yaitu full costing dan variable costing.

 

E.             Metode Full Costing

Menurut Mulyadi (2016:122) merupakan metode harga pokok produksi, yang membebankan seluruh biaya produksi, baik yang berperilaku tetap maupun variable kepada produk.

 

 

BAB III

METODE PENELITIAN

 

A.            Jenis Penelitian

 

Metode yang akan digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Sesuai dengan pernyataan Ali (2013:131), “Metode penelitian deskriptif kualitatif digunakan untuk berupaya memecahkan atau menjawab permasalahan yang sedang dihadapi pada situasi sekarang.

 

B.             Tempat dan Waktu Penelitian

 Penelitian ini dilakukan pada Kebab Gochenk yang beralamatkan di Jalan Cipta Karya – Pekanbaru. Waktu penelitian ini dilakukan pada bulan November sampai selesai.

 

C.            Teknik Pengumpulan Data

 

            Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu:

 

1.       Metode Observasi, Penulis mengamati secara langsung bagaimana perhitungan harga pokok produksi dengan menggunakan metode full costing di kebab gochenk cipta karyayang digunakan selama proses produksi.

 

2.       Metode Wawancara, Definisi wawancara menurut Mohammad Nazir (1999:234) adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara sipenanya atau pewawancara dengan sipenjawab atau responden dengan mengunakan alat yang dinamakan interview guide (panduan wawancara).

 

3.       Studi Pustaka merupakan metode pengumpulan data yang berasal dari buku- buku literatur.

 

 

BAB IV

HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN

 

A.   Biaya Bahan Baku Kebab Gochenk

 

Perhitungan harga pokok produksi UMKM “Kebab Gochenk”.

Berikut ini akan disajikan perhitungan harga pokok produksi per pcs kebab yang selama ini dilakukan oleh Owner Kebab Gochenk cabang cipta karya.

 

Tabel 4.1

Price List kebab Gochenk

 

Varian Best SellerBiaya Bahan BakuKuantitas TerjualHasil
Kebab DagingRp 5.00045 PcsRp. 225.000
Kebab Daging TelurRp 7.00050 PcsRp. 350.000

Kebab Spesial

(Daging+Telur+Keju)

Rp 10.00035 PcsRp. 350.000
TotalRp. 22.000 Rp. 925.000

 

Tabel 4.2

Biaya Bahan Baku Per Bulan

 

NAMA BAHANJumlahHarga
Tortila Kebab 24 cm400 Pcs450.000
Daging Kebab5 Kg550.000
Sayur Selada2 Kg35.000
Bawang Bombay1 Kg20.000
Margarin Blue Band2 Kg80.000
Mayonaice2 Kg30.000
Sauce Cabe Delmonte2 Kg75.000
Sauce Tomato Delmonte2 Kg75.000
Timun2 Kg21.000
Tomat2 Kg18.000
TOTAL BIAYA1.354.000

 

 

Tabel 4.3

Biaya Bahan Perlengkapan

           

NAMA BAHANJumlahHarga
Bunner Daging1 Pcs1.700.000
Pisau Daging1 Pcs15.000
Pan Pemanas1 Pcs120.000
Penjepit Makanan1 Pcs13.000
Regulator Gas 3 Kg1 Set150.000
Piring10 Pcs100.000
Kertas Kebab400 Pcs250.000
Plastik2 Kg75.000
TOTAL BIAYA2.423.000

 

 

Tabel 4.4

Biaya Tenaga Kerja Langsung Kebab Gochenk

 

Jenis PekerjaanTotal Jam KerjaBiaya / JamTotal

Tenaga Kerja Langsung

(1 Orang dengan Part Time 8 Jam)

8  Jam/Jam3.80030.400
TOTAL BIAYA30.400

 

Tabel 4.5

Biaya Overhead Kebab Gochenk

 

Jenis Biaya OverheadHarga
Biaya Listrik Per Bulan100.000
Biaya Tempat Per Bulan100.000
TOTAL BIAYA200.000

 

 

 

B.       Harga Pokok Produksi Kebab Gochenk

 

Tabel 4.6

Perhitungan Harga Pokok Produksi Kebab Gochenk

           

Elemen BiayaJumlah Biaya (Rp)

Unit Produksi

(3 Varian)

Biaya Bahan Baku1 Pcs1.700.000
Pisau Daging1 Pcs15.000
Pan Pemanas1 Pcs120.000
Penjepit Makanan1 Pcs13.000
Regulator Gas 3 Kg1 Set150.000
Piring10 Pcs100.000
Kertas Kebab400 Pcs250.000
Plastik2 Kg75.000
TOTAL BIAYA2.423.000

 

Perhitungan Harga Pokok Produksi Metode Full Costing

Full Costing merupakan metode penentuan biaya produksi dengan memperhitungkan unsur-unsur biaya produksiyang terdiri dari biaya bahan baku langsung dan biaya tenaga kerja langsung.

 

Perhitungan Harga Pokok Penjualan Menggunakan Metode Full Costing Pada UMKM Kebab Gochenk Per Bulan

 

NoKeteranganTotal Biaya
1

Biaya Bahan Baku Per Bulan

 

1.354.000
2

Biaya Bahan Perlengkapan

 

2.423.000
3Biaya Tenaga Kerja Langsung Kebab Gochenk915.000
4Biaya Overhead Kebab Gochenk200.000
5Biaya Harga Pokok Produksi2.423.000
6 Jumlah Produksi ( PCS)900
TOTAL BIAYA6.430.400

 

Berdasarkan Perhitungan harga pokok penjualan dengan metode full costing di atas didapat harga pokok penjualan per unit lemari sebesar Rp.6.430.400 yang diperoleh dari biaya produksi (harga pokok produksi) ditambah biaya non produksi (biaya angkut) dibagi dengan jumlah unit produksi dalam 1 Bulan yaitu 900 Pcs.  Perhitungan  tersebut menjadi dasar penentuan harga jual Kebab Gochenk per bulan.

Laba yang ditetapkan dari produksi Kebab Gochenk adalah sebesar 10% dari harga pokok penjualan. Sehingga untuk menentukan harga jual Kebab Gochenk per Pcs dapat dirumuskan, sebagai berikut :

 

Harga Jual = B. Produksi + B. Perlengkapan + B. Tenaga Kerja Langsung +       B. Overhead +B. Bahan Baku + Markup

 

Jumlah Produksi

= 2. 423.000 + 2.423.000 + 915.000 + 200.000 + 1.354.000 +

{(2.423.000 + 2.423.000) x10%}

                        900

= 7.315.000 + 484.600

900

= 7.799.600

           900

= 8.666

= 9.000 ( Pembulatan )

 

BAB V

KESIMPULAN DAN SARAN

 

5.1 Kesimpulan

 

Berdasarkan analisis dari pembahasan hasil penelitian, penulis dapat menarik kesimpulan yaitu:

Perhitungan harga pokok produksi menurut perusahaan dan menurut metode full costing menunjukkan hasil yang berbeda dikarenakan perusahaan membebankan biaya bahan baku dengan jumlah yang sama untuk semua produk.

 

5.2 Saran

 

Berdasarkan kesimpulan diatas, saran yang tepat untuk disampaikan ke Kebab Gochenk Cipta Karya adalah:

 

1.      Sebaiknya tetap menghitung harga pokok produksi secara sederhana saja menurut perusahaan karena perbedaan komposisi antara perhitungan  metode full Costing. Metode harga pokok produksi yang seharusnya digunakan pada Kebab Gochenk yaitu metode full costing karena metode ini merinci seluruh biaya yang dikeluarkan pada saat kegiatan produksi, sehingga informasi yang dihasilkan lebih akurat dan membantu dalam menetapkan harga jual produk serta mampu memaksimalkan laba yang diperoleh.

 

2.      Agar dapat bertahan dan berkembang, Kebab Gochenk harus mempunyai sebuah laporan keuangan yang baik dan tertata rapi karena laporan keuangan tersebut dapat memberikan informasi dasar untuk membuat perencanaan biaya dan beban serta sebagai sumber data bagi proses penyusunan anggaran.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

Mursyidi, Buku Akuntansi Biaya tahun 2017.PT RefikaAditama. Bandung.

Suwardjono. 2014. Teori Akuntansi Perekayasaan Pelaporan Keuangan, edisi ketiga cetakan kedelapan.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 



Berita Terkait +

RTH Kantor Camat Kandis Dirusak Sayembara Dibuat Untuk Ungkap Pelaku

Porprov Riau X 2022 Kuansing, Irfan Atlit Lempar Cakram Putra Raih Medali Emas

Pemkab Rohil Launching Aplikasi Srikandi

Antisipasi Covid-19, 1.599 Napi Sudah Dibebaskan di Riau, Wajib Lapor Pakai Video Call

Pagi Ini Titik Hotspot Terpantau Lagi di Minas Barat, Hasilnya Tetap Nihil Karhutla

Polsek Pangkalan Kuras Menggelar (Penling) Menghimbau Masyarakat Agar Ikuti Vaksinasi

KEMITRAAN Bersama Rel-AKHLAG Simulasi Pembuatan Sumur AKHLAG

Cegah Tindak Kriminal & Sosialisasi Prokes, Polsek Minas Patroli di Gereja Serta Tempat Umum Lainnya

Kapolsek Tapung Pimpin Jumat Barokah dan Serahkan Paket Sembako Kepada Warga Kurang Mampu di Desa Petapahan

Kapolres Siak Pimpin Apel Sertijab Perwira di Makopolres Siak.

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dihadiri Ratusan Anak Kemenakan, Halal Bihalal Suku Melayu Berjalan Sukses

2

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

3

Petugas Lapas Pasir Pengaraian Donorkan Darah Jelang Peringatan HBK Ke-60

4

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

5

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

6

Ciptakan Situasi Kamseltibcarlantas Pasca Lebaran, Personil Polsek Minas Lakukan Patroli KRYD