Upika Minas & Pemkam Minas Barat Dukung Program Penghijauan Area Revegetasi PT CPI

Kamis, 24 September 2020 - 14:18:19 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM |  Unsur pimpinan Kecamatan (Upika) dan Pemerintah Kampung (Pemkam) Minas Barat mendukung secara penuh dan ikut melakukan kegiatan penanaman pohon secara simbolis di Area Revegetasi berdasarkan amdal PT Chevron Pasific Indonesia (CPI). Kegiatan ini terselenggara atas kerjasama PT CPI dan PSLH Universitas Riau (Unri), di lokasi Area Revegetasi yang ada di daerah Kampung Minas Barat, Kecamatan Minas, Kabupaten Siak, Riau, Kamis (24/09/2020).

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Camat Minas H. Hendra Adi Nugraha S.Stp M.Si, Kapolsek Minas AKBP Birma Naipospos, Danramil Minas diwakili Oleh Kopda Andis. Ep, Perwakilan PT.CPI PSLH UNRI Abdillah, Penghulu Kampung Minas Barat Ayang Bahari serta sejumlah tokoh masyarakat yang ada di Kampung Minas Barat.

"Kegiatan seperti ini sangat kami dukung, apalagi lokasi lahan seperti itu termasuk rawan bagi masyarakat, sebab lokasi seperti ini jika tidak diselamatkan dengan penghijauan dapat memicu terjadinya permasalahan besar diatas lahan itu, nanti jadinya banyak masyarakat yang berebut untuk memiliki lahan seperti itu," kata Ayang Bahari Penghulu Kampung Minas Barat.

 

Ayang Bahari menjelaskan, kata dia, kedepan pihaknya akan membentuk kelompok tani untuk menjaga dan merawat penghijauan di area Revegetasi milik PT CPI tersebut yang kata dia luasnya kurang lebih sebanyak 4 hektar di daerah Kampung Minas Barat.

 

"Sebab lahan itu statusnya merupakan bekas lokasi dari PT CPI yang tidak dimanfaatkan lagi untuk pengeboran minyak, namun tentunya lokasi itu setatusnya tetap aset negara yang wajib kita jaga bersama, nanti akan kita buatkan Perkam untuk penghijauan di area itu," katanya lagi.

 

Sementara itu Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi terkait hal ini dia mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan kepada masyarakat bahwa aset negara berupa lahan yang tidak digunakan oleh PT CPI ini, perlu untuk dijaga bersama baik itu tanamannya maupun lahannya.

 

"Tentunya kita mensupport baik kegiatan ini selagi itu bentuknya untuk kemaslahatan masyarakat, sebab namanya menanam pohon ini kan merupakan amal jariah, sebab jika berhasil dan buah pohon itu bisa dimanfaatkan masyarakat, mudah-mudahan tetap mengalir pahalanya, jadi setiap kegiatan yang positif tentu kita support," tukasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex