Forkopimcam Minas Gelar Rakor dan Sosialisasi Penerapan Sistem PSBB

Jumat, 15 Mei 2020 - 20:17:34 WIB
Share Tweet Google +


SIAK, CATATANRIAU.COM | Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Minas hari ini Jumat (15/05/2020) menggelar rapat kordinasi (Rakor) dan sosialisasi untuk Pelaksanaan Sosial Berskala Besar (PSPB) khususnya di wilayah Kecamatan Minas Kabupaten Siak Riau.

 


Rapat itupun tampak dipimpin langsung oleh Camat Minas H Hendra Adi Nugraha SSTP MSi, Danramil Minas Kapten Inf Sahman Sinaga, Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos beserta seluruh Kepala Kampung/Lurah Babinsa/Babinkam Pengelola Pasar dan Satpol PP  se Kecamatan Minas.

 


Terkait Rakor ini, Camat Minas H Hendra Adi Nugraha dia mengatakan, jauh hari sebelum Kabupaten Siak resmi menerapkan PSBB sistem penerapannya sudah di jalankan oleh pihaknya, "hanya saja saat ini sudah resmi dilaksanakan PSBB sehingga apa yang selama ini sudah kita terapkan maka kita lebih perketat lagi, berdasarkan peraturan Bupati Siak ini," kata Camat Hendra.

 


"Kita tahu sebenarnya Minas maupun Kabupaten Siak pada umumnya belum terlalu riskan terhadap penularan Covid-19,  namun karena kita sudah di kepung makanya pak Gubernur meminta se Provinsi Riau tetap dilaksanakan PSBB, sehingga mudah-mudahan di Provinsi Riau ini putus mata rantai Covid-19," katanya.

 


Dijelaskan Camat Hendra, terkait dengan upaya-upaya dampak dari Covid-19 ini perekonomian sedikit banyaknya pasti terpengaruh, maka kata dia, saat ini sedang dilakukan percepatan bantuan-bantuan dari pemerintah baik pusat sampai ke tingkat kampung.

 


"Apabila nantinya ada yang tidak pas, maupun human error ditengah data penerima tersebut maka kita berharap agar bisa kita perbaiki kembali dan kami juga minta masukan terhadap masyarakat, jangan kita hanya mencap negatif petugas tapi bagaimana untuk memperbaikinya, agar diperbaiki dan diusulkan kembali sesuai dengan aturan yang ada sehingga nanti bisa kita rubah lagi terhadap data-data yang tidak tepat sasaran," Imbuhnya.

 

Sementara itu, Danramil Minas Kapten Inf Sahman Sinaga dalam hal ini dia menegaskan apabila nantinya pihaknya telah memberikan himbauan namun tidak diindahkan tentunya kata dia pihaknya wajib melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku.

 

"Dalam hal ini kami juga dari TNI selain ikut penanganan Covid-19 kami juga sembari melakukan patroli Karlahut, untung saja saat ini tidak ada terjadi Karlahut, dan juga kami di minta menjaga aset negara, jadi kami minta di maklumi apabila anggota kami dari TNI tidak ada di Posko Covid mohon di maklumi sebab personil kami sedikit, misal seharusnya Babinsa harus 2 orang di posko tapi yang hadir hanya 1 orang mohon di maklumi. Yang terpenting disini kita saling memaklumi tugas-tugas kita." Katanya.

 

Adapun Kapolsek Minas Kompol Birma Naipospos dia mengatakan, "PSBB ini sebenarnya sebelum diberlakukan kita sudah melakukan langkah-langkah untuk mencegah wabah Covid-19, namun dengan diberlakukannya PSBB ini diwilayah kita, kita harus melakukan kegiatan-kegiatan yang lebih ekstra lagi, dibandingkan dengan sebelum-sebelumnya, jadi disini kita menghalau kegiatan-kegiatan masyarakat yang di larang untuk dilakukan sesuai protokol Covid-19." Kata Kapolsek.

 

Dijelaskan Kapolsek, utuk Kecamatan Minas sendri sudah ada tim Pos Chek Poin di Simpang Perawang, yang dijaga oleh petugas dari sejumlah instansi baik itu dari TNI Polri Satpol PP Dinkes Dishub, untuk mencegah keluar masuk orang-orang yang akan datang ke Kabupaten Siak, dan warga yang beraktivitas  diluar rumah diwajibkan pakai masker.

 

"Jadi disini disamping melakukan pemeriksaan maupun segala kegiatan yang telah kita lakukan selama ini dalam mengantisapasi penyebaran Covid-19, kita juga setiap harinya akan melakukan kegiatan public address, dengan menciptakan suasana yang kondusif dan penyampaian yang humanis dan penuh rasa bersahabat," tukasnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex