MENU TUTUP

Melihat Kondisi Meranti Makin Parah, Firman: DPRD Bisa Gunakan Hak Interpelasi & Hak Angket

Rabu, 27 Juli 2022 | 12:56:53 WIB Dibaca : 1417 Kali
Melihat Kondisi Meranti Makin Parah, Firman: DPRD Bisa Gunakan Hak Interpelasi & Hak Angket

MERANTI, CATATANRIAU.com | Kabupaten Kepulauan Meranti mendadak mencuat namanya di kalangan Provinsi Riau, bukan karena kemajuan melainkan kebijakan Pemerintah Daerah yang di nilai kontroversial dan di nilai tidak pro rakyat.

Menyikapi hal demikian, Firman Mahasiswa asal dari Kab. Kepulauan Meranti menyampaikan rasa kekecewaan kepada DPRD Kab. Kepulauan Meranti karena di anggap hanya diam melihat kebijakan yang di ambil pemerintah daerah yang tentunya tidak mengedepankan kepentingan rakyat.

"Saya merasa saat ini daerah saya Meranti seperti tidak ada DPRD, Karena DPRD Meranti hari ini seperti disfungsional semua kalau boleh kita sampai kan, karena tidak bisa melihat keresahan, kekhawatiran dan kekecewaan yang mendalam tampak di wajah masyarakat Meranti, Seharusnya ini tugasnya DPRD mengawasi kebijakan pemerintah daerah sesuai amanat UU tapi kenapa DPRD hanya diam saja?" Kata Firman saat di konfirmasi oleh awak media (Rabu, 27 Juli 2022)

Beliau menyampaikan bahwa kebijakan Bupati sangat abnormal dan banyak yang belum di tunaikan, seperti halnya tidak ikut serta Kafilah Meranti dalam pergelaran MTQ tingkat Provinsi, tidak ikut serta mengirimkan atlet Meranti di ajang Porprov tingkat provinsi, beasiswa belum penuh di tunaikan, wacana bagi sepeda, wacana bantuan fasilitas seragam sekolah anak-anak, wacana pembagian ternak. Namun sampai hari ini belum tampak program strategis  lainnya yang betul-betul di rasakan masyarakat terutama kesejahteraan masyarakat.
 
"Ini bupati aneh yang pernah saya temui selama saya hidup, MTQ itu bukan sekedar acara perlombaan tetapi menjadi alat atau wadah untuk merawat generasi, masa seorang bupati menyampaikan tidak ada dana. Tugas bupati itulah memfasilitasi dan menjadi support utama kalau ada agenda seperti ini, kalau tidak mampu buat apa jadi bupati". tegasnya

Menurutnya DPRD harus bersuara dan mengambil kebijakan tegas terhadap hal hal seperti ini, tanpa di minta pun DPRD seharusnnya bisa membaca dan menyerap aspirasi lewat reaksi-reaksi masyarakat di bawah, mulai dari banyak nya tokoh masyarakat yang angkat bicara terkait kondisi Meranti dan kondisi masyarakat Meranti saat ini .

DPRD Kab. Kepulauan Meranti harus nya cepat mengambil kebijakan, kalau perlu dan rasanya memenuhi syarat DPRD bisa menggunakan hak Interpelasi dan hak angketnya sesuai dengan amanat UU RI No 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, pasal 159 tentang hak anggota DPRD Kab/Kota.

"DPRD Kab. Kepulauan Meranti harus berani menggunakan hak Interpelasi itu supaya jelas bisa di pertanyakan kepada Bupati Kenapa bisa tidak ada dana alasan nya, Saya membaca bahwa RAPBD kita sudah sahkan cukup besar, Bupati punya program strategis tetapi sudah hampir separuh perjalanan program yang katanya strategis belum bisa di rasakan masyarakat, di lain hal saya juga membaca bahwa anggaran untuk biaya tak terduga sampai 19 M lebih, Masa memberangkatkan kafilah dan ikut Porprov saja tidak sanggup". Ungkap Firman dengan penuh kekecewaan

Jika ini di lakukan maka kepercayaan masyarakat akan bertambah kuat kepada anggota DPRD Kab. Kepulauan Meranti bahwa memang melakukan fungsi yaitu menyerap aspirasi masyarakat dan melakukan pengawasan,  tak ada tempat masyarakat mengadu lagi mau kemana dan wajah DPRD Meranti akan teringat sebagai histori yang membuat masyarakat Meranti kecewa jika tidak mengambil tindakan cepat dan tepat. 

"Kalau DPRD tidak melakukan tindakan tegas terhadap kebijakan-kebijakan seperti ini, maka kami dari Mahasiswa akan mengajak masyarakat untuk menyampaikan langsung aspirasi ini ke gedung dewan itu". Tutupnya (Akmal)


 



Berita Terkait +

Mahasiswa Bukit Batu Sampaikan Sejumlah Permasalahan Ke PT. Surya Dumai

Naungi 5 Kabupaten Kota, Persatuan Mahasiswa Pesisir Riau (PMPR) Lakukan Deklarasi

Jonedi Ramli: PT Pelindo 1 Siap Bersinergi Dengan Pemerintah Mengatasi Banjir

Sertu Joko Purnomo Kunjungi Serta Berikan Bantuan Terhadap Anak Penderita Stunting di Kampung Tasik Betung 

Babinsa Koramil 04/Perawang Serma Edy.S dan Serda Deddy.H Ingatkan Warga Kampung Tualang Jaga Kebersihan Lingkungan & Kesehatan 

Upacara HarLah Pancasila 2023, Bupati Rohul: Nilai Pancasila Harus Di Wariskan Pada Generasi Muda

H. Indra Gunawan Hadiri Pengajian Rutin PCNU Kabupaten Rohul

Kadisdikbud Siak Instruksikan Seluruh Guru & Pegawai Korwildikbudcam Se-Kab Siak Lakukan Rapid Test

Secara Simbolis, Bupati Rohil Salurkan Program BLT Enam Bulan Sekaligus

Peduli Anak Difabel Korban Penganiayaan, Dir Reskrimum Polda Riau Berikan Bantuan

TULIS KOMENTAR +
TERPOPULER +
1

Dihadiri Ratusan Anak Kemenakan, Halal Bihalal Suku Melayu Berjalan Sukses

2

Pelatihan Vokasi Juru Las PHR Jadikan Pemuda Riau Siap Kerja

3

Petugas Lapas Pasir Pengaraian Donorkan Darah Jelang Peringatan HBK Ke-60

4

Musyawarah Nasional BEM SI XVII di Pekanbaru: Momentum Bersejarah Untuk Riau

5

DPD Golkar Riau, H Nasarudin, SH MH Wakil Bupati Pelalawan Masuk Bursa Kandidat Gubri

6

Ciptakan Situasi Kamseltibcarlantas Pasca Lebaran, Personil Polsek Minas Lakukan Patroli KRYD