Bupati Kampar Ikuti Musrenbangnas Tahun 2020 melalui Vidcon

Kamis, 30 April 2020 - 16:37:15 WIB
Share Tweet Google +

Laporan : Ocu Bundo


KAMPAR, CATATANRIAU.COM | Bupati Kampar  H. Catur Sugeng Susanto, SH  mengikuti rangkaian  kegiatan  Musyarawah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Tahun 2020, untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Tahun 2021,   melalui Video  Conference  (Vidcon) di  ruang kerja Kepala  Bappeda Kabupaten  Kampar, Kamis  (30/4/20).  Ikut mendampingi Bupati Kampar,  Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si.

 

Pelaksanaan Musrenbangnas  Tahun 2020 ini memang berbeda dari tahun tahun sebelumnya. Pelaksanaan Musrenbangnas Tahun 2020  dilakukan secara virtual karena digelar disaat pendemi Covid-19. 

 

Musrenbangnas RKP  ini merupakan forum tahunan yang diselenggarakan  Kementerian PPN/Bappenas bertujuan  untuk menyampaikan  informasi arah prioritas  pembangunan nasional  satu tahun  kedepan kepada seluruh pemangku kepentingan.

 

Musrenbangnas ini dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia  Joko Widodo. Bupati  Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH dan Kepala Bappeda Kabupaten Kampar, Ir. Azwan, M.Si,  fokus  dan cermat mengikuti rangkaian  kegiatan Musrenbangnas dari awal hingga  akhir.

 

Musrenbang ini diikuti seluruh Kepala Daerah di Indonesia, Gubernur, Bupati/Walikota, Kepala Bappeda Provinsi dan Kepala Bappeda Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

 

Pada saat membuka Musrenbangnas ini Presiden RI Joko Widodo  menyampaikan  bahwa tahun 2021  merupakan  tahun pemulihan ekonomi. Oleh sebab  itu Presiden meminta kepada semua jajaran untuk  bekerja keras dan cepat agar nantinya tahun 2021  Indonesia sudah pulih kembali.

 

Presiden mengingatkan selain kecepatan  mengatasi  Corona, pemulihan juga harus menjadi prioritas. Menurutnya, hal itu penting agar ekonomi bisa berjalan dengan normal seperti sedia kala. ”Selain kecepatan mengatasi Covid-19, kita perlu kecepatan untuk pemulihan,” katanya.

 

Bupati Kampar H. Catur Sugeng Susanto, SH  usai mengikuti  rapat  Musrenbangnas melalui Vidcon tersebut kepada pers  menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kampar  berkomitmen  untuk mendukung  tema  RKP Tahun 2021  yaitu, Mempercepat Pemulihan  Ekonomi dan  Reformasi  Sosial,  dengan  fokus pembangunan  yaitu  Pemulihan Industri,  Pariwisata,  Investasi,  Reformasi Sistem  Kesehatan Nasional, Reformasi Sistem  Jaring Pengaman Sosial dan  Reformasi Sistem Ketahanan Bencana. “Selanjutnya kita berkomitmen mensukseskan agenda  pembangunan yang disusun dalam RKP tahun 2021,” jelas  Bupati.

 

Sementara itu  Kepala Bappeda Kabupaten Kampar Ir. Azwan, M.Si didampingi Sekretaris Bappeda Kampar M. Fadli Mukhtar, S.Pi, MSc dan Kabid LPP Bappeda Kampar  Yusdiyen Hadinata, S.Si, M.Si  menyampaikan bahwa sesuai arahan  Menteri Dalam Negeri perlu dilakukan singkronisasi dan penyesuaian   tema dan prioritas  daerah pada RKPD Kabupaten/Kota tahun 2021. “Oleh sebab itu kita memformulasikan  prioritas dan target  pembangunan 2021 dengan melakukan refokusing terhadap pasca pendemi Covid-19 terutama  untuk sektor yang terdampak, kesehatan, ekonomi dan sosial,” jelas Azwan.(*)


Editor : Idris Harahap



Tulis KomentarIndex
Berita TerkaitIndex