Tingkatkan pengumpulan Zakat, BAZNAS Siak Gencar Lakukan solialisasi kepada para Petani

Rabu, 05 September 2018 - 18:39:19 WIB
Share Tweet Google +

 

Siak- Dalam rangka peningkatkan pemgumpulan zakat, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) kabupaten Siak semakin gencar melakukan sosialisasi khususnya kepada para petani di kecamatan Bungaraya.

Pelaksanaan sosialisasi zakat dengan para petani padi ini bekerjasama dengan pihak dinas Pertanian, pihak kecamatan para PPL. 

Kegiatan itu bertepatan dengan acara turun sawah dan doa bersama kampung Kemuning Muda kecamatan Bungaraya Rabu (05/09/18).

Hadir dalam acara ini Kabid Tanaman Pangan dan holtikultura Suwandi, Camat Bungaraya Hendy Darhavin, komisioner BAZNAS Sulaiman, sejumlah PPL dan Gapoktan.

Di kesempatan itu Sulaiman menyebutkan potensi zakat di kabupaten Siak cukup besar seperti pada petani padi dan sawit. Berdasarkan data di lapangan, untuk petani padi yang ada di kabupaten Siak, seperti hal di kecamatan Bungaraya luas lahan tanam padi yang sudah  produktif sebanyak 2200 ha. Khusus untuk kampung Kemuning Muda 461 ha.dan hasil panen  perhektar antara 5 sampai 8 ton.

"Kalau 2200 ha tersebut  masyarakat membayarkan zakatnya semua, insya Allah pengumpulan zakat akan mengalami peningkatan" ujar Sulaiman.

Maka dari itu lanjutnya, BAZNAS bekerjasama dengan dinas pertanian dan PPL melakukan sosialisasi zakat, kepada para petani agar para perani ini mau  mengeluarkan zakatnya.

Sementara itu camat Bungaraya Hendy Derhavin menyampaikan pada para petani semoga acara doa turun sawah bertujan agar usaha yang diakukan petani unyuk memulai penananman padi disawah mendapat kelancaran terhindar dari serangan hama dan mendapat hasil panen yang memuaskan sesuai dengan harapan.

Davin  mengingatkan, jika hasil produksi padi ini sesuai dengan harapan maka diharapkan  para petani menunaikan kewajibannya untuk membayarkan zakatnya ke pihak BAZNAS atau Upz yang ada.

Hasil panen yang di peroleh ada hak orang lain dan wajib di keluarkan agar rezeki hasil panen tersebut mendapat barokah dan terhindar dari segala macam musibah. 

Senada dengan itu Kabid Tanaman Pangan Dinas Pertanian kab Siak, Suwandi menyampaikan bahwa keberhasilan petani bukan saja dari jerih payah dalam pengelolahan lahan dengan baik, akan tetapi perlu diiringi dengan doa, ikhtiar serta zakat yang dikeluarkan.

"Dengan berzakat dan rajin bersedekah maka Allah SWT akan membalasnya dan sawah ladang kita akan terhidar dari musibah," ujar Suwandi.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex