Desa Baran Melintang Menjadi yang Perdana Menyalurkan BLT-DD di Meranti

Kamis, 07 Mei 2020 - 12:29:48 WIB
Share Tweet Google +


SELATPANJANG, CATATANRIAU.COM | Baran Melintang merupakan desa perdana yang menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) di Kabupaten Kepulauan Meranti.

 

Sebanyak 50 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) menerima BLT berupa uang tunai sebesar Rp600 ribu untuk tahap pertama bulan April 2020, bantuan ini berlanjut sampai dua bulan kedepan.

 

Penyerahan dilakukan secara simbolis di Kantor Desa Baran Melintang, Kecamatan Pulau Merbau, Kepulauan Meranti, pada Rabu (6/5/2020) kepada 20 KPM selanjutnya akan dibagikan langsung ke rumah warga. Hal itu dilakukan untuk menghindari kerumunan warga dan menerapkan protokol Kesehatan.

 

Kepala Desa Baran Melintang, Penti Kurniawan mengatakan setelah menvalidasi data penerima serta berhasil melakukan pergeseran Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2020 dan tanpa kendala, pihaknya langsung menyalurkan BLT-DD terhadap warga terdampak Covid-19.

 

"Hari ini kita lakukan penyaluran BLT dana desa tahap satu, dan kita menjadi yang perdana di Kepulauan Meranti. Secara simbolis sudah kita serahkan kepada 20 KK dan selanjutnya akan kita bagikan door to door langsung kerumah," kata Penti, Rabu (6/5/2020).

 

Dikatakan Penti, penyaluran ini bisa cepat dilakukan karena pihaknya langsung memilah mana warga yang sudah mendapatkan bantuan.

 

Dia juga menegaskan, warga yang mendapatkan BLT ini adalah warga di luar daftar penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH).

 

"Penyaluran BLT ini bisa cepat dilakukan karena kita sudah mengantongi data warga yang sudah mendapatkan bantuan dari program PKH dan BPNT, dimana jumlahnya ada 204 KK. Sementara untuk program tenaga kerja tidak ada yang masuk hal itu kita pastikan setelah ada beberapa warga yang mendaftar namun gagal. Dan ini kita pastikan warga yang mendapatkan BLT adalah warga yang terdampak Covid-19 yang menyebabkan mata pencaharian nya hilang," kata Penti.

 

Dalam penyaluran BLT- DD ini, Pemerintah Desa Baran Melintang mengalokasikan anggaran sebesar Rp 90 juta. Setelah selesai penyaluran ini, pihaknya akan kembali mengajukan pencairan tahap dua.

 

"Anggaran yang kita siapkan untuk tiga tahap ini sebesar Rp 90 juta. Setelah penyaluran ini akan kita ajukan lagi untuk tahap dua," pungkas Penti.

 

Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Darwis SIP menyatakan penyaluran BLT-DD oleh Desa Baran Melintang juga sejalan dengan intruksi kepada daerah agar sesegera mungkin menyalurkan bantuan sosial kepada masyarakat.

 

"Hal ini sesuai arahan Bupati Kepulauan Meranti yang menegaskan agar dalam minggu ini semua jenis bantuan sosial segera disalurkan ke masyarakat mengacu surat Kementerian Desa Nomor 12/PRI.00/IV/2020 tanggal 27 April 2020," sebutnya.

 

Darwis juga mengatakan, Desa Baran Melintang menjadi desa pertama di Kabupaten Kepulauan Meranti dan menjadi desa kedua di Provinsi Riau yang menyalurkan BLT-DD.

 

"Kalau desa yang pertama di Provinsi Riau yang pertama menyalurkan BLT-DD  itu Desa Kepenghuluan Sinaboi, Kabupaten Rokan Hilir," ujarnya.(*)




Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex