Kemenag Kampar Distribusikan Zakat 85 Juta Lebih

Kamis, 10 September 2020 - 17:17:44 WIB
Share Tweet Google +


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kampar melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ), mendistribusikan Zakat sebesar 85 juta lebih (Rp. 85.250.000,-). Acara Penditribusian tersebut dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kampar Drs H Alfian MAg, didampingi Penyelenggara Syari’ah yang juga merupakan Ketua Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Kampar Muhammad Ali MSy, hari kamis (10/09/2020) di aula mini Kantor Kemenag Kampar.

 

Dalam laporannya Muhammad Ali menjelaskan, pendistribusian zakat ini dilaksanakan berdasarkan Surat Keputusan (SK) Unit Pengumpul Zakat Nomor : 08/SK-UPZ/KKA/IX/2020. Tentang Penetapan nama- nama Mustahiq Penerima Zakat Distribusi Tahap II Tahun 2020. 

 

Jumlah mustahiq yang akan menerima zakat ini sebanyak 51 orang dengan rincian Zakat Produktif untukk modal usaha sebanyak 35 orang, Zakat Konsumtif sebanyak 11 orang dan Biaya Pendidikan sebanyak 5 orang. Adapun kisaran bantuan zakat yang akan kita serahkan sebesar 1 juta s/d 2 juta Rupiah, jelas Ali.

 

Sementara itu Kakan Kemenag Kampar dalam kata sambutannya mengatakan, Uang Zakat ini bersumber dari 2,5 persen dari gaji Pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten tahun 2020 pada tahap II.

 

Menurut Alfian, penghimpunan zakat pegawai dilaksanakan sesuai dengan firman Allah SWT dalam surat At-Taubah ayat 103, yang menyebutkan "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu akan menjadi ketenteraman jiwa bagi mereka, dan Allah SWT Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".

 

Kepada penerima zakat kita berharap hendaknya dapat sedikit mengurangi beban keuangan yang dialaminya saat ini, apalagi ditengah pandemi Covid-19. Kita juga berharap, kepada penerima zakat produktif hendaknya juga dapat meningkatkan pendapatannya pada masa-masa yang akan datang melalui peningkatan produktivitas usahanya itu. Semoga Allah Swt meridhoi setiap langkah kita dan diberikan kemudahan serta dilapangkan rezki kita, pungkas Alfian. (Ocu bundo)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex