Setelah Seharian Berorasi Aliansi Putra Tulang Lakukan kesepakatan dengan PT.IKPP

Rabu, 25 Juli 2018 - 06:36:36 WIB
Share Tweet Google +

 


SIAK-TUALANG. Rabu, 25/07/2018, Aliansi Putra Tulang pada Selasa 24/07/2018 lakukan aksi damai di depan gerbang PT. Indah Kiat Pulup & Paper Tbk-Perawang.

Dalam orasinya para demonstran menuntut pihak IKPP agar menerima mereka bekerja di perusahaan itu. Sebagaimana yang tertuang dalam Perda Siak No 11 Tahun 2001.

Dengan adanya aksi demo itu, Armadi selaku Humas PT. IKPP kepadaCATATANRIAU.COM   menerangkan, bahwa pihaknya telah melakukan perundingan dengan Aliansi Putra Tulang. Meski sebelumya mereka katakan bahwa mereka hanya akan mau berunding dengan Hasanuddin selaku Pimpinan tertinggi PT. IKPP tersebut.

"Dengan adanya perundingan sesuai kesepakatan, yang sesuai dengan aspirasi mereka, kita tawarkan mereka untuk bekerja. Namun kendalanya saat ini, kita belum tahu apakah mereka sudah ada siapkan surat lamaran kerja maupun syarat-syarat yang harus mereka penuhi. Maka kita meminta agar dalam waktu satu minggu ini mereka bisa mempersiapkan dan memberikan lamarannya kepada pihak HRD. Disini juga kita sampaikan, bahwa kita berkomitmen untuk bisa mengakomodir dari lamaran yang akan mereka buat nantinya. Tentunya semua sesuai dengan mekanisme yang sudah diatur oleh Perusahaan", terang Armadi.

Dijelaskannya juga, dalam perundingan kesepakatan antara pihak PT. IKPP dengan pihak Aliansi Putra Tulang, bahwa kedua belah pihak, bersepakat membuat surat perjanjian.

Adapun isi dari perjanjian/ kesepakatan tersebut yang kemudian ditandatangani oleh kedua belah pihak, sebagai berikut:

1. IKPP dan seluruh unit kerja siap untuk memperioritaskan tenaga kerja lokal sebagaimana yang diamanatkan Perda Siak No. 11 tahun 2001. 

2. IKPP dan seluruh unit kerjanya harus terbuka dalam setiap penerimaan tenaga kerja di wilayah koorporasinya serta berkoordinasi dengan Aliansi Putra Tualang.

 3. IKPP siap melakukan pembinaan pemuda Tualang dalam meningkatkan skill.

Armadi menjelaskan, "Bagi kita, tidak menjadi persoalkan ketika kita berkoordinasi dengan Aliansi Putra Tulang. Tapi tentu terkhusus bagi anggota yang melakukan aksi itu berkaitan dengan secara umum mau pun normanya, tidak mungkin pula kita melangkahi pemerintah. Jadi disini kita juga harus sesuaikan dengan aturan yang ada. Sebab setiap ada proses rekrutment, kita harus lakukan pelaporan kepada pihak terkait (Disnaker-red)", jelasnya.

Lanjut, "Dan dalam perjanjian itu, juga kita diminta untuk meningkatkan keterampilan untuk masyarakat tempatan, khususnya pemuda dan pemudi. Program ini sebenarnya jauh-jauh hari sebelumnya sudah ada kita lakukan. Namun disini mereka juga meminta hal itu kembali. Tentunya ini sangat bagus buat kami sendiri, khususnya yang mana mereka sifatnya kembali mengingatkan kami. Tentunya dengan harapan akan bisa kita tingkatkan lagi untuk kedepan nantinya", jelas Humas PT Indah Kiat Pulup & paper Perawang itu.

Di penghujung wawancara, dikatakannya, "Kami tentunya berharap juga, dengan adanya kegiatan aksi yang dilakukan oleh Aliansi Putra Tulang tersebut, dapat menjadikan intropeksi bagi kedua belah pihak, baik IKPP maupun Aliansi Putra Tualang itu sendiri. Supaya nantinya dapat sama-sama menciptakan ide mau pun program-program terbaru yang akan bisa diterapkan bersama.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex