Ramadhan momentum umat mengeluarkan zakat

Rabu, 09 Mei 2018 - 16:42:15 WIB
Share Tweet Google +


 
Plt. Bupati Siak H. Alfedri meminta kepada seluruh Camat, agar mendata muzaki yang berpotensi mengeluarkan zakat, langkah ini di ambil karena ia melihat masih kecilnya serapan dana zakat yang masuk di Unit Pengumpulan Zakat (UPz) di setiap kecamatan. 


"Jika di hitung jumlah muzaki yang ada di kabupaten Siak ini cukup banyak. Mereka sangat potensi untuk mengeluarkan zakatnya, jangan bosan untuk mengingatkan mereka," kata Alfedri di pucuk Rebung, Rabu (8/5/2018) pagi.


Camat selaku perpanjangan tanggan Bupati, sebut Alfefdri, bersama Upz Kecamatan dan Upz Kampung, agar jemput bola, datang kerumah rumah para Muzaki dan menyampaikan risalah dan juga manfaat zakat bagi umat yang belum bernasib baik.

 
"Kepada Camat agar mendata potensi Muzaki yang ada di masing-masing Kecamatan berapa jumlah muzakinya, yang berpotensi mengluarkan zakat, kemudian di undang, diberikan mereka penjelasan tentang manfaat zakat yang akan mereka bayar," pinta Alfedri. 

 

Selanjutnya disampaikan Alfedri, memasuki Ramadhan nanti, Baznas Kabupaten Siak akan menyalurkan zakat kosumtif tahap II tahun 2018 di 14 Kecamatan, dan  melakukan Gemar Berzakat (Gerakan Masyarakat Siak ber Zakat). "Ini momennya bagi umat muslim menyalurkan zakat agar semakin meningkat," ujarnya.


Sementara itu menurut Ketua Baznas Siak H. Abdul Rasyid Suharto  menyenjelaskan, bahwa rapat ini dilakukan untuk persiapan 2 kegiatan Baznas Siak yang harus  dimatangkan, 1. berkenaan dengan rapat persiapan pelaksanaan penyaluran, dan yang ke 2 rapat kegiatan Gerakan Mayarakat (Gemar) Siak Berzakat yang akan di laksanakan mulai tanggal 21 Mei 2018 atau pada 4 Ramadhan di 14 kecamatan.

 
"Kegiatan Gemar Berzakat ini merupakan kegiatan yang ke 5, tahun lalu kita laksanakan di 7 kecamatan, sedangkan untuk tahun 2018 ini kita laksanakan di seluruh kecamatan yang ada di kabupaten Siak," jelas Rasyid.


Dijelaskannya lagi, penyaluran zakat tahap II di bulan suci ramadhan nanti dengan total dana yang akan kita salurkan berjumlah Rp. 1,6 milyar dengan pola penyaluran konsumtif yang akan di berikan kepada 1,962 Mustahik.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex