PU Riau Bungkam, Diduga Main Mata Dengan PT TIS

Kamis, 25 Februari 2021 - 14:22:39 WIB
Share Tweet Google +


KANDIS, CATATANRIAU.COM | Pekerjaan lapis jalan Nasional atau Overlay, di kecamatan Kandis kabupaten Siak Riau, dengan panjang 2,8 KM, terpantau sangat tipis, alias diduga tidak sesuai Spek.
Berita ini berdasarkan hasil temuan langsung di lapangan oleh awak media, mana kala proyek yang didanai dari APBN tersebut sedang berlangsung, namun mengundang reaksi masyarakat, dimana secara kasat mata tampak lapisan pengerasan jalan sangat tipis, dan perkiraan kasar masyarakat tidak sebanding dengan berat tonase kendaraan lalu lintas yang kerap  melintas, yakni aneka truck, dan super truck, serta ribuan truck tangki pengangkut CPO yang diprediksi memiliki bobot mencapai 30 ton.

 

Atas pemandangan yang mencurigakan itu, awak media mencoba konfirmasi kepada pekerja proyek di lokasi, dan selanjutnya dikonfirmasi kepada Humas perusahaan, (Tumeang), yang mengaku kepada awak media ini bertanggung jawab terhadap masyarakat.

 

"Saya tidak ada urusan dengan pekerjaan itu pak, saya hanya berurusan dengan masyarakat. Jika ada hal yang ingin dipertanyakan soal pekerjaan atau masalah pelaksanaan, silakan ke kantor PU Provinsi saja," jawab Tumeang saat di konfirmasi, Kamis, (25/02/'21).

 

Selain itu, awak media juga sesuai dengan tugas dan fungsinya selaku Pers, mempertanyakan soal keberadaan plang nama proyek, atau papan informasi yang seharusnya berdasarkan Perpres 54 tahun 2010 wajib di pasang di lokasi proyek, agar diketahui masyarakat, namun tidak dijumpai. Bahkan anehnya, Situmeang mengatakan, papan informasi proyek berada di wilayah pekanbaru dan di Simpang jengkol Duri.

 

,"Ini proyek ujung ke ujung pak, dari Pekanbaru, tapi saya lupa dimana, dan di simpang pokok jengkol Duri ada plang proyeknya," beber Situmeang.

 

Berdasarkan informasi dan analisis kementerian PUPR, bahwa untuk standar ketebalan pengkerasan lapis jalan, memiliki 3 (tiga) kategori, yakni 1. Lapis bawah 20 cm, 2. Lapis atas 15 cm dan 3. Lapis permukaan jalan 6,5 cm, namun Lapis permukaan jalan nasional yang sedang dilaksanakan saat ini di ruas jalan nasional, khususnya di Kecamatan Kandis setelah diukur menggunakan alat ukur, hanya memiliki ketebalan 3 cm.

 

Pihak PU Riau sendiri saat dikonfirmasi, seakan buang badan. Sebagaimana jawaban atas konfirmasi yang dilayangkan pada Bapak Zulkifli Atan.

 

"Ma'af, kami memang dr PU bidang TR bukan dari PU Bina Marga,kami kasih teguran bangunan yang belum ada IMB aja," sebut Zulfikli Atan. Lebih mirisnya yang bersangkutan juga tidak berkenan memberikan kontak PU bidang Bina Marga.

 

"kabidnya saya tak tahu nomor hpnya," singkatnya.

 

Lain halnya tanggapan dari Ardi yang berdasarkan penelusuran merupakan bagian PU Bina Marga Siak dan Pelalawan, yang seakan memilih diam seribu bahasa walau sudah dikonfirmasi sehari sebelum artikel ini diterbitkan.

 

Menyikapi hal ini, tentunya Masyarakat luas menantikan reaksi jawaban akan pelaksanaan pekerjaan lapis jalan yang hingga saat ini tengah berlangsung dari pihak berwenang untuk menghindari adanya tudingan bermain mata antara pihak PU Provinsi Riau dengan PT TIS itu sendiri.(*)


 



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex