MENU TUTUP

ANALISIS SWOT DAN IFE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADAPISANGKEJU 89

Jumat, 27 Januari 2023 | 20:30:19 WIB Dibaca : 2261 Kali
ANALISIS SWOT DAN IFE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADAPISANGKEJU 89

ANALISIS SWOT DAN IFE DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING PADAPISANGKEJU 89

 

ALFANSYAH

CINDY OKTAVIA

190304021

190304006

DIANA FEBRIANI190304007
LIA ARISANTY190304263
  

[email protected]

 

PENDAHULUAN

DariPerspektifdunia,sudahdiakuiusahamikrokecilmenengah(UMKM)memegangperananyangsangatvitaldalampertumbuhanperkembanganekonomi.Tidakhanya di negara yang sedang berkembang, tetapi juga di negara maju. Di negara yangsedang berkembang UMKM memegang peranan penting dari perspektif kesempatanbekerjadansumberpendapatanbagikelompokmiskin,distribusipendapatan,pengurangankemiskinan,danekonomipedesaan(Kadin,2008).JumlahUMKMdiIndonesia mencapai 56,2 juta unit dan mampu menyerap 97, 2% tenaga kerja dari totalangkatankerjayangada.

Kedudukan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dalam perekonomiannasionalmemegangperananpentingdanstrategis.Padaeraglobalisasiini,perkembangandunia usaha di Indonesia mengalami persaingan yang cukup ketat di segala bidang, baikdalam bidang perindustri maupun perdagangan. Persaingan tersebut disebabkan karenaperekonomian yang semakin berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, suatu usahaharusbersainguntukdapatbertahandanberkembangsertadapatmempertahankankelangsunganusahanyasehingga tujuan usahaakan tercapai.

Perkembanganekonomiditandaidenganadanyaperubahan-perubahanyangmenyebabkan suatu usaha akan menghadapi berbagai kendala di dalam perkembanganusahanya. Kondisi pertumbuhan suatu usaha sekarang ini cukup tinggi, di mana dapat dilihat dari tumbuhnya berbagai jenis usaha dengan produk yang sejenis, sehingga akanterjadi persaingan dalam memperebutkan pangsa pasar dan konsumen. Dalam hal ini,pemilikusahahendaknyamengetahuipasardimanaprodukyangdiproduksiakanditawarkanataudipasarkan.Duniabisnismenuntutperananpemasaranyangdapatmenunjangkemajuanusahabisnis.Majuataumundurnyasuatubisnisakansangatditentukanolehkeberhasilankegiatanpemasaranbisnistersebut.Karenakegiatanpemasaran merupakan kegiatan bisnis yang berhubungan langsung dengan masyarakatluas(pelanggan).

SalahsatukotayangbisadikatakanhidupdengankeberadaanUMKMini,adalahkota Pekanbaru. Kota Pekanbaru merupakan daerah strategis dimana penduduknya yangsemakinmeningkatdanmenjadikotametropolitan.PerkembanganKotaPekanbaruyangpesat juga tercermin dari pesatnya pertumbuhan usaha yang ada diberbagai tempat,dengan bermacam sektor usaha. Salah satu usaha yang sangat menonjol adalah usaha dibidangkuliner.HampirdisetiapsuduttersebarusahakulineryangtersediadiKota

 

 

Pekanbaru dengan bermacam-macam pilihan kuliner. Usaha kuliner ini, tidak hanyamenyediakan minuman saja tetapi juga meyediakan makanan seperti halnya makananringan,makananberat,makananyangjarangditemuidanbahkanadayangmenyediakandalam satu tempat makanannya lengkap. Boleh bisa dikatakan usaha kuliner di kotaPekanbaru tidak ada matinya karena dari mulai pagi, siang, sore, malam hingga subuhpaginya lagi usaha kuliner masih saja terbuka. Ini membuktikan bahwa usaha kuliner dikotaPekanbarutumbuhdengansangatpesat.BanyaknyausahakulinerdikotaPekanbarudengan jenis makanan yang di jajakan berbeda pula, membuat pemilik usaha harus jelimelakukanpertahanan keberlangsungan usahakulineryang ia miliki

Bisnis kuliner tidak dapat lepas dari perkembangan teknologi dan komunikasi.Artinya,perkembanganteknologidankomunikasitelahmembuatadanyaperubahanbaikdibidangsosial,ekonomidanbudayayangberlangsungdengancepat.Denganberkembangnyateknologidankomunikasiyangsemakincepatmakabidangfinancialdanteknologi juga semakin berkembang dengan efisien dan modern (Adib, 2011). Hal inijuga dapat mempermudah suatu usaha untuk melakukan strategi pemasaran yang lebihefesien dan efektif. Dalam menghadapi persaingan, para pelaku bisnis harus mampumenyusun strategi untuk bersaing. Strategi penting bagi pelaku bisnis karena merupakanbagian dari aktivitas yang dirancang untuk menjalankan aktivitas bisnis. Semakin baikdan tepat strategi bisnis yang diterapkan semakin kuat dalam menghadapi persainganbisnis dan mampu unggul dalam persaingan (Nyimas,2014). Selain menetapkan strategi,terlebihdahulupemilikhendaknyamengetahuikelemahandankekuatandariusahayangdijalaninya.

Bukan hanya sekedar untuk mengingatkan kembali dan penanaman kesetiaankepada masyarakat luas terhadap usaha kuliner yang sudah duluan atau cukup lamaberdiri, bagi usaha yang akan berkembang komunikasi pemasaran juga sangat berperanpenting. Mengapa tidak, usaha kuliner yang sedang akan berkembang membutuhkanbanyak minat dari seluruh masyarakat Kota Pekanbaru. Bukan hanya sekedar untukmengingatkankembalidanpenanamankesetiaankepadamasyarakatluasterhadapusahakuliner yang sudah duluan atau cukup lama berdiri, bagi usaha yang akan berkembangkomunikasipemasaranjugasangatberperanpenting.Mengapatidak,usaha kulineryangsedang akan berkembang membutuhkan banyak minat dari seluruh masyarakat KotaPekanbaru

Bisnis kuliner mempunyai kecenderungan yang terus meningkat baik dari segikualitas maupun kuantitas karena makanan dan minuman merupakan kebutuhan pokokmanusia.Banyaknyapelakubisnisyangmencoba merambahbisniskulinerdiPekanbarusaatinimenyebabkanpeningkatanjumlahpelakudisektorkulinersemakinharisemakinbertambah sehingga persaingan antar pelaku bisnis kuliner cukup tinggi. Selain karenasektorinilebihmudahdijalankandaripadabisnislainnya,namunbisnisinidapatdikatakanbisnis yang dapat menghasilkan profitdengan baik.

Pisang Coklat Keju Krispi merupakan makanan kecil atau cemilan yang disukaiolehbanyakorang.Tidak sedikitWargaNegaraIndonesiayangmenyukaipisangCoklatKeju krispi. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa menyukai makanan ini. Bahkanorang-orang barat juga telah jatuh cinta dengan makanan ini. Harganya yang murah,terjangkauolehbanyakmasyarakat,danrasanyayangenakmembuatmakananinimenjadisalahsatupeluangusahabisniskecilyangsangatmenguntungkan.Indonesia

 

 

merupakan salah satu Negara penghasil pisang terbesar di dunia. Pisang yang dihasilkandi Indonesia juga mempunyai rasa yang berkualitas dan beragam jenisnya. Makanan iniakan menjadi usaha bisnis kecil yang menguntungkan sejak dulu dan mulai berkembangdengan berbagai rasa. Tidak hanya itu,makanan ini dengan berbagai macam variasi itupunmulaidieksporkemancanNegara(terutamadiNegara-negaraasialainnya

).Banyaknya permintaan pasar duniaakan cemilan yang satu ini membuat alasan lainkenapa bisnis ini menjadi bisnis yang mempunyai peluang yang sangat bagus untukdiperjual-belikan.Keutunganyangmungkindiperolehdaribisnismakananinikemungkinan sesuai apa yang diharapkan sebelumnya.Di 5 tahun (terakhir) penjualanpisangcoklatkejukrispiberanekamacamrasaitupunnaikdrastishingga75%daneksporpenjualan pisang ke berbagai Negara di dunia ( di Negara asia naik hingga 50%sejaktahun 2008 ). Kenaikan ini membuktikan bahwa bisnis pisang beraneka rasa memilikipeluang bisnis yang sangat menguntungkan. Tidak perlu ada pembuktian lagi tentangkeuntungan yang didapatkan dari usaha bisnis ini. Hasil survey juga telah membuktikanbahwausahabisnis pisang goreng inimemang benar-benar menguntungkan.

Sebagai salah satu jenis usaha yang bergerak di bidang sektor kuliner, UMKMPisang Keju 89 menyediakan olahan pisang keju goreng krispi yang hingga kini masihbisa bertahan di daerah pekanbaru dan sudah membuka lebih dari 3 cabang. Keinginanuntuk mengembangkan usahanya menuntut sang pemilik bisnis memikirkan bagaimanacaranya menerapkan startegi pemasaran yang tepat, menganalisis setiap kekuatan dankelemahanusahanya,menganalisapeluangsertaancamandariusahalaindanmenghindarisegalaresikoyangdapatmembahayakankelangsunganusahanya. Hal yangdapat dilakukan untuk menganalisis permasalahan ini yakni Analisa SWOT dan AnalisaIFE. Diharapkan dari penelitian analisa ini, usaha pisang keju 89 tetap terus berkembangdanbertahan di sektor kuliner Pekanbaru.

 

PEMBAHASAN

AnalisisSWOTadalahidentifikasiberbagaifaktorsecarasistematisuntukmerumuskanstrategiperusahaan,analisisinididasarkanpadalogikayangdapatmemaksimalkankekuatan(strength)danpeluang(opportunities),namunsecarabersamaandapatmeminimalkankelemahan(weakness)danancaman(threats).(Rangkuti,2006).Analisisinididasaripadaasumsibahwasuatustrategiyangefektifakanmemaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta meminimalkan kelemahan danancamannya. Bila diterapkan secara akurat, asumsi sederhana ini memiliki dampak yangsangat besar dari rancangan suatu strategi yang berhasil dan analisis lingkungan bisnisyangmemberikaninformasiyangdibutuhkanuntukmengidentifikasipeluangdanancaman yang berada di dalam perusahaan. Analisa ini secara logis dapat membantudalam proses pengambilan keputusan. Proses pengambilan keputusan berkaitan denganvisidanmisiperusahaansertatujuanperusahaan.SehinggaanalisisSWOTdapatdigunakan sebagai alat efektif untuk menganalisis faktor- faktor yang mempengaruhiperusahaan,sebagai prosespengambilan keputusanuntuk menentukan strategi.

MenurutDavid(2009)menyatakanbahwamatriksIFEdigunakanuntukmengetahuikekuatandankelemahanperusahaan.MatriksEFEdigunakanuntukmengidentifikasi faktor – faktor eksternal perusahaan dan mengetahui seberapa besarperanandarifaktor–faktorinternalyangterdapatpadaperusahaan.MatriksIFE

 

 

menunjukkankondisiinternalperusahaanberupakekuatandankelemahanyangdihitungberdasarkanrating dan bobot

Jenispenelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkualitatif.Pendekatandeskriptifinibertujuanuntukmenggambarkansuatukeadaanatausituasiyangsedangberjalanpadasaat penelitian dilakukan (Untari, 2017). Penelitian deskriptif kualitatif yang digunakandalampenelitianinidimaksudkanuntukmemperolehinformasimengenaistrategipemasaranusahamikrokecildanmenengahprodukPisangKeju89secaramendalamdankomprehensifsesuaidenganfaktayangterjadidilapangan.Denganmenggunakanpendekatankualitatifdiharapkandapatdiungkapkansituasidanpermasalahanyangdihadapioleh usahaproduk Pisang Keju89 dibidang pemasarannya.

Datayangdigunakandalampenelitianinimeliputidataprimerdansekunder.Dataprimer yang digunakan yaitu kuesioner dengan cara mengajukan daftar pertanyaan atauwawancara dan observasi langsung kepada pemilik usaha atau beberapa karyawan. Datasekundermerupakansumberdatapenelitianyangdiperolehpenelitisecaratidaklangsungataupuninformasipenunjangpenelitianyangdidapatdarimediasosial,buku,jurnalsertapenelitian terdahulu yang membuat informasi atau data-data yang berkaitan denganpenelitian berupa bukti, catatan ataupun laporan historis yang telah tersusun dalam arsipbaikyang dipublikasikan maupun tidak dipublikasikan.

Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisisfaktor internal (kekuatan dan kelemahan) dan faktor eksternal (peluang dan ancaman)yangmenjadidasardalammelakukananalisisSWOT.AnalisisSWOTdilakukandenganmatriks IFE (Internal Faktor Evaluation) untuk mengidentifikasi faktor-faktor kekuatanterbesardan kelemahansebuah usaha.

 

Hasilpenelitian:

Faktor-faktor yang mempengaruhi suatu usaha (internal), namun juga di luarusaha (eksternal). Lingkungan internal adalah faktor-faktor yang berada dalam kegiatanproduksi dan langsung mempengaruhi hasil produksi. Sedangkan lingkungan eksternalusahayangberpengaruhtidaklangsungterhadapkegiatanusaha.MenurutAlfanur(2016),gunamenilaiefektifitaspemanfaatansebuahmodelbisnisdapatdigunakandengan analisis SWOT. Variabel internal terbagi menjadi dua jenis yaitu kekuatan dankelemahan,sedangkanvariabeleksternalyaitupeluangdanancaman.Suatuusahadalammenjalankan usahanya tidak ditetapkan pasti selalu mulus atau sesuai dengan apa yangdiharapkan.Selainitupastinyaselaluadahambatandanrintanganyangakanmenghampiri. Hal ini nampaknya juga dialami pada strategi pemasaran UMKM PisangKeju89 di Pekanbaru.

Faktor ekternal ini mempengaruhi opportunities and threats (O dan T). Dimanafaktor ini menyangkut dengan kondisi- kondisi yang terjadi di luar perusahaan yangmempengaruhidalampembuatankeputusanperusahaan.Faktorinimencangkuplingkunganindustry(industryenvironment)danlingkunganbisninmakro(macroenvironment), ekonomi, politik, hukum, teknologi, kependudukan, dan sosial budaya.Sedangkan Faktor internal ini mempengaruhi terbentuknya strengths and weaknesses (Sdan W). Dimana faktor ini menyangkut dengan kondisi yang terjadi dalam perusahaan,yangmanainiturutmempengaruhiterbentuknyapembuatankeputusan(decisionmaking)perusahaan.Faktorinternalinimeliputisemuamacammanajemenfungsional:pemasaran,keuangan,operasi,sumberdayamanusia,penelitiandanpengembangan, sisteminformasimanajemen,danbudayaperusahaan(corporateculture).

BerdasarkananalisisfaktorinternaldaneksternalpadausahaUMKMPisangKeju89, maka dapat disusun beberapa alternatif strategi berdasarkan analisis matriks SWOT.Hasil dari analisis matriks SWOT pada UMKM Pisang Keju 89 disajikan pada tabeldibawah ini. Berikut hasil analisis yang telah dirumuskan dengan analisis yang dapatdirumuskandengan menggunakan analisisSWOT.

 

 

FaktorInternal
Strength(S)Weakness(W)

·     Produk pisang keju 89 memiliki cirikhasrasatersendiriyangmemilikikarakter,salahsatucontohmenggunakangulamerahyangdijadikanbubukuntuktambahantopping,halinisangatjarangdigunakanolehusahalainyangsejenis

·     Memilikirasayangmumpuni

·     Hargadankualitasprodukyangseimbang

·     Proses pembuatan pisang keju krispisangathigenis

·     Kualitasprodukyangterjamindimana menggunakan semua bahan-bahanyangberkualitasbagusdimulaidaripemilihanjenispisangyangbagus,susu, keju, coklat,dsb

·     Pelayananpenjualyangsangatramahdanseru

·     Tempatnya        yang         strategis

mempermudahkonsumenuntukmengunjungi

·     Promosiyangdilakukankurangmaksimal

·     Masih sedikitnya karyawan sehinggamenyebabkanpelangganharusmenunggusedikit

·     Tidaktahanlamadikarenakanproduknyatidakmengandungbahanpengawet

·      Hargabahanbakuyangkurangstabil

·     Belummenyediakanpembayaransecaranon tunai di eracashless

·     Produkpisangkeju89belummemilikicitramerk

Faktoreksternal
Opportunity(O)Threat(T)

·     Budayamasyarakatyang konsumtif

·     UMKMmasihberbentukgerobakyang ke depannya mampu dan bisauntukmelakukan franchise

·     Dapatdipasarkankepadakalanganberbagai usaha, karena makanan inidisukaiolehbanyakkalangan(digemarimasyarakat)

·     Penggunaanaplikasipemesananmakanan,mempermudahkonsumen

·     PisangKeju89kurangmampubersaingdarisegiharga,karenatergolongcukupmahaldariusahasejenis(harga20ribu)

·     Denganvarianmenuyangtidakbanyak,halinidapatdenganmudahnyaditiruolehUMKMlaindansulitbertahan

·      Perubahanselerakonsumen


 

 

 

dalambertransaksi

·     Belumbanyaknyapesaingsejenisyangmenggunakancitrarasayangsama

 

 

Matriks SWOT dapat menggambarkan bagaimana peluang dan ancaman darilingkunganeksternalperusahaandiantisipasidengankekuatandankelemahanyangdimilikinya. Maktriks SWOT akan mempermudah merumuskan berbagai strategi. Padadasarnya alternatif strategi yang diambil harus di arahkan pada usaha- usaha untukmenggunakan kekuatan dan memperbaiki kelemahan, menanfaatkan peluang- peluangbisnissertamengatasiancaman.SehinggadarimatriksSWOTtersebutakanmemperolehempatkelompokalternatifstrategiyangdisebutstrategiSO,strategiST,strategiWO,danstrategiWT.

 

AnalisisMatriksSWOTuntukStrategi SO:

Untuk melihat kekuatan digunakan dalam memanfaatkan peluang yang dimilikiUMKMPisangKeju89yangdapatmembentukstrategipemasaran.MenurutAlberTulak(2013), perusahaandapat memaksimalkan produksinya untuk memenuhi permintaanpasar dan memperluas pasarnya. Strategi yang digunakan yaitu tetap mempertahankankualitas produknya, meningkatkan pelayanan yang memuaskan, serta memaksimalkanjumlahproduksi denganmemanfaatkan pisang denganmaksimal.

 

AnalisisMatriksSWOTuntuk StrategiWO :

Kelemahan dan peluang yang dimiliki UMKM Pisang Keju 89 dapat disusunstrategiuntukmeminimalkankelemahanyangadasehinggaperusahaandapatmemanfaatkan peluang dan menentukan strategi pemasaran dengan mendesain ulangkemasanproduksemenarikmungkin,mulaiberinovasidenganmemasukipasare-commerce seperti Shopeefood, grabfood maupun gofood. Strategi ini juga digunakanpada hasil kajian Ika Kurnia (2018), yaitu dengan memanfaatkan media online/internetsebagaisaluran pemasaran gunamemperluas pangsapasar.

 

AnalisisMatriksSWOTuntukStrategi ST:

DilihatdarikekuatandankelemahanpadausahaUMKMPisangKeju89menggunakan kekuatannya untuk mengatasiancaman yang datang kapan saja yaitudenganmenjagakestabilanharga,mempertahankankualitasprodukdanpelayananuntuktetap membuat konsumen loyal, mencari beberapa alternatif pemasok bahan baku yangharganya bisa dinegosiasikan apabila terjadi kenaikan. Berdasarkan hasil kajian TikaAulia(2021)strategiinisangatperludilakukanpemilikusahauntukmenghindarisesuatuhal yang tidak diinginkan, karena sangat penting dalam membuat penentuan harga yangnantinya akan berpengaruh terhadap permintaan konsumen. Strategi tersebut digunakanuntuk mempertahankan usahanya agar tidak jatuh seiring dengan kondisi persainganusaha yang tinggi dan kenaikan harga bahan baku, jadi walaupun UMKM Pisang Keju89 memiliki ancaman tersebut tetap dapat menjalankan usaha dengan strategi yang adapadastrategi ST.

 

 

AnalisisMatriksSWOTuntukStrategiWT

Kelemahan dan ancaman yang ada pada usaha UMKM Pisang Keju 89 dapatdiminimalkan kelemahan internal untuk menghindari ancaman dari eksternal yaitu tetapkonsisten memasarkan produk kepada para konsumen dan menciptakan desain serta citarasa baru sehingga konsumen lebih tertarik pada produk yang ditawarkan dan produkmampu bersaing di pasaran. Kemasan/packaging yang menarik dan berbeda tentunyasangatberpotensiuntukmembuatcirikhastersendiridiantaraprodukyangserupalainnya(Tika Aulia, 2021). Strategi tersebut digunakan saat kondisi perusahaan di posisi palingbawah, UMKM Sari Ulam dalam menjalankan usaha olahannya harus tetap konsistenmemasarkan produknya baik lewat media sosial yang sudah ada maupun e-commerce,dapat dilakukan dengan menciptakan desain serta cinta rasa yang baru agar menciptakanketertarikankonsumen untuk membeli produknya.

 

Dengan matriks strategi SWOT tersebut, kemudian dilakukan positioning, untukmengukurposisiBMTyangbersangkutan.Mengingatpengaruhaspekinternaldaneksternal terhadap bisnis pada BMT berbeda-beda, maka dalam melakukan positioningharusdilakukan pembobotan atas aspek-aspek tertentu.

 

Hasilpenelitian:

Analisis matriks IFE digunakan untuk mengetahui seberapa besar peranan darifaktor-faktor internal yang terdapat pada perusahaan. Matriks IFE menunjukkan kondisiinternalperusahaanberupakekuatandankelemahanyangdihitungberdasarkanratingdanbobot. Pada matriks IFE, faktor internal utama didapatkan dari kekuatan dan kelemahanperusahaanyang telah dievaluasi darianalisaSWOT.

BeberapatahapyangdilakukandalammembuatmatrikIFE adalah

a.            Melakukan identifikasi faktor sukses kunci internal sebanyak 10-20 faktor.Faktor-faktor tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu kelemahan dan kekuatan yangdimilikioleh perusahaan.

b.            Memberikan bobot dengan angka 0 sampai dengan 1.Angka 0 diartikan sebagaifaktor yang tidak penting, sedangkan angka 1 diartikan sebagai faktor yang palingpenting.

c.            Setelahmemberibobotmakaselanjutnyamemberikan rangkingdenganketentuan

d.            Setelah tersisi bobot dan rangking, maka selanjutnya adalah mengalikan keduanyadanmenaruh hasilnyapadakolom skor bobot tertimbang.

e.            Terakhir jumlahkan skor tertimbang pada stiap faktor untuk menentukan total skortertimbangperusahaan.

Dalam melakukan pembobotan dan pemberian nilai dalam setiap aspek padaanalisisfaktorinternal(InternalFactorEvaluation)dapatdilakukandengantahapankerjasebagaiberikut:

a.            Tentukan faktor- faktor penting dari kondisi internal suatu industri yang akanditeliti, kelompokkan ke dalam kekuatan- kekuatan dan kelemahan- kelemahan.Kolombobotmerupakantingkatkepentingan tiap-tiap factorpembobotan

0,20 sangatpenting

0,15           penting

 

0,10 cukuppenting

0,05   tidakpenting

danjikadijumlahkanakanbernilai1,00.

b.            Rating merupakan nilai kondisi internal setiap organisasiNilai4 kondisi sangat baik

nilai3           kondisi baik

nilai2           kondisi biasasaja

nilai1           kondisi buruk.

Faktor-faktorbernilai3dan4hanyauntukkelompokstrengths,sedangkanbernilai2dan 1 untuk kelompok weaknesses.

c.            Nilaitiap-tiapfaktormerupakanhasilkaliantarabobotdanrating.Jikaseluruhnilaidijumlahkan,makadapat diketahuinilaiIFE dari organisasitersebut.

 

 

FaktorInternal UtamaBobotPeringkatNilaiTertimbang
KekuatanInternal
1

Produk pisang keju 89 memiliki cirikhasrasatersendiriyangmemilikikarakter,salahsatucontohmenggunakangulamerahyangdijadikanbubukuntuktambahantopping,halinisangatjarangdigunakanolehusahalainyang

sejenis

0,1740,68
2Harga   dan   kualitas    produk   yangseimbang0,1430,42
3Prosespembuatanpisangkejukrispisangathigenis0,1130,33
4Pelayananpenjualyangsangatramahdanseru0,1540,60
5Tempatnya           yang           strategismempermudahkonsumenuntukmengunjungi0,1330,39
KelemahanInternal
1Promosi    yang    dilakukan    kurangmaksimal0,730,21
2Masih sedikitnya karyawan sehinggamenyebabkanpelangganharusmenunggusedikit0,1020,20
3Produk    pisang    keju    89    belummemilikicitramerk0,420,8
4Tidaktahanlamadikarenakanproduknya tidak mengandung bahanpengawet0,910,9
Total1 3,00


 

 

Berdasarkan hasil perhitungan pada matriks IFE, diperoleh bahwa total nilai skorterbobot sebesar 3,00 . Dari total skor terbobot terssebut dapat disimpulkan bahwa usahaPisang Keju 89 memiliki posisi internal yang cukup kuat. Hal ini menunjukan bahwausahaPisangKeju89sudahmampudalammemanfaatkankekuatandanmampumengatasikelemahan yang dimiliki.

 

 

SIMPULAN

Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan pendekatan SWOT dan IFE dapatdisimpulkanbahwaposisisUMKMPisangKeju89beradadiposisiyangmenguntungakanbagipemilikibisnisdandapatmenggunakanstrategipertumbuhanagarlebihbanyakmasyarakatyangmengetahuiakanusahaini.Hasildarisegikekuatanyaknibahanbakuyangberkualitasdengancirikhasrasayangunik.Darisegikelemahanyaknisegi promosi yang kurang dan ketahanan produk yang tidak tahan lama karena tidakmengandungbahanpengawetnamunbaikuntukdikonsumsi,namunpenelitiyakinkekuatanakandapattetapdipertahankandandikembangkanserta kelemahandapatditinjau kembali dan di minimalisirkan, Perancangan strategi bisnis di UMKM PisangKeju 89 digunakan untuk mengetahui keadaan internal dan eksternal suatu usaha, posisidaya saing dan mengetahui posisi usaha. Setelah melakukan analisis, penulis masihmerasabanyakkekurangandalammelakukanpenelitianinisehinggasaranuntukpenelitian selanjutnya untuk menguji stategi pemasaran yang telah dianalisis didalampenelitianini.

 

DAFTARPUSTAKA

 

Adib,Muhammad.2011.FilsafatIlmuOntologi,Epistemologi, Aksiologi dan logikailmupengetahuan. Yogyakarta: Pustaka pelajar

AlberTulak.2013.PengembanganStrategiIndustriPengolahanIkanPTPaluJayaUtamaKecamatanPalu UtaraKota PaluSulawesi Tengah.Fakultas Pertanian.

UniversitasTadulako

Nurrohmah, Anandia dan Alfanur Farah (2016) Adopsi E-Commerce Pada Usaha MikroDan Kecil Di Bandung (Studi Kasus Subsektor Fesyen). Jurnal Manajemen, 3,Page1120.

David,FredR.2009.Manajemen StrategisKonsep,Buku1. PenerbitSalembaEmpat.

Jakarta

Fitriah,Nyimas,et.al.(2014).MaterialSafetyDataSheet(MSDS) IodinedanHidrogenIodine.Bandung: Politeknik Kesehatan

Ika Kurnia, Triana Dewi. 2018. Alternatif Pemilihan Strategi Pemasaran Olahan IkanBuntal(Lagocephalusspadiceus)BerdasarkanAnalisisSWOTpadaAgroindustri

 

 

JayaUtamaKotaProbolinggo.FakultasPertanian.UniversitasJember

Rangkuti,F.2006.AnalisisSWOTTeknikMembedahKasusBisnis.Jakarta:PTGramedia

TikaAulia.2021.StrategiPemasaranDalamMeningkatkanPenjualanProduk(StudiPadaUMKMRoyalFoodMedan). Fakultas IlmuSosialdanPolitik.Universitas

SumateraUtara.

Untari,DewidanDewiEndahFajariana.2018.“StrategiPemasaranMelaluiMediaSosialInstagram(StudiDeskriptifpadaAkun@Subur_Batik”.JurnalSekretaridan

ManajemenVol.2No.2, September

 

 

LAMPIRANDOKUMENTASI

 

Dokumentasi dilakukan pada tanggal 16 Desember 2022 oleh Kelompok 2.Berlokasi di https://maps.app.goo.gl/JukZi4iZfxJys7iN6(Pisang Keju 89 DiJln.Ronggowarsito).

 

     
     
    


 

     
     
    


 


 

 

 

 



Berita Terkait +

Ciptakan Generasi Baru Taat Hukum, Jaksa Masuk Sekolah Ke SMA N 1 Pangkalan Kuras

Uji Coba Tol Bangkinang - pekanbaru, Pj Bupati langsung Kendarai Mobil Dinasnya

Pelda Syafri Serta Warga Binaannya & Tim Gabungan Patroli Di Buatan II Guna Antisipasi Karlahut

Bupati Serahkan 3 Unit Mobil Ambulance di Koto Kampar Hulu

Peduli Korban Kebakaran Polres Inhil Beri Bantuan Kepada Para Korban

Masuki masa New Normal, Ketua Dekranasda Kampar Minta Tetap Produktif dimasa Pendemi

Bentuk Kepeduliam TNI AD Terhadap Kesehatan Balita, Pelda Syafri Giat Pengecekan Anak Stunting di Kampung Kuala Gasib

Ulil Amri Lantik Ketua dan Pengurus PK KNPI se Kabupaten Siak

Polsek Kemuning Laksanakan Pengamanan Kampanye Dan Coolling System Kepada Warga

Tiga Kapolsek Dan Satu Kasat Jajaran Polres Siak Berganti, Berikut Ini Nama-namanya

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

2

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

3

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

4

Pegawai BPN Inhu Diduga Taak Serius Dan Terkesan Memperlambat Proses Pembuatan Sertifikat

5

Kritik Pemerintahan di Era Jokowi, BEM UNRI : Indonesia Over Korupsi, Jokowi Game Over Janji!

6

Badan Pemantau Kebijakan Publik Kepulauan Meranti Adakan Aksi Damai Bersama Aktivis Mahasiswa di Kantor Imigrasi Selatpanjang