MENU TUTUP

Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kabupaten Rohul Tahun 2022

Selasa, 06 Desember 2022 | 20:28:43 WIB Dibaca : 842 Kali
Deklarasi Damai Pilkades Serentak Kabupaten Rohul Tahun 2022

ROHUL, CATATANRIAU.com | Menjelang perhelatan demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022, perbedaan pilihan dan pendapat hal yang biasa serta netral dan kejujuran sebagai kunci suksesnya Pilkades serentak 2022.

Pernyataan itu disampaikan Bupati Rohul H. Sukiman saat Deklarasi Damai Pilkades serentak di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) tahun 2022, di Convention Hall Masjid Islamic Center Rohul, Selasa (06/12/2022)

Lanjut Bupati Sukiman, Deklarasi Ikrar Damai ini menjadi komitmen awal bagi para calon Kepala Desa agar menjaga tahapan pelaksanaan pilkades serentak hingga pada hari pencoblosan.

"Saya berharap calon kepala desa untuk tetap menjaga kondusifitas pelaksanaan Pilkades, dengan menjaga kerukunan dan menghindari gesekan antar pendukung dan selalu menjaga silaturahmi dengan calon lain yang ada di desa masing-masing," kata Bupati.

Bupati Sukiman juga mengimbau kepada seluruh calon kepala desa untuk dapat bersaing secara sehat untuk mewujudkan pemilihan yang damai, jujur, bebas, adil dan rahasia.

"Perlu kami ingatkan juga, bahwa deklarasi damai ini bukanlah sebatas agenda seremonial saja, melainkan juga sebagai bentuk komitmen para calon kepala desa dan seluruh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pilkades yang baik sesuai dengan aturan yang ada," harap Bupati.

Eks Dandim Inhil ini berpesan kepada panitia Pilkades di tingkat Desa untuk memperkuat koordinasi baik kepada Forkopimcam sebagai Sub panitia ditingkat Kecamatan, maupun Forkopimda sebagai Panitia Pilkades di Tingkat Daerah.

"Kami mengingatkan kepada seluruh kepala desa atau PJ, kepala desa atau Plt, kepala desa, BPD dan aparatur dalam jajaran pemerintahan desa serta panitia dan Panwas pilkades tingkat desa, hendaknya di dalam pemilihan kepala desa serentak ini, untuk dapat bersikap netral, tidak ada keberpihakan dari salah satu calon kepala desa," pintanya

Bupati Sukiman juga berpesan kepada panitia Pilkades ditingkat Desa untuk dapat bekerja secara jujur, sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Sementara itu, Ketua panitia Pilkades serentak di tingkat Kabupaten Rokan Hulu Fhatanalia Putra S.Sos mengatakan ada 69 Desa yang tersebar di 15 Kecamatan yang akan melaksanakan Pilkades serentak tahun 2022, yang mana 3 diantara pelaksanaan Pilkadesnya ditunda sampai waktu yang tak dapat ditentukan.

"Ada tiga Desa yang pelaksanaan Pilkadesnya ditunda, yakni Desa Sialang Jaya, Desa Kepenuhan Hilir dan Desa Kasang Mungkal, untuk pelaksanaannya akan menyesuaikan dengan Pilkades serentak selanjutnya yang jadwalnya belum diketahui," jelas Fhatanalia.

Fhatanalia mengingatkan kepada seluruh panitia pelaksanaan Pilkades serentak ditingkat Desa untuk dapat mengatur jadwal kedatangan pemilih dan membatasi jumlah pemilih di TPS, yakni paling banyak 500 DPT.

"Kepada panitia untuk dapat menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan, tentu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," tambahnya.

Deklarasi Damai Pemilihan Kepala Desa pada Pilkades serentak tahun 2022, ditandai dengan penandatanganan Deklarasi Damai oleh Bupati Rohul H. Sukiman, Calon Kades, kemudian diikuti Wakil Bupati Rokan Hulu H Indra Gunawan, Kapolres Rokan Hulu, AKBP Pangucap Priyo Soegito SIK MH,

Kepala Kejaksaan Negeri Rohul, Fajar Haryowimbuko, Dandim 0313/KPR diwakili Danramil 14 Kepenuhan, Kapten Arh Koridon Setio, Kepala Dinas dan Badan di Lingkungan Pemkab Rohul, serta Calon kepala Desa yang akan mengikuti Pilkades serentak se Rohul.***

Laporan : E.S Nst 

Editor : Idris Harahap 



Berita Terkait +

Kasmarni - Bagus Santoso, Dapatkan Dukungan Penuh dari Bahtin Suku Akit Hatas

Edy Natar Saya Turut Prihatin Dan Mengutuk Pengeboman Tempat Ibadah

Terlihat Keakraban H. Sukiman Dengan Warga Masyarakat Saat Melangsungkan Kampanye Dialogisnya

PPP Pelalawan Optimis 2024 Punya Wakil Disetiap Dapil

Dua Kader NasDem Mengundurkan Diri, Ini Tanggapan Dari Ketua Dewan Pakar - DPW NasDem Riau  

DPC Demokrat Inhu Ikuti Bimtek dan Rakor Bakomstra se Provinsi Riau

Duet Birokrat & Politisi Kasmarni-Bagus Saling Melengkapi di Debat Kandidat Paslon Bupati Bengkalis

Kantongi SK PAN & Hanura Abu Mansyur Matridi- Habibi Hapri Siap Bertarung Majukan Kab. Pelalawan

Kasmarni Sebut Akan Gratiskan Pelayanan Kesehatan di Bengkalis

Modus Money Politik di Pilkada Dumai, Selain Hutangkan Sembako, Fotocopy KK Dibayar Rp150 Ribu

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dihadiri Ratusan Anak Kemenakan, Halal Bihalal Suku Melayu Berjalan Sukses

2

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

3

Petugas Lapas Pasir Pengaraian Donorkan Darah Jelang Peringatan HBK Ke-60

4

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

5

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

6

Ciptakan Situasi Kamseltibcarlantas Pasca Lebaran, Personil Polsek Minas Lakukan Patroli KRYD