Tahapan Pilkada Dimulai 15 Juni 2020, KPU Pelalawan lantik 354 PPS di 118 Desa/Kelurahan

Tahapan Pilkada Dimulai KPU Pelalawan Lantik 354 PPS

Selasa, 16 Juni 2020 - 10:57:05 WIB
Share Tweet Google +


PELALAWAN, CATATANRIAU.COM | Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pelalawan secara resmi telah memulai  
 Tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak dimulai sejak Senin (15/06/2020) sesuai dengan petunjuk dari Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU-RI). KPU Pelalawan melakukan pelantikan 354 Panitia  Pemungutan  Suara (PPS) yang bertugas di 118 desa dan kelurahan sesuai protokol kesehatan COVID-19. Sebanyak tiga orang PPS yang bertugas di setiap desa dan kelurahan selama Pilkada. Pelantikan digelar di 12 kecamatan yang ada di Pelalawan oleh KPU kabupaten maupun Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

 


"Jumlah PPS yang kita Lantik sebanyak 118 desa dan kelurahan dikali tiga orang. Hari ini sudah kita lantik semuanya. Karena kemarin sempat tertunda lantaran pandemi Covid-19," tutur Ketua KPU Pelalawan, Wan Kardi Wandi  Senin (15/06/2020).

 


Wan Kardi menjelaskan, pihaknya melantik PPS yang ada 10 kecamatan di daratan secara langsung, sedangkan khusus untuk Kecamatan Teluk Meranti dan Kuala Kampar dilantik oleh PPK masing-masing mengingat jaraknya yang cukup jauh. PPS akan bertugas sampai Bulan Januari mendatang, satu bulan setelah Pilkada yang jatuh pada 9 Desember mendatang dan diberikan honor selama bertugas sesuai dengan aturan yang berlaku.

 


Selain itu, kata Wan Kardi, PPK di 12 kecamatan yang sebelumnya dinonaktifkan karena pandemi Covid-19 telah diaktifkan kembali dan bekerja sesuai dengan tahapan Pilkada. Usai pengukuhan PPS, penyelenggara pemilu akan melakukan pemutakhiran data pemilih pada Juli mendatang.
"Kita mengikuti tahapan berdasarkan PKPU yang baru dari pusat. Tahapan ini dimulai 15 Juni 2020, hari ini," tandas Wan Kardi.

 


Kepala Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pelalawan, Mubrur S.Pi, menyebutkan pihaknya juga mulai mengaktifkan organisasinya termasuk Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam). Sebelumnya Panwascam sempat dirumahkan setelah tahapan Pilkada ditunda KPU lantaran pagebluk Corona.

 


"Kita sudah mulai mengawasi tahapan hari ini yakni pelantikan PPS. Semua sudah mulai kita aktifkan," tandas Mubrur. EP




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex