Kelompok Laskar Mandiri Kayu Ara Permai Terima Penghargaan Setia Lestari Bumi Dari Pemprov Riau

Kamis, 07 Januari 2021 - 17:40:45 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Kelompok Laskar Mandiri Kampung Kayu Ara Permai, Kecamtan Sungai Apit, Kab. Siak memperoleh penghargaan Setia Lestari Bumi oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, Kamis (07/01/21).

 

Bertempat di Aula DLHK Provinsi Riau, penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur Riau kepada  yang diwakili Kepala Dinas Lingkungan Hidup Riau Mamun Murod kepada penggiat lingkungan yang peduli dalam pelestarian lingkungan dan kehutanan.

 

Mamun Murod mengatakan, penghargaan Setia Lestari Bumi diberikan kepada penggiat lingkungan baik individu dan kelompok yang telah berpartisipasi dalam penyelamatan lingkungan dan kehutanan di Riau.

 

"Penghargaan ini juga dalam rangka mendukung program Gubernur Riau 2019-2024 Riau Hijau yakni pembangunan berbasis lingkungan yang berkelanjutan," katanya.

 

Murod menyampaikan, penghargaan dalam rangka memotivasi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan lingkungan ini diberikan Pemprov Riau setiap tahun.

 

"Penghargaan ini dimulai sejak 2014. Dan penilaian pemberian penghargaan ini melalui seleksi yang selektif agar tidak menimbulkan pro kontak, dan tidak ada intrik-intrik. Namun penghargaan diberikan murni kepada penggiat lingkungan yang mengabdi tanpa henti untuk membangun negeri," ungkapnya.

 

Sementara itu, Jefrizal selaku pengurus Kelompok Laskar Mandiri menerangkan, penghargaan ini merupakan penghargaan pertama yang diperoleh oleh KLM.

 

"Penghargaan ini yang pertama sekali didapat oleh Laskar Mandiri, dan untuk tahun ini hanya ada tiga kelompok yang mendapatkan penghargaan  ini se-provinsi Riau salah satunya dari kabupaten Siak yaitu Kelompok Laskar Mandiri", terangnya.

 

Jefrizal menjelaskan sejak tahun 2012 KLM telah berkomitmen dalam penyelamatan lingkungan.

 

"Kelompok Laskar Mandiri telah melakukan konservasi mulai dari tahun 2012, dan juga telah melakukakan penanaman bibit sekitar 40.000 pohon mangrove guna mencegah abrasi dikampung kami" kata dia.

 

Pada kesempatan yang sama, Jumadi juga selaku pengurus Kelompok Laskar Mandiri mengucapkan rasa terimakasih kepada anggota KLM dan berharap penghargaan tersebut menjadi penyemangat bagi KLM untuk terus aktif dalam menjaga lingkungan.

 

"Kami juga mengucapkan rasa terimakasih kepada kawan kawan yang tergabung dalam Laskar Mandiri dan terus aktif atas kepeduliannya kepada lingkungan, tentunya penghargaan ini bukanlah capaian utama dari apa yang telah kita lakukan selama ini, ini merupakan tonggak semangat kita bersama agar terus aktif dalam menjaga lingkungan yang kedepannya juga bisa dinikmati oleh anak cucu kita", Harapnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex