Ditemukan Sebuah Mariam Bekas Rampasan Perang Guntung TH.1761 Di Kuala Mempura Sungai Siak

Rabu, 08 Agustus 2018 - 14:37:53 WIB
Share Tweet Google +

 

 


SIAK- Rabu, 08/08/2018.Sebuah Mariam Ditemukan di Kampung Tengah, Kecamatan Mempura,Kabupaten Siak,Riau. Di Kuala Mempura Sungai Siak (Mulut Sungai-red) Oleh Penyelam dari kampung  Rawang Air putih,Siak Sri Indra Pura pada Hari Selasa, (07/08/2018) Kemarin, Menurut Informasi yang berhasil  dirangkum oleh awak media, Bahwa Saat Itu Warga tersebut sedang melakukan Aktifitas menyelam Kayu Balak di sungai Siak Namun Sewaktu menyelam Penyelam  tersebut menemukan sebuah mariam Di dasar Sungai Lengkap dengan sebuah peluru didalamnya, Hal ini di ungkapkan oleh Wan Putra kepada CATATANRIAU.COM   Selaku pengingat sejarah dan Budayawan Kabupaten Siak. 

 


"Yang menemukan warga kampung Rawang Air Putih hari selasa Saat itu dia sedang menyelam kayu balak di Sungai Siak,selain meriam juga ditemukan peluru didalamnya," Terangnya. 

 


Dijelaskannya lagi Bahwa mariam tersebut Diperkirakan Adalah Hasil Rampasan perang Guntung Pada Tahun 1761 Yang Disinyalir Milik Pasukan VOC. "Di perkirakan meriam yang di temukan itu hasil rampasan perang guntung 1761,Meriam polos itu milik VOC, sebab

Kalau mariam milik kerajaan siak biasanya berukir seperti ukiran pucuk rebung,"jelasnya lagi.

 

Lebih lanjut Wan Putra ungkapan, "Untuk sementara Mariam di letakkan di balai kerapatan adat untuk selanjutnya dilakukan penelitan dan Alhamdulillah Hasil penemuan ini langsung di Respon oleh pemkab siak, Diharapkan penemuan ini dapat menambah koleksi benda peninggalan kerajaan siak.kedepan kami harapkan temuan mariam ini bisa di letakkan di Tangsi belanda yg rencananya akan di jadikan museum perjuangan."Tutup Wan Putra kepada CATATANRIAU.COM  Di Siak.

 

Terkait hal ini Wartawan Mencoba menghubungi Kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak Lukman.M.Pd, Baik Via Whatsapp Maupun Telfon Namun tiadak ada Respon dan Wartawan tidak berhasil mendapatkan keterangan Dari Kadisdikbud Siak.sebab diketahui Bahwa yang melakukan peninjauan langsung Temuan Mariam itu di TKP adalah Lukman.M.Pd Selaku Kepala Dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Siak.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex