Warga Desa Tandun Resah, Diduga Limbah PKS PTPN V Sei Tapung Cemari Sungai Tapung

Jumat, 12 Juni 2020 - 00:39:10 WIB
Share Tweet Google +


ROKANHULU, CATATANRIAU.COM | Warga Desa Tandun Kecamatan Tandun, Kabupaten Rokan Hulu Riau, diresahkan dengan pencemaran lingkungan yang terjadi pada aliran Sungai Tapung.

 

Awalnya masyarakat Desa Tandun merasa resah melihat warna air sungai Tapung menghitam dan ikan-ikan banyak yang Mati.

 

Patrun Rahman Salah satu anggota DPRD Kabupaten Rokan Hulu meminta DLH turun langsung tinjau keadaan sungai Tapung tersebut.

 

Patrun Rahman mengatakan limbah yang diduga berasal dari pabrik PTPN V SEI Tapung yang membuat aliran sungai Tapung jadi hitam terlebih kata dia letak Pabrik Sawit PTPN V SEI Tapung berada di Hulu Sungai Tapung.

 

"Limbah diduga berasal dari pipa Pabrik PTPN V SEI Tapung yang pecah atau bocor atau IPAL yang tersedia sudah overkapasitas sehingga limbah meluap dan terpaksa dibuang ke aliran sungai sehingga mencemari air sungai  berubah menjadi hitam dan membuat ikan banyak yang mati," katanya lewat via telefon kepada salah satu awak media, Rabu (10/06/2020).

 

Selain itu Patrun juga meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hulu untuk menindak tegas PTPN V apabila terbukti mencemari sungai Tapung yang berada di Desa Tandun tersebut.

 

Di tempat terpisah saat di konfirmasi Muzainul kabid P4lH mengatakan Tim DLH Rohul didampingi Camat Tandun, Manager PKS PTPN V SEI Tapung, BPD Desa Tandun dan masyarakat Tandun  sudah melakukan verifikasi lapangan, Kamis (11/06/2020).

 

Muzainul mengatakan, "adanya  dugaan pencemaran Limbah PKS PTPN V SEI TAPUNG maka kita adakan pengambilan air Sungai Sibuaya yang terletak di bagian Hulu (upstream) dan Hilir (downstream) outlet IPAL PKS PTPN V  SEI. TAPUNG serta air yang diduga limbah pada aliran outlet IPAL. Tiga sampel tersebut selanjutnya akan kita uji di Laboratorium Lingkungan DLH Kab. Rokan Hulu." Katanya.

 

"Jadi untuk sementara sebelum kita adakan pengujian, Pencemaran air Sungai Tapung diduga dari air cucian pabrik atau air limbah yang mengandung abu boiler dari PKS PTPN V SEI. TAPUNG." Jelasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex