Festival Gasing Internasional.

Rabu, 25 April 2018 - 14:16:33 WIB
Share Tweet Google +

 

Upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung dan sekaligus mengembangkan pariwisata di kabupaten Siak. Yaitu, menghadirkan olahraga rekreasi dan tradisional, yang diyakini mampu menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

 

Hal ini menjadi latar belakang Dinas Pariwisata kabupaten Siak, dengan membuat event berskala internasional yang diharapkan bisa memberikan manfaat bagi perekonomian masyarakat. 

 

Dalam rangka menyambut Festival Gasing Internasional, Pemkab Siak melalui Dinas Pariwisata menggelar rapat pembentukan Panitia Penyelenggaraan Festival Gasing Internasional Tahun 2018.

 

Tadi pagi, Rabu (24/4/18), digelar rapat pembentukan panitia Festival Gasing Internasional Tahun 2018, di ruang rapat kantor Bupati Siak. Rapat yang berlangsung di ruang Sri Indrapura tersebut langsung dipimpin oleh Kepala Dinas Pariwisata Fauzi Asni.


"Kegiatan festival akan diselenggarakan di Taman Tengku Sarifah Aminah, untuk dua kategori yaitu Gasing Berembang dan Gasing Jantung," sebut Fauzi Asni.

 

Untuk pendaftaran, kata Fauzi, sudah dimulai dari 16 - 30 April 2018. Selanjutnya di buka pada tanggal 4 Mei 2018, dan ditutup tanggal 6 Mei 2018, bertempat di lapangan gasing.

 

Ditambahkannya, pada acara pembukaan dilakukan pelantikan Forum olahraga rekreasi masyarakat Indonesia (FORMI), dilanjutkan Melinyak Gasing.

 

"Hadiah sudah disiapkan berupa uang tunai, tropi dan sertifikat, kegiatan lomba berlangsung selama 2 hari," ucap Fauzi.

 

Pihak panitia sudah menyurati seluruh kabupaten/kota se Riau, provinsi lainnya dan beberapa  negara-negara tetangga untuk berpartisipasi memeriahkan festival ini.

 

Fauzi mengajak seluruh panitia  yang dibentuk punya tugas masing-masing dan akan dibahas dalam rapat selanjutnya. Ia berharap kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan rencana dan harapan bersama.

 

Selain itu Dinas Pariwisata sudah meluncurkan aplikasi Pesona Siak, berbasis android, dapat diunduh di playstrore. Ini untuk memudahkan pengunjung atau wisatawan terkait informasi tentang destinasi wisata, agenda kepariwisataan, transportasi dan akomodasi, culinary, souvenir, rumah ibadah dan lain-lain.

 

Menurut Arifin selaku Ketua persatuan gasing Kab. Siak, akan ada dua tingkatan permainan gasing yang dilombakan, yaitu gasing jantung dengan ketentuan memiliki berat 6 Ons, dan gasing berembang dimana ini merupakan jenis gasing yang sering dijumpai pada permainan gasing di daerah pesisir dengan ketentuan memiliki berat 8 Ons.



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex